sim card tidak terbaca

Sim Card Tidak Terbaca? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Penyebab & Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP, Gampang!

Swakarta.com – SIM Card kamu tidak terbaca secara tiba-tiba pada saat sedang digunakan? Pastinya membuat kamu merasa bete banget, apalagi jika dalam keadaan yang darurat, kan?

Nah, permasalahan SIM card tidak terbaca dan juga tidak terdeteksi di smartphone Android sendiri pastinya disebabkan oleh beberapa faktor tertentu.

Untuk itu, di dalam artikel ini kita akan membahas mengenai penyebab dan juga cara mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca pada HP Android. Simak baik-baik, ya!

sim card tidak terbaca

Penyebab Kartu SIM Tidak Bisa Terbaca!

  • Usia Pemakaian Kartu SIM Yang Sudah Terlalu Lama

Setiap barang tentu saja memiliki masa pakai tersendiri, termasuk juga pada SIM card yang juga memiliki masa pemakaian yang beragam.

✅ BACA JUGA:   6 Cara Mengetahui Type Hp Asus Dengan Mudah

Mulai dari 3-5 tahun material plastik dan juga kuningan yang ada di SIM card akan mengalami degradasi dan juga akan menjadi kurang layak digunakan.

  • Kuningan Pada SIM Card Sudah Rusak

kuningan ini juga bisa mengalami kerusakan di akibatkan seringnya dipindahkan ke smartphone lain sehingga menyebabkannya mengalami banyak gesekan.

  • SIM Card Yang Overheat

Masalah panas secara berlebihan umunnya seringkali terjadi kepada beberapa smartphone Android. Nah, ini bisa menjadi penyebab lain SIM Card yang tidak terbaca.

Posisi kartu SIM yang umumnya terletak di dekat komponen yang rawan panas, menyebabkan benda ini akan menjadi overheat dan jugab bisa merusak kuningan beserta data yang ada di dalamnya.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

  • Bersihkan SIM Card Seacara Berkala

Buka dan lepaskan SIM Card kamu yang tidak terbaca dari dalam slot-nya, kemudian bersihkan sim card tersebut dari dari debu-debu mikro yang menempel dan juga mengganggu kinerja SIM Card.

✅ BACA JUGA:   Cara Screenshot Samsung A51! Simak Berikut Ini

Bisa kamu lakukan dengan menggunakan bantuan penghapus dan juga menggosokannya ke kuningan kartu SIM secara perlahan.

  • Matikan Smartphone Kemudian Coba SIM Card Lain

Jika masih belum berhasil, kamu bisa mencoba dengan menggunakan SIM card yang lain pada smartphone kamu. Lakukan juga hal tersebut kepada SIM card milik kamu yang tidak terbaca dengan menaruhnya pada HP lain.

Jika ternyata kartu SIM yang lain pada HP milik kamu berfungsi, maka kemungkinan besar kerusakan terjadi di SIM card yang kamu miliki. Begitupun juga sebaliknya.

  • Atur Ulang Jaringan

Jika pada slot SIM card 2 tidak terdeteksi akan tetapi SIM card 1 berfungsi secara normal, bisa jadi masalah terjadi dari operator selular yang sedang error sehingga membuat SIM card kamu menjadi tidak bisa berfungsi dengan baik.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengatur ulang jaringan yang ada di smartphone Android kamu. Jika tidak bisa di setting secara otomatis, kamu bisa melakukannya secara manual melalui menu Settings > Network & Internet > Mobile network > Access Point Names.

  • Factory Reset Android

Jika masalah pada kartu SIM kamu yang tidak terbaca ada di Samsung atau HP yang lainnya masih belum terselesaikan juga, kamu bisa melakukan factory reset pada Hp Android kamu untuk mengembalikan smartphone kamu menjadi kondisi seperti semula seperti baru lagi.

  • Konsultasi ke Customer Service

Ini adalah opsi yang paling akhir, termasuk juga buat kamu yang tidak ingin mengalami risiko yang lebih buruk terjadi pada SIM card. Karena dengan cara ini kamu jadi bisa mengatasi permasalahan langsung dengan ahlinya.

✅ BACA JUGA:   Cara Gift SMS Sesama Telkomsel dengan Mudah 2022

Nah, jika SIM card kamu tidak terbaca dan ternyata benar-benar rusak dan tidak bisa dipakai lagi, biasanya customer service akan menawarkan kepada kamu opsi untuk penggantian kartu SIM.