Tidak Bisa Ganti Foto Profil Instagram

Kenapa Tidak Bisa Ganti Foto Profil Instagram? Ini 4 Penyebabnya

Swakartan.com Tidak Bisa Ganti Foto Profil Instagram – Sebagai pengguna Instagram, Kamu pasti merasa kesal ketika tidak bisa mengganti foto profil Instagram kamu.

Nah, bagi kamu yang mengalami masalah serupa, kamu pasti ingin tahu bagaimana cara mengatasinya. Jika iya, kamu wajib membaca artikel ini sampai habis.

Dalam penggunaan media sosial Instagram, beberapa masalah sering terjadi, mulai dari gagal login, tidak bisa upload instagram story hingga foto profil yang tidak bisa diubah.

Setiap masalah yang terjadi pada aplikasi Instagram pasti ada sebab dan akibat.

Tidak Bisa Ganti Foto Profil Instagram ? Begini Cara Mengatasinya

 

✅ BACA JUGA:   Cara Hapus Akun WA Bisnis! Mudah Dan Praktis!

tidak bisa ganti foto profil IG

Penyebab Gagal Sunting Foto Profil Instagram

1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Pertama, koneksi internet yang terhubung ke smartphone kamu tidak stabil. Hal ini membuat beberapa aktivitas di Instagram gagal dimuat, termasuk saat mengganti foto profil.

2. File Cache Menumpuk

Kedua, file cache baik di aplikasi maupun RAM smartphone menumpuk. Tidak bisa dipungkiri bahwa faktor ini berdampak negatif terhadap penggunaan aplikasi smartphone, salah satunya Instagram.

3. Aplikasi Instagram Belum di Update

Ketiga, ketika aplikasi Instagram di smartphone kamu belum diperbarui, itu juga dapat menyebabkan bug atau masalah. Beberapa bug itu sendiri antara lain tidak bisa mengganti foto profil menjadi tidak bisa MENGGUNAKAN FITUR MUSIK INSTAGRAM yang saat ini cukup populer.

4. Instagram Sedang Gangguan

Terakhir, gagal ganti foto profil di IG juga bisa terjadi saat server dari Instagram mengalami masalah. Biasanya gangguan server juga menyebabkan aplikasi gagal memuat Lokasi dan bahkan tidak bisa dibuka sama sekali.

Cara Mengatasi Gagal Ganti Foto Profil IG

1. Ganti Koneksi Pakai Wi-Fi / Jaringan 4G Lte

Gunakan koneksi Wi-Fi atau jaringan 4G LTE agar proses ganti foto profil IG bisa dilakukan.

Trik ini berguna bagi kamu yang mengalami masalah diatas karena koneksi yang digunakan tidak stabil akibat sinyal jelek dan lain sebagainya.

2. Bersihkan Cache (Smartphone & Instagram)

Selain itu, kamu juga bisa membersihkan file Cache atau Trash melalui menu Setting di smartphone kamu. Atau untuk lebih jelasnya silahkan simak tutorial dibawah ini :

  1. Buka menu Pengaturan
  2. Gulir ke bawah dan pilih Pengaturan Aplikasi (Aplikasi)
  3. Setelah itu klik Kelola Aplikasi
  4. Kemudian cari aplikasi Instagram
  5. Terakhir, klik Clear Data -> Clear Cache
✅ BACA JUGA:   MUDAH BANGET! Begini Cara Mengembalikan Chat IG Yang Terhapus

3. Perbarui Aplikasi Instagram

Kemudian untuk mengatasi tidak bisa mengganti foto profil, kamu juga bisa mengupdate aplikasi instagram. Silahkan buka Google Play Store atau App Store lalu cari aplikasi Instagram. Ketika versi pembaruan tersedia, biasanya ada instruksi khusus untuk memperbarui. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi semua bug di aplikasi Instagram, termasuk ketika gagal mengubah foto profil.

4. Menunggu Hingga Gangguan Berakhir

Sedangkan cara terakhir adalah dengan menunggu hingga proses maintenance atau perbaikan server berakhir. Tips ini berguna jika masalah di atas terjadi karena gangguan server di aplikasi Instagram.