kenapa telegram lemot

Kenapa Telegram Lemot ? Penyebab & 4 Cara Mengatasi

Kenapa Telegram Lemot ? Penyebab & 4 Cara Mengatasi

Swakarta.comKenapa Telegram Lemot – Kenapa Telegram lemot padahal pada jaringan bagus dan tidak terdapat masalah apapun? Ya, hal ini mungkin pernah juga dialami oleh para pengguna Telegram.

Jika demikian, dengan melalui artikel berikut ini yang akan di jelaskan penyebab sampai pada cara mengatasinya yaitu secara lengkap.

Ketika pada Telegram lemot tentu saja juga bisa mengganggu aktivitas disaat memutar video, mendownload film dan juga lain sebagainya. Bahkan pada saat beberapa kasus yang, hal ini juga bisa menyebabkan Telegram tidak dapat di buka atau juga di sebut nge-Blank.

kenapa telegram lemot

Penyebab Telegram Lemot.

1. File Cache Menumpuk

Telegram juga bisa jadi lemot karena banyaknya file Cache atau juga sampah yang belum di hapus. Hal ini yang juga memang kerap dilupakan oleh para pengguna smartphone. Padahal jika pada file Cache terlalu banyak juga tidak hanya berpengaruh pada Telegram, tapi juga bisa membuat aplikasi lain juga bahkan ikut lemot.

✅ BACA JUGA:   5 Cara Migrasi Grub Chat WA Ke Telegram Dengan Mudah

2. Belum Update Aplikasi

Penyebab lainnya yaitu kamu yang belum memperbarui Telegram ke versi terbaru. Untuk datat mengetahui apakah Telegramnya  telah melakukan update kamu juga bisa mengecek nya lewat Google Play Store atau  App Store.

3. Ruang Penyimpanan Penuh

Ruang penyimpanan  yang penuh juga bisa dibilang menjadi penyebab utama mengapa kinerja Telegram tidak begitu maksimal. Telegram juga memang tidak memungkinkan setiap pengguna untuk MENGIRIM FILE dengan adanya ukuran lebih dari 1 GB. Jadi, wajar jika pada file Telegram tidak bisa cepat untuk memenuhi ruang penyimpanan.

4. Memiliki Banyak Grup / Channel

Masih bersangkutan dengan penyebab sebelumnya, ketika kamu bergabung ke banyak Grup atar juga Channel Telegram maka kamu akan ada banyak chat yang juga diterima.

✅ BACA JUGA:   Cara Mengetahui Password IG Yang Lupa

Nah, perlu kamu ketahui bahwa chat history yang sudah terlalu banyak juga menjadi salah satu alasan kenapa Telegram kamu menjadi lemot.

Tips Mengatasi Telegram PC & Smartphone Lemot

1. Hapus Cache

Cara pertama untuk dapat mengatasi masalah diatas yaitu menghapus Cache Telegram yang melalui menu pengaturan smartphone. Adapun untuk langkah-langkahnya silahkan simak dibawah ini :

  • kamu Pergi ke Menu Setting / Pengaturan.
  • Pilih pada Pengaturan APL / Aplikasi.
  • Lalu kamu tap Kelola Aplikasi.
  • Ketikkan Telegram pada kolom pencarian.
  • Setelah itu kamu tap Hapus Data -> Bersihkan Cache.
  • Restart smartphone kamu.

2. Update Telegram ke Versi Terbaru

Selain hapus Cache,  Adapun solusi lain untuk dapat mengembalikan performa Telegram di smartphone maupun juga pada Laptop, yaitu dengan cara update Telegram ke versi yang terbaru. Bagi pengguna smartphone yang bisa update Telegram lewat Google Play Store atau juga App Store. Sedangkan untuk para pengguna Telegram Desktop fitur update yang biasanya terletak pada menu Opsi.

✅ BACA JUGA:   10 Cara Menyimpan Video Tiktok Ke Galeri Android dan IOS

3. Hapus File Foto / Video di Telegram

Kemudian untuk dapat mengatasi Telegram lemot juga dapat dilakukan dengan cara Haiti MENGHAPUS VIDEO atau Foto di Telegram. Biasanya pada file media sebagian besar berasal dari kiriman anggota Grup atau juga pada Channel. Metode seperti ini juga berlaku bagi kamu pengguna Telegram Mobile maupun juga Desktop.

4. Hapus Chat History

Atau kamu juga dapat untuk menghapus riwayat percakapan atau Chat History dari Grup dan juga pada Channel Telegram yang sebenarnya sudah tidak aktif. Mengapa perlu dihapus ya? sebab banyaknya riwayat pada percakapan ternyata yang dapat mempengaruhi kinerja Telegram yang pada perangkat yang digunakan.