Menonaktifkan Talkback Oppo

6 Cara Menonaktifkan Talkback Oppo Dengan Mudah

6 Cara Menonaktifkan Talkback OPPO Dengan Tombol 2022

Swakarta.com Menonaktifkan Talkback Oppo – Cara menonaktifkan OPPO Talkback merupakan hal yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, baik pengguna HP OPPO lama maupun pemula.

Cara menonaktifkan fitur ini sangat sederhana, tidak perlu aplikasi tambahan apa pun. Seperti diketahui, smartphone Android dilengkapi dengan asisten suara yang memungkinkan ponsel mengeluarkan suara saat menyentuh layar.

Misalnya saat memilih menu atau aplikasi tertentu di HP OPPO yang kamu gunakan. Dengan fitur Talkback aktif, semua aktivitas di HP OPPO akan mengeluarkan suara berupa instruksi.

Apakah ini mengganggumu? Jika ya, maka solusi terbaik yang kamu butuhkan adalah menonaktifkan fitur Talkback di smartphone OPPO kamu.

✅ BACA JUGA:   5 Rekomendasi Hp Kamera Terbaik Dengan Harga Murah

Menonaktifkan Talkback Oppo

Apa Itu Fitur Talkback ?

Fungsi dari fitur ini adalah untuk memudahkan pengguna penyandang disabilitas seperti tunanetra untuk membaca konten hanya dengan mendengarkan. Meski dipertunjukkan untuk pengguna tunanetra, fitur ini tetap ada di semua merek dan tipe HP OPPO.

Mengapa Perlu Menonaktifkan Talkback OPPO ?

Saat Talkback tidak sengaja diaktifkan, akan muncul suara saat layar smartphone disentuh. Bagi orang-orang, fitur ini sangat mengganggu, apalagi jika smartphone tidak bisa dioperasikan seperti biasa.

Penyebab Talkback aktif mungkin pengguna menekan kedua tombol volume selama 3 detik atau hal lain yang memungkinkan Talkback aktif. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, saat Talkback aktif, smartphone Android tidak dapat dioperasikan seperti biasa.

✅ BACA JUGA:   Cara Cek iPhone Asli!, Simak Berikut Ini

Di mana, kamu tidak dapat menggesek layar atau membuka kunci secara normal. Nah, inilah alasan kuat mengapa Talkback harus dinonaktifkan.

Cara Menonaktifkan Talkback OPPO

Menonaktifkan Talkback Dengan Tombol

Pertama-tama silahkan hidupkan HP OPPO kamu. Kemudian, buka kunci ponsel OPPO dengan cara menggeser layar ke atas menggunakan 2 jari, lalu masukkan saja kata sandi, kata sandi, atau pola ponsel OPPO kamu.

Setelah kunci layar OPPO terbuka, selanjutnya silahkan tekan dan tahan tombol volume up dan volume down secara bersamaan selama 3 detik.

Kemudian setelah itu fitur OPPO Talkback akan langsung nonaktif dan hp OPPO sudah bisa dioperasikan seperti biasa menggunakan 1 jari.

Menonaktifkan Talkback via Pengaturan

  • Langkah pertama, silahkan hidupkan HP OPPO dan bukalah kunci layar dengan cara geser layar ke atas menggunakan 2 jari.
  • Setelah kunci layar terbuka, silahkan masuk ke menu “Pengaturan” dengan cara tap satu kali pada menu pengaturan, kemudian tap 2 kali untuk membuka pengaturan.
  • Selanjutnya, silahkan scroll layar ke atas dengan dua jari hingga menemukan menu “Pengaturan Tambahan” klik 1 kali untuk memilih dan klik 2 kali untuk membuka pengaturan tambahan.
  • Pada menu pengaturan tambahan, silahkan klik 2 kali pada menu “Bebas Halangan” pada HP OPPO versi terbaru atau menu “Aksebilitas” pada versi lawas.
  • Berikutnya, silahkan masuk ke menu “Talkback” dengan cara klik 2 kali untuk membukanya.
  • Kemudian, tinggal geser tombol di samping Talkback untuk menonaktifkannya. Lalu, tekan “Yes” untuk mengkonfirmasi, secara otomatis Talkback langsung tidak aktif lagi.