Kuota Belajar Kemendikbud Maret 2021

Berikut Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Gratis 2021 dari Kemendikbud

SWAKARTA – Bantuan kuota gratis dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan kembali diadakan pada 2021 ini. Bantuan kuota gratis tersebut rencananya akan kembali dibagikan mulai bulan Maret ini. Untuk penerima bantuan ini sudah dijelaskan oleh Nadiem Makarim selaku Mentri Pendidikan dan Kebudayaan.

Mendikbud Nadiem Makarim menjelaskan siapa yang berhak mendapat bansos kouta gratis dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di tahun 2021. Dalam penjelasan tersebut, Nadiem mengatakan bahwa mereka yang telah menerima bantuan kuota gratis pada November-Desember 2020, akan otomatis terisi paket datanya pada Maret ini.

Penerima Bantuan Kuota Gratis Kemendikbud

“Kecuali bagi mereka yang telah menerima bantuan tapi penggunaannya di bawah 1GB, artinya tidak digunakan dengan berbagai macam alasan, itu tidak diberikan kuota internet kali ini,” jelas Nadiem, Senin (1/3/2021).

Mendikbud Nadiem Makarim juga mengatakan bahwa pimpinan satuan pendidikan tidak perlu lagi mengunggah SPTJM bagi yang sudah menerima bantuan pada November-Desember 2020.

✅ BACA JUGA:   Cara Untuk Mendapatkan Kuota Gratis Pada Kartu Axis

Terkait nomor penerima bantuan kuota internet Kemendikbud yang kali ini berubah dari sebelumnya, begitu juga pelajar, guru, mahasiswa hingga dosen yang tidak mendapatkan subsidi kuota gratis pemerintah tahun lalu, memungkinkan menerima bantuan tersebut.

“Mereka akan menerima bantuan kuota internet di bulan April 2021, tidak bisa di Maret,” ucapnya.

Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Gratis 2021

Untuk mendapatkan bantuan kuota mendikbud, calon penerima bantuan diharuskan melapor ke pimpinan satuan pendidikan sebelum April 2021 untuk mendapat bantuan kuota. Selanjutnya pimpinan satuan pendidikan akan mengunggah SPTJM untuk nomo yang berubah maupun nomor baru ke https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id atau http://pddikti.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi).

Penerima Bantuan Kuota Gratis 2021

Merujuk pada Peraturan Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 4 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Paket Kuota Data Internet Tahun 2021, penerima bantuan kuota adalah

  • Peserta didik tingkat PAUD, pendidikan dasar dan menengah
  • Pendidik/guru tingkat PAUD, pendidikan dasar dan menengah
  • mahasiswa
  • dosen

“Harapan saya dengan adanya kuota ini dalam tiga bulan ke depan, dengan fleksibilitas yang jauh lebih tinggi dibanding sebelumnya, bisa membantu transisi dalam waktu beberapa bulan ini mengantisipasi mulai (belajar) tatap muka,” ujar Nadiem.

Lebih lanjut, Mendikbud menyampaikan, seperti arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), semua guru dan dosen yang sekitar berjumlah lima juta orang akan dilakukan vaksinasi COVID-19.

✅ BACA JUGA:   Link Pendaftaran Banpres BLT UMKM Tahap II Jember

“Semua guru dan dosen, lima juta lebih dari mereka, harapannya insya Allah akan divaksinasi sampai akhir bulan Juni, sehingga tahun ajaran baru, semua sekolah proses tatap muka, walaupun dengan tahap terbatas,” pungkasnya.

sumber : inet.detik.com