samsung a50 tiba-tiba mati

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Samsung A50 Tiba-Tiba Mati

Cara Mengatasi HP Samsung A50 Tiba Tiba Mati & Penyebabnya

Swakarta.comSamsung A50 Tiba-tiba Mati – Samsung A50 memang dikenal sebagai ponsel budget terbaik di kelasnya. Tak heran jika banyak orang Indonesia yang membeli dan menggunakannya.

Karena banyaknya pemilih HP Samsung A50, kerusakan akan lebih mungkin terjadi. Masalah yang sering ditemui adalah mati mendadak, selalu restart, kepanasan bahkan kerusakan karena pemakaian.

Tidak bisa dipungkiri bahwa barang elektronik seperti handphone rentan terhadap guncangan dan cairan. Bahkan kompetitor Samsung seperti HP Xiaomi pun sering mengalami hang.

Ada berbagai faktor atau penyebab mengapa terjadi masalah pada HP Samsung A50. Jika berasal dari faktor hardware, jelas tidak bisa ditangani sendiri.

Namun jika penyebab kematian mendadak tersebut adalah software maka kamu bisa memperbaikinya sendiri. Cara seperti flashing dan hard reset sudah terkenal karena banyak tersedia tutorial online.

Saat menggunakan ponsel Samsung A50, diperlukan trik khusus, seperti cara mengambil screenshot. Begitu juga jika Hp Samsung A50 tiba-tiba mati, kita harus mengetahui penyebab dan langkah awal untuk mengatasinya.

✅ BACA JUGA:   13 Cara Menggandakan Aplikasi di Hp Oppo dengan Mudah

Bisa jadi masalah utama berasal dari bug perangkat lunak saat kamu memperbaruinya sehingga menyebabkan fungsi tidak berfungsi dengan baik.

Kesalahan dalam mengupgrade OS bisa menyebabkan hp mati mendadak alias bootloop. Ada kemungkinan penyebabnya berasal dari kesalahan produksi, jadi kamu harus menukarnya selama masa garansi.

Namun mayoritas penyebab kematian mendadak berasal dari kelalaian penggunaan atau kesalahan pemiliknya. Bagi pemilik HP Samsung A50 bisa menggunakan cara mudah dengan mengecek tanda-tanda awal lalu melihat performa sistem operasinya.

samsung a50 tiba-tiba mati

Penyebab HP Samsung A50 Tiba-tiba Mati

1. Kerusakan Mesin

Kerusakan mesin bisa memicu HP Samsung A50 mati total dan tiba-tiba mati. Diakui, ponsel Samsung A50 merupakan seri yang terbilang baru, namun untuk urusan mesin, kamu tidak bisa memperbaikinya sendiri.

2. Terlalu Banyak Aplikasi

Saat kita memiliki banyak aplikasi, ponsel akan bekerja ekstra sehingga menjadi panas. Nah jika dibiarkan panas terlalu lama dan digunakan terus menerus akan beresiko merusak komponen HP dan sistem operasi Android.

3. Kehabisan Memori & CPU

Selanjutnya, ketika Samsung A50 digunakan secara maksimal untuk bermain game, performanya akan terasa berat. Apalagi jika kamu membuka banyak aplikasi sekaligus secara otomatis CPU dan memori bekerja ekstra. Saat itulah akan memicu HP mati mendadak karena sudah tidak kuat lagi.

4. Baterai sudah lemah

Mati mendadak juga bisa disebabkan karena baterai HP Samsung A50 sudah dalam kondisi lemah. Biasanya satu kali charge kuat untuk satu hari, tetapi jika baterai lemah maka bisa boros dan kemudian cepat mati.

5. Masalah OS

Jika data sistem operasi rusak atau terhapus, maka akan membuat HP tiba-tiba mati. Terkadang tanpa disadari kita memasang aplikasi berbahaya yang dapat merusak sistem.

✅ BACA JUGA:   Cara mengunci Foto Di iPhone, Macbook, Ipad, Dan Ipod Touch

6. Karena Kelalaian Pengguna

Ketika penggunaan HP tidak tepat, tidak akan bertahan lama. Seringkali ponsel jatuh yang kemudian merusak hardware di dalamnya atau bahkan jatuh ke air yang tidak dilengkapi dengan sertifikasi tahan air.

Cara Mengatasi HP Samsung A50 Tiba-tiba Mati

1. Cek Fisik HP Samsung A50

Pertama-tama silahkan cek Samsung A50 dari luar lalu pastikan penyebabnya kenapa tiba-tiba mati. Apakah tiba-tiba mati karena jatuh atau terkena air.

Biasanya sering terjadi masalah booting yang disebabkan oleh komponen hardware yang rusak. Jika tiba-tiba mati karena air, rendam dalam beras selama 2 hingga 3 hari agar bagian dalamnya dapat benar-benar kering.

2. Restart HP Samsung A50

Lakukan reboot pada smartphone kamu, periksa apakah ada tanda-tanda seperti bootloop misalnya. Namun jika penyebab HP Samsung A50 tiba-tiba mati adalah fisik, seringkali mati total. Sedangkan jika dari software masih bisa masuk recovery mode.

3. Lakukan Pengisian Baterai

Isi daya baterai Samsung A50 hingga penuh 100%, jika daya cepat menurun maka baterai mungkin tidak normal. Solusinya adalah dengan mengatur ulang pengaturan baterai dan mengganti baterai dengan yang baru. kamu dapat mengatur ulang pengaturan baterai Samsung A50 seperti di bawah ini

  • Siapkan charger dan kabel data Samsung A50 asli
  • Kuras baterai hingga 0%.
  • Kemudian isi daya hingga 100% dalam waktu sekitar 2 jam
  • Jika sudah penuh maka cabut
  • Restart maka biasanya baterai akan kembali normal

4. Hapus Atau Pindahkan Aplikasi

kamu dapat memindahkan aplikasi, data, foto, dan file lainnya ke media penyimpanan lain. Seperti yang dikatakan di atas, jika memori sudah penuh maka akan memicu HP untuk restart atau mati mendadak.

✅ BACA JUGA:   Cara Melakukan Cek Terhadap HP OPPO Anda

Lakukan backup pada HP Samsung A50 dengan aman ke laptop, flashdisk atau media penyimpanan lainnya.

5. Periksa Layar

Saat hp dalam keadaan mati tapi masih bisa bergetar bahkan terdengar suara notifikasi, maka cek layar Samsung A50. Bisa jadi layarnya rusak karena benturan kemudian tidak menampilkan gambar. Solusinya ganti layar Samsung A50.

6. Atur Ulang Pengaturan Pabrik

Cara lain agar Samsung A50 kembali normal adalah dengan mengatur ulang pengaturan awal. Dengan reset, semua data akan terhapus, jadi jika smartphone masih hidup, lakukan backup. Namun jika hp samsung A50 dalam kondisi mati harus rela kehilangan data

  • Tekan lalu tahan tombol power + volume bawah secara bersamaan selama 10 detik
  • Tampilan Mode Pemeliharaan Boot muncul.
  • Kemudian pilih menu Normal Boot dengan tombol volume
  • Silahkan tunggu selama 90 detik hingga proses reset selesai.

7. Flash Ulang

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan flashing atau install ulang android di HP Samsung A50. Flash memiliki resiko yang cukup besar diantaranya bootloop bahkan sampai kerusakan hardware.

Seandainya ingin melakukan flash sendiri maka pastikan sudah benar-benar tahu, namun kami menyarankan kepada Samsung center untuk mendapatkan bantuan.

8. Bawa Ke Samsung Center

Seaindainya kalian tidak mau ribet mengatasi HP Samsung A50 tiba tiba mati maka silahkan langsung bawa ke Samsung center saja. Disana teknisi Samsung akan memperbaiki HP Samsung A50 dengan biaya yang cukup terjangkau.