mengaktifkan xmp ram

5 Cara Mengaktifkan XMP Ram Dengan Mudah

Cara Mengaktifkan XMP RAM Paling Mudah 2022

Swakarta.comMengaktifkan XMP RAM – Bagi kamu pengguna komputer ataupun PC apakah sebelumnya kamu sudah mengetahui bagaimana cara mengaktifkan XMP RAM yang paling mudah dan cepat?.

Supaya bisa melakukan pengaktifan XMP RAM kamu hanya bergantung kepada motherboad, namun semua itu tergantung dari motherboad laptop kamu sendiri karena tidak semua mempunyai XMP RAM.

Jika kamu memiliki sebuah komputer dengan RAM yang memiliki kualitas yang cukup bagus, terdapat kemungkinan  bahwa RAM kamu tidak bisa bekerja sesuai dengan keinginan kamu, namun hal tersebut bukanlah masalah.

Karena kamu sudah bisa menyetting secara manual untuk mengaktifkan Intel XMP, penasaran bagaimana cara melakukannya ? silahkan langsung saja kamu simak artikel lengkap di bawah ini.

✅ BACA JUGA:   Mengatasi Plugged In Not Charging Pada Windows 10!

mengaktifkan xmp ram

Cara Mengaktifkan XMP RAM Paling Mudah

Apa itu XMP ?

Jika kamu masih belum mengaktifkan Intel XMP maka secara otomatis RAM sudah berjalan sesuai dengan kecepatan standar yang sudah dibuat oleh JEDEC, Dewan Teknik Perangkat Joint Electron.

Tapi kamu tenang saja, kamu tidak perlu masuk kedalam menu BIOS untuk melakukannya secara manual. Hal ini tergantung dari RAM yang kamu beli, apabila memberikan satu ataupun dua “Profiles Memory Extreme” maka secara otomatis BIOS akan melakukan konfigurasi sesuai dengan timing yang ada pada RAM.

Cara Memeriksa Waktu/Timing RAM

kamu bisa memeriksa timing pada RAM dari dalam Windows. Pertama kamu Unduh CPU-Z, lalu klik pada tab Memori, kemudian kamu akan melihat pengaturan waktu pada saat RAM dijalankan.

Perbandingan timing yang kamu lihat di sini dengan pengaturan waktu RAM yang diiklankan untuk dijalankan. Apabila kamu membangun sebuah PC sendiri lalu kamu tidak pernah mengaktifkan XMP, terdapat peluang baik untuk pengaturan waktu pada RAM agar lebih lambat dari yang di harapkan.

Cara Mengaktifkan XMP

Untuk bisa mengaktifkan XMP, pertama kamu harus masuk ke dalam BIOS komputer atau PC. Restart komputer kamu lalu tekan pada tombol yang sesuai dengan proses boot-sering yaitu “Esc”, “Hapus”, “F2”, atau “F10”.

Kunci tersebut bisa ditampilkan pada layar komputer pada saat proses boot-up. Namun, jika kamu tidak yakin apa kunci yang pas pada komputer kamu, silahkan kamu periksa komputer ataupun dokumentasi motherboard milik kamu.

✅ BACA JUGA:   Laptop Di Bawah 3 Juta! Lihat Di Sini

Poke yang ada pada BIOS kemudian kamu cari opsi yang bernama “XMP”. Pilihan tersebut berada pada layar pengaturan utama, atau bisa juga disematkan di layar lanjutan mengenai RAM yang kamu miliki.

Mungkin bisa jadi berada pada bagian opsi “overclocking”, meskipun tidak secara teknis overclocking.