cara membersihkan layar laptop

6 Cara Membersihkan Layar Laptop : Tips & Trik Legkap

Tips dan Trik yang Aman Cara Membersihkan Layar Laptop

Swakarta.comCara Membersihkan Layar Laptop – Selain membersihkan keyboard laptop, layar salah satu bagian terpenting dari laptop yang harus rajin kamu bersihkan.

Tapi, berbeda dengan keyboard laptop yang lebih mudah dibersihkan, membersihkan layar laptop pada dasarnya sedikit lebih tricky dan juga harus berhati-hati.

Salah sedikit, hal tersebut bisa menyebabkan konsleting. Untuk itu, yuk perhatikan tips dan trik membersihkan layar laptop berikut ini!

membersihkan layar laptop

Cara Membersihkan Layar Laptop yang Baik dan Benar

1. Matikan laptop terlebih dahulu

Sebelum kamu membersihkan layar laptop, pastikan terlebih dahulu kamu sudah mematikan laptop terlebih dahulu untuk menghindari konsleting dari bahaya koneksi listrik tersebut.

✅ BACA JUGA:   9 Cara Mengganti Walpaper Di Laptop, Praktis

Di samping itu, mematikan laptop bsia membuat debu lebih terlihat dan membuatmu lebih mudah untuk membersihkannya.

Untuk cara membersihkan layar laptop yang pertama adalah dengan menggunakan lap kering. Usahakan untuk membersihkan layar laptop dengan perlahan dan hindari tekanan berlebih terhadap layar tersebut karena bisa meninggalkan goresan atau konsleting karena tekanan dari jari tersebut.

2. Gunakan lap kering untuk membersihkan debu

Untuk proses membersihkan layar laptop yang selanjutnya adalah dengan menggunakan lap kering. Usahakan untuk membersihkan layar laptop dengan perlahan dan hindari tekanan berlebih terhadap layar tersebut karena bisa meninggalkan goresan atau konsleting karena tekanan dari jari tersebut.

3. Gunakan kain lembut Gunakan kain lembut

Selain memperhatikan tekanan dalam mengelap kaca, pastikan juga kamu menggunakan kain yang berbahan lembut untuk membersihkan layar tersebut untuk menghindari bekas goresan dari bahan kain tersebut yang terlalu kasar.

Menggunakan kain mikrofiber dan kain berbahan katun adalah jenis kain yang sangat direkomendasikan untuk menjadi pembersih layar laptop.

4. Semprotkan larutan ke kain

Kalau kamu merasa membersihkan layar laptop hanya menggunakan kain kering saja tidak cukup, kamu bisa menggunakan cairan pembersih untuk membantu mengangkat debu tersebut.

Namun, hindari langsung menyemprotkan cairan tersebut ke layar laptop, namun semprotkan terlebih dahulu cairan tersebut ke kain lap dengan bahan-bahan yang sudah direkomendasikan tadi.

✅ BACA JUGA:   Harga Asus Zenbook Pro Duo Terbaru di Tahun 2022

Menyemprotkan cairan pembersih langsung ke layar laptop dapat mengakibatkan resiko konsleting atau bahkan bisa menyebabkan layar terbakar karena kontaminasi air kepada layar tersebut.

5. Pastikan layar tersebut kering sebelum menggunakannya

Sebelum kamu menggunakan laptop kembali, pastikan bahwa layar laptop tersebut sudah cukup kering dari bekas cairan pembersih tersebut untuk menghindari kerusakan komponen karena kelembapan atau sisa-sisa embun atau cairan yang masih tersisa di layar tersebut.

6. Biarkan layar kering secara alami

Menggunakan hairdryer memang bisa membuat layar laptopmu menjadi cepat kering. Namun, menggunakan hairdryer atau pembantu pengering lainnya dapat menyebabkan kerusakan komponen internal akibat suhu panas terhadap laptop tersebut. Jadi, lebih baik bersabarlah menunggu layar tersebut kering secara alami.

Cara yang satu ini tidak susah kok untuk kamu lakukan. Untuk menjaga kebersihan laptop kamu bisa lho membersihkan layar laptop secara berkala.

Misalnya saja dengan menjadwalkannya setiap satu minggu sekali mungkin setiap hari Senin untuk mengawali minggu baru.