membuat filter IG

Cara Membuat Filter IG! Simak Berikut Ini

Swakarta.com – Tahukah kamu jika filter di Insta Stories ternyata bisa kamu buat sendiri? Mau tahu cara membuat filter IG? Yuk, simak cara membuat filter pada Instagram selengkapnya pada artikel ini!

Filter di Insta Stories yang ada pada Instagram membuat video yang kamu buat terlihat menjadi lebih cantik dan menarik. Ternyata filter ini bisa juga kamu buat sendiri dengan menggunakan aplikasi yang bernama Spark AR Studio.

Caranya membuatnya juga mudah, sehingga bisa dibuat oleh siapa saja yang tertarik ingin membuat filter.

Cara Membuat Filter IG Sendiri Dengan Mudah

1. Unduh Aplikasi Spark AR Studio

Aplikasi ini bisa kamu unduh pada komputer atau laptop kamu dengan mengunjungi pada situs resminya. Aplikasi ini bisa digunakan di komputer ataupun laptop dengan sistem operasi Windows 10 dan mac OS Mojave 10.14 ataupun yang lebih tinggi.

✅ BACA JUGA:   11 Cara Mempercepat Video di CapCut dengan Mudah

2. Melihat Contoh Filter yang sudah Ada

Setelah kamu install dan kamu buka aplikasinya, kamu bisa melihat beberapa contoh filter yang sudah ada di dalam aplikasi IG. Dengan cara kamu ketuk pada “Samples” dan kemudian kamu bisa mencontoh filter tersebut sehingga bisa menjadi awal pembuatan filter milik kamu.

3. Menyunting Filter

Dari contoh filter sebelumnya, kamu bisa membuat beberapa perubahan supaya filter yang kamu buat berbeda dari filter yang lainnya. Kamu juga bisa mengetuk pada tab “Scene”.

Kemudian fitur apa yang ingin kamu tambahkan di filter tersebut. Setelah kamu sudah selesai mengubahnya, kamu bisa melihat hasilnya pada pratinjau dari filter dengan mengetuk cara klik pada fitur preview.

4. Melihat Hasil Filter di Video

Setelah kamu selesai menyunting filter yang kamu buat, selanjutnya kamu bisa melakukan uji coba terhadap filter pada video milik kamu sendiri.

Pada bagian kiri layar yang ada ikon kamera, ikon kamera tersebut akan membuka webcam yang ada pada komputer kamu dan mengecek hasil akhir dari filter yang sudah kamu bikin.

✅ BACA JUGA:   14 Cara Mengganti Walpaper Telegram Dengan Mudah

5. Mengekspor Filter Buatanmu

Jika sudah selesai proses editingnya selanjutnya kamu simpan, klik pada “File” kemudian klik “Export”, lalu kamu pilih ekspor filter pada Instagram.

Pilih supaya filter tersebut milik kamu supaya bisa digunakan pada semua jenis smartphone, dan juga banyak orang bisa menggunakan filter kamu. Kemudian kamu klik pada “Export” dan klik pada file “.arexport”.

6. Mengunggah Filter di Instagram

Selanjutnya pastikan kamu sudah login pada akun Instagram kamu di komputer ataupun laptop kamu melalui browser, selanjutnya kamu kunjungi situs berikut ini : https://www.facebook.com/sparkarhub/ kemudian klik pada tombol “Upload Effect”.

Selanjutnya kamu klik pada tujuan filter, yaitu Instagram dan juga beri nama filter buatan kamu. Pada bagian “Effect Icon” kamu bisa memilih gambar apa yang ingin kamu gunakan untuk ikon pada filter buatan kamu. Setelah selesai, kamu klik pada “Upload” dan “Continue”.

✅ BACA JUGA:   11 Cara Mendapatkan Stiker Kpop di Telegram Dengan Mudah

7. Melakukan Pratinjau

Setelah kamu selesai mengunggahnya, kamu bisa melakukan pratinjau kembali kepada filter buatanmu menggunakan aplikasi. Kamu bisa menggunakan aplikasi “Preview in App”, sedangkan untuk membagikannay kepada teman-taman kamu, kamu bisa klik pada “Get a preview link”.

8. Membuat Demo Video

Setelah semuanya sudah selesai, kamu bisa mengunjungi kembali halaman yang sebelumnya atau halaman dari pengaturan filter pada aplikasi Spark AR di Facebook.

Selanjutnya kamu klik pada kategori filter yang sesuai dengan tema yang sudah kamu pilih, lalu gunakan tautan pada pratinjau yang kamu simpan tadi dan rekam sebuah video filter menggunakan ponselmu.

Nantinya, video tersebut akan kamu pergunakan menjadi video demo yang muncul ketika orang lain ingin menggunakan filter buatan kamu.

Selanjutnya kamu atur kapan filter kamu akan keluar pada Instagram dan isi juga “Review Information” karena filter buatan kamu akan dicek terlebih dahulu sebelum bisa digunakan oleh publik.

Jika sudah diterima, maka filter bautan kamu sudah bisa kamu temukan pada Instagram dan dapat digunakan oleh banyak orang.