Olahan Daging Kambing Enak Simple Indonesia
Olahan Daging Kambing Enak Simple Indonesia

Olahan Daging Kambing Enak Simple Indonesia

Kamu suka makan daging kambing tapi bingung ingin membuat olahan apa yang enak dan mudah dibuat? Artikel ini akan memberikanmu beberapa resep olahan daging kambing yang simpel namun tetap lezat untuk kamu coba di rumah!

Sate Kambing

Sate kambing merupakan olahan daging kambing yang paling populer di Indonesia. Kamu bisa membuat sate kambing dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di pasar tradisional atau supermarket.Bahan-bahan:- Daging kambing 500 gram- Bawang putih 5 siung- Bawang merah 10 siung- Ketumbar 1 sendok teh- Kecap manis secukupnya- Garam secukupnya- Gula secukupnyaCara membuat:1. Potong daging kambing menjadi ukuran kecil-kecil sesuai selera.2. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan ketumbar dengan blender atau ulekan.3. Campurkan bumbu halus dengan kecap manis, garam, dan gula, aduk rata.4. Celupkan potongan daging ke dalam bumbu, diamkan selama 30 menit.5. Tusuk daging dengan tusuk sate, panggang di atas bara api hingga matang.

Gulai Kambing

Gulai kambing adalah olahan daging kambing yang cocok untuk kamu yang suka dengan masakan berkuah. Gulai kambing biasanya dimasak dengan bumbu rempah yang kaya akan rasa.Bahan-bahan:- Daging kambing 500 gram- Santan 500 ml- Jahe 2 ruas jari- Serai 2 batang– Daun salam 2 lembar- Daun jeruk 3 lembar- Lengkuas 2 iris- Bawang merah 10 siung- Bawang putih 5 siung- Kunyit 1 ruas jari- Ketumbar 1 sendok teh- Merica 1/2 sendok teh- Garam secukupnya- Gula secukupnyaCara membuat:1. Potong daging kambing menjadi ukuran sedang, rebus hingga empuk.2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar, dan merica dengan blender atau ulekan.3. Tumis bumbu halus dengan jahe, lengkuas, serai, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.4. Masukkan daging kambing, aduk rata.5. Tuang santan, masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah mengental.6. Tambahkan garam dan gula secukupnya, aduk rata.

Empal Kambing

Empal kambing adalah olahan daging kambing yang diiris tipis dan digoreng. Empal kambing biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal.Bahan-bahan:- Daging kambing 500 gram- Bawang merah 10 siung- Bawang putih 5 siung- Jahe 2 ruas jari- Ketumbar 1 sendok teh- Garam secukupnya- Gula secukupnya- Minyak goreng secukupnyaCara membuat:1. Potong daging kambing menjadi irisan tipis- tipis.2. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, dan ketumbar dengan blender atau ulekan.3. Lumuri irisan daging dengan bumbu halus, tambahkan garam dan gula secukupnya, diamkan selama 30 menit.4. Panaskan minyak goreng, goreng daging hingga matang dan berwarna kecoklatan.5. Tiriskan dan sajikan dengan nasi putih dan sambal.

✅ BACA JUGA:   Masker Green Tea Bagus Terbaik Indonesia

Rendang Kambing

Rendang kambing adalah olahan daging kambing yang berasal dari Sumatera Barat. Masakan ini sangat kaya akan rempah dan cocok untuk kamu yang suka dengan makanan pedas.Bahan-bahan:- Daging kambing 500 gram- Santan 500 ml- Bawang merah 10 siung- Bawang putih 5 siung- Jahe 2 ruas jari- Serai 2 batang- Daun salam 2 lembar- Daun jeruk 3 lembar- Lengkuas 2 iris- Cabe merah 10 buah- Cabe rawit 5 buah- Ketumbar 1 sendok teh- Garam secukupnya- Gula secukupnya- Minyak goreng secukupnyaCara membuat:1. Potong daging kambing menjadi ukuran sedang.2. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, cabe merah, cabe rawit, ketumbar, dan garam dengan blender atau ulekan.3. Tumis bumbu halus dengan jahe, lengkuas, serai, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.4. Masukkan daging kambing, aduk rata.5. Tuang santan, masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah mengental.6. Tambahkan gula secukupnya, aduk rata.7. Masak dengan api kecil hingga daging empuk dan bumbu meresap.

✅ BACA JUGA:   Payung Anak Lucu Terbaru Indonesia: Lindungi Si Kecil Dengan Gaya

Sop Kambing

Sop kambing adalah olahan daging kambing yang cocok untuk kamu yang suka dengan masakan berkuah dan segar. Sop kambing biasanya disajikan dengan nasi putih dan irisan tomat serta seledri.Bahan-bahan:- Daging kambing 500 gram- Air 1 liter- Wortel 1 buah- Kentang 2 buah- Tomat 2 buah- Seledri secukupnya- Bawang merah 10 siung- Bawang putih 5 siung- Jahe 2 ruas jari- Lada secukupnya- Garam secukupnya- Gula secukupnya- Minyak goreng secukupnyaCara membuat:1. Potong daging kambing menjadi ukuran sedang.2. Rebus air hingga mendidih, masukkan daging kambing, rebus hingga empuk.3. Potong wortel dan kentang menjadi dadu-dadu kecil, potong tomat menjadi wedges.4. Tumis bawang merah, bawang putih, dan jahe hingga harum.5. Masukkan wortel dan kentang, aduk rata.6. Tuang air rebusan daging kambing, masak dengan api kecil hingga sayuran empuk.7. Tambahkan garam, gula, dan lada secukupnya, aduk rata.8. Sajikan dengan irisan tomat dan seledri.

✅ BACA JUGA:   Dispenser Sanken Terbaik Terbaru Indonesia

Kesimpulan

Dengan resep-resep olahan daging kambing yang simpel namun enak ini, kamu bisa mencoba membuat masakan khas Indonesia di rumah. Selain enak, olahan daging kambing juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuhmu.FAQ:1. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sate kambing?- Daging kambing, bawang putih, bawang merah, ketumbar, kecap manis, garam, dan gula.2. Bagaimana cara membuat empal kambing?- Potong daging menjadi irisan tipis, lumuri dengan bumbu halus, goreng hingga matang.3. Apa saja bumbu rempah yang digunakan untuk membuat rendang kambing?- Bawang merah, bawang putih, jahe, cabe merah, cabe rawit, ketumbar, dan garam.4. Apakah sop kambing cocok untuk disajikan pada hari yang panas?- Ya, sop kambing cocok untuk disajikan pada hari yang panas karena memiliki kuah yang segar.5. Bahan apa saja yang digunakan untuk membuat gulai kambing?- Daging kambing, santan, jahe, serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar, merica, garam, dan gula.