membaca not balok

Sudah Tau Cara Membaca Not Balok?, Simak Caranya Berikut Ini

Swakarta.com – Bagi siapapun yang saat ini sedang belajar tentang musik, kamu harus bisa membaca yang namanya not balok ataupun not angka. Karena hal itu termasuk dalam salah satu kemampuan dasar untuk kamu yang belajar ke level yang lebih rumit lagi. Mulai dari menyanyikan lagu ataupun memainkan sebuah alat musik.

Kemampuan ini sangat berguna dan sangat bisa kamu rasakan manfaatnya apalagi ketika kamu sudah lancar membaca dan juga menulis not, maka akan sangat bisa mempermudah kamu untuk menciptakan sebuah komposisi aransemen ataupun saat kamu ingin menciptakan sebuah lagu.

Cara Membaca Not Balok Dengan Mudah

Membaca Not Balok

Simbol not balok adalah berbentuk bulatan-bulatan yang mempunyai tangkai yang membuat gambar tersebut seperti huruf d atau huruf p. Untuk menulis sebuah irama lagu, maka not-not itu akan dirangkai di atas lima garis yang dikenal dengan nama garis paranada. Spasi pada setiap garis itu menjadi ukuran durasi dan juga ketinggian nada not.

Baca Juga:  iPhone 12 Segera Dijual di Indonesia, Berapakah Harga Resminya?

Cara mudah untuk memahaminya yaitu jika semakin tinggi ataupun semakin naik posisi dari sebuah not maka akan semakin tinggi juga nada dan begitu juga sebaliknya, semakin turun ataupun semakin rendah juga dari posisi not maka akan semakin rendah juga nada yang akan dimainkan.

Sedangkan pada durasi not adalah berapa ketuk pada sebuah nada yang akan dimainkan. Bagaimana caranya mengetahui jumlah dari ketukan dalam nada? Bisa kamu lihat dari bentuk tangkainya. Jika tangkainya tidak ada “bendera” maka harga dari not tersebut adalah satu ketuk saja. Bila ada “bendera” maka nilainya adalah setengah ketuk, bila memiliki dua “bendera” maka nilainya seperempat ketuk.

Baca Juga:  Begini Cara Mudah Untuk Membaca Resep Dari Dokter

Mengenal Bass Clef dan Treble Clef

Ada dua kunci yang dipakai dalam not balok dalam menentukan rendah ataupun tingginya nada tersebut. Kunci pertama yaitu Bass clef (kunci nada rendah) dan juga Treble clef (kunci nada tinggi).

Untuk lebih mudahnya, coba kamu lihat pada alat musik bass gitar. Bass gitar hanya terdiri dari empat senar saja yang mengandung nada rendah. Setiap partitur bass akan selalu dimulai dengan F cleff. Sedangkan pada alat musik gitar selalu menggunakan G clef. Begitu juga untuk alat musik yang lainnya. Hanya piano saja yang menggunakan F clef dan juga G clef sekaligus.

Mengenal Alto dan Tenor Clef

Selain bass dan treble cleff, dalam dunia musik ada juga yang disebut dengan Alto Clef ataupun Tenor Clef.
Memang kedua cleff ini sudah cukup jarang ditemui dan juga mungkin saja sudah jarang dipelajari karena beberapa faktor.

Baca Juga:  8 Resep Makanan Kucing Buatan Sendiri Kaya Nutrisi, Bikin Kucing Kamu Gembul

Salah satu faktor terkuat kenapa banyak orang lupa dengan alto ataupun tenor cleff ini yaitu karena perkembangan  dari musik modern cenderung kian membuat tidak “mewajibkan” penggunaan dari jenis cleff ini.

Tanda Istirahat

Selain Bass dan juga Treble clef, terdapat juga nilai dari ketukan maupun dari tanda istirahatnya. Apa yang dimaksud dengan tanda istirahat? Tanda istirahat ialah nada tidak dibunyikan ketika tanda itu muncul. Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihatnya pada gambar di bawah ini.

membaca not balok