mematikan komputer windows 10

Cara Mematikan Komputer Windows 10 Secara Otomatis

Begini Cara Mudah Mematikan Komputer Windows 10 secara Otomatis

Swakarta.comMematikan Komputer Windows 10 – Banyak pengguna yang lupa mematikan komputer atau laptopnya dan membiarkan komputer tetap menyala sehingga listrik pun akan terus memasok perangkat tersebut.

Padahal cara mematikan komputer atau ‘shutdown’ dengan aman bisa dilakukan melalui menu “Shut down” yang berada di menu ‘Start’.

Sebenarnya, ada cara lain yang bisa dilakukan pengguna untuk menjadwalkan kapan komputer akan mematikan dirinya sendiri secara otomatis.

mematikan komputer windows 10

1. Pakai Command Prompt

Aplikasi sistem Command Prompt bisa digunakan untuk berbagai hal, salah satunya adalah menjadwalkan shutdown komputer.

Caranya terbilang cukup mudah. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi Command Prompt dengan cara mengetikkan kata “cmd” ketika mengunjungi menu “Start” dan mengetikkan perintah “shutdown /s /t *waktu yang ditentukan*.

✅ BACA JUGA:   Cara Download attendance list microsoft teams, Lengkap

Waktu yang ditentukan di sini hanya mendukung format waktu detik, sehingga pengguna perlu mengkonversikan hitungan menit atau jam ke detik terlebih dahuu.

Apabila pengguna ingin mematikan komputer dalam 10 menit ke depan, misalnya, mereka bisa mengetikkan “shutdown /s /t 600”, yang berarti komputer akan mati dalam 600 detik (10 menit).

Jika tidak ingin repot-repot menghitung, konversi waktu ke detik bisa dilakukan melalui situs web di tautan berikut.

Setelah mengetikkan perintah tersebut, klik “Enter” pada keyboard. Untuk membatalkan jadwal shutdown yang telah dibuat, pengguna cukup mengetikkan perintah “shutdown /a” di aplikasi yang sama dan diakhiri dengan meng-klik “Enter”.

✅ BACA JUGA:   Harga Asus Zenbook Pro Duo Terbaru di Tahun 2022

2. Pakai Task Scheduler

Proses shutdown otomatis juga bisa dilakukan melalui aplikasi Task Scheduler yang bisa diakses dengan mengetikkan “task scheduler” di menu “Start”. Lalu, pilih menu “Action” dan klik menu “Create Basic Task”.

Pada tampilan selanjutnya, ketik kata “shutdown” di kolom nama dan klik tombol “Next”. Lalu, pilih berapa kali proses shutdown ini akan berlangsung, bisa harian, mingguan, bulanan, dan sebagainya. Kemudian, klik lagi tombol “Next”.

Setelah itu, atur waktu kapan proses shutdown akan berjalan, misalnya “23/01/2022” untuk tanggal dan “12.00.00” untuk waktu.

Apabila diatur seperti ini dan sebelumnya memilih shutdown harian atau “Daily”, proses shutdown otomatis akan dimulai pada 23 januari 2022 tepat pukul 12.00 siang waktu komputer dan akan berulang tiap harinya.

Setelah mengatur waktu, klik tombol “Next”. Berikutnya, pilih opsi “Start a program”, klik lagi tombol “Next”, dan masukkan perintah shutdown yang akan menjalankan program shutdown secara otomatis.

✅ BACA JUGA:   Sudah Tau Cara Kerja Laptop?, Berikut Ini Cara Kerjanya

Di sini, ketikkan perintah “shutdown” di kolom “Program/script” dan “/s /t 0” di kolom “Add arguments (optional)” sebagaimana ilustrasi gambar di atas.

Terakhir, klik tombol “Next” dan klik tombol “Finish” untuk menyelesaikan penjadwalan shutdown dan komputer akan mati di tanggal dan waktu yang telah ditentukan.

3. Pakai PowerOff Timer

Selain lewat aplikasi bawaan sistem Windows 10 yang terkesan ribet, pengguna juga bisa mematikan komputer mereka secara terjadwal dengan mudah menggunakan aplikasi PowerOff Timer yang bisa diunduh di tautan berikut.

Ketika sudah terpasang, buka aplikasi tersebut dan pilih opsi “Shutdown”. Lalu, atur jam berapa komputer akan dimatikan secara otomatis. Terakhir, klik tombol “Activate. Apabila pengguna ingin membatalkan waktu shutdown, buka kembali aplikasi tersebut dan klik tombol “Deactivate”.

Lihat Juga: