Cara menggunakan kuota lokal telkomsel

Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel di Semua Daerah

Swakarta.com – Saat kita cek kuota internet, pasti kita menemukan kuota lokal Telkomsel. Secara umum, Kamu bisa menggunakan kuota lokal untuk berselancar di internet, mengakses media sosial, dan bermain game. Tapi nyatanya, kita tidaktahu cara menggunakan kuota lokal telkomsel dimanapun kita mau seperti kuota biasa.

Inilah akar permasalahan kenapa kuota lokal tidak bisa digunakan, bahkan tidak berkurang saat kamu berlibur ke luar kota. Seperti yang kita ketahui, Telkomsel memiliki kuota yang beragam yang bisa dikatakan bervariasi. Setiap kuota memiliki fungsi syarat dan ketentuan yang berbeda.

Salah satunya adalah kuota lokal Telkomsel yang notabene termasuk dalam kuota distribusi berdasarkan wilayah. Di sisi lain, sebagai pelanggan tentunya tetap ingin menggunakan kuota lokal Telkomsel di wilayah lain. Karena ada kalanya kita ingin jalan-jalan ke luar kota untuk kepentingan kantor, kuliah, atau sekedar liburan.

Telkomsel memang menjadi pionir paket internet murah yang menerapkan sistem pembagian kuota. Baik itu kuota lokal dan kuota nasional Telkomsel, kuota siang malam, dan lain sebagainya. Namun sayangnya masih banyak pelanggan yang belum memahami aturan pembagian kuota. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara menggunakan kuota lokal Telkomsel di wilayah lain melalui beberapa cara.

Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel

Kuota internet lokal sudah lama diperkenalkan oleh Telkomsel untuk memudahkan pengguna yang berdomisili di salah satu kota di Indonesia. Karena Telkomsel membebankan biaya paket internet lokal ini jauh lebih murah, kuota lokal ini pun biasanya dibundling dengan pembelian kuota flash utama bulanan atau dengan kata lain digunakan sebagai bonus.

mengubah kuota lokal menjadi kuota flash

Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel di Semua Wilayah

Berdasarkan lokasinya, data flash Telkomsel dibedakan menjadi dua, yaitu kuota lokal dan nasional Telkomsel. Kuota nasional adalah kuota flash yang dapat digunakan di seluruh wilayah di Indonesia. Sedangkan kuota lokal Telkomsel adalah jenis kuota yang hanya dapat digunakan di wilayah tertentu.

Area penggunaan dikelompokkan berdasarkan zona kuota lokal Telkomsel (biasanya per kota). Dalam pembelian bundling paket internet tertentu (khususnya paket kombo) pelanggan akan mendapatkan berbagai macam data. Mulai dari multimedia, gaming, chatting, dan tentunya kuota internet murni.

✅ BACA JUGA:   Paket Internet Smartfren : Harian, Mingguan, dan Bulanan

Kami akan fokus pada data lokal dan reguler, yang sebenarnya adalah tipe data standar. Jadi apa itu kuota lokal? Bagaimana cara menggunakan kuota lokal Telkomsel sampai habis? Pada artikel singkat ini, kita akan membahas langkah-langkah cara menggunakan kuota lokal Telkomsel di wilayah lain di seluruh Indonesia.

Disini juga akan mengajarkan cara cek lokasi kuota lokal Telkomsel dengan mudah tanpa harus menghubungi call center. Namun, sebelum masuk ke inti pembahasan, terlebih dahulu kita harus memahami konsep penggunaan data lokal.

Apa itu Kuota Lokal Telkomsel?

Data lokal dapat dikatakan sebagai data internet yang hanya dapat digunakan di wilayah tertentu. Area-area tersebut telah diatur dan dikelompokkan berdasarkan zona kuota lokal Telkomsel. Tapi biasanya kuota lokal Telkomsel hanya bisa digunakan di kabupaten atau kota tempat kita membeli paket.

Singkatnya, kuota lokal adalah kebalikan dari kuota nasional yang bersifat reguler dan dapat digunakan di mana saja. Secara umum data lokal Telkomsel (kuota lokal) memang memberikan volume yang besar, namun kita harus siap dengan syarat dan ketentuannya.

Artinya, pelanggan tidak dapat menggunakan kuota lokal Telkomsel di luar zona atau area area pendaftaran paket internet. Misalnya, jika kamu mendaftar paket di kota solo, di situlah kuota lokal dapat digunakan. Jika kamu sedang berlibur ke luar kota, kuota lokal tidak dapat digunakan dan akan memakan flash/data biasa.

Misalnya, jika kamu membeli paket internet dengan kuota lokal di Jakarta, maka kami hanya dapat menggunakan kuota lokal di Jakarta. Jika ke Bandung, Aceh, dan Medan kuota tidak akan terpakai. Sedangkan kuota reguler atau kuota nasional akan digunakan jika keluar dari zona kuota lokal Telkomsel.

Lalu adakah cara untuk mengakali pembagian kuota Telkomsel? tentu saja ada. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara menggunakan kuota lokal Telkomsel di wilayah lain. Oleh karena itu, kami akan membedah studi kasus ini pada data lokal Telkomsel.

Cara Cek Lokasi Kuota Lokal Telkomsel

Data lokal Telkomsel yang tidak terpakai, bahkan tidak berkurang, kerap dialami oleh para traveller yang suka bepergian ke luar kota. Banyak dari pelanggan tersebut yang tidak menyadari bahwa kuota lokal Telkomsel hanya dapat digunakan di wilayah asal pendaftaran.

✅ BACA JUGA:   Cara Cek Kuota Tri Dengan Mudah Dan Lengkap

Tentu sudah bisa dibayangkan betapa kesalnya kamu saat sedang berpergian ketika menyadari kuota internet yang bisa digunakan sudah habis sedangkan kuota lokal tidak berkurang sama sekali. Pada dasarnya ada beberapa trik dan cara penggunaan kuota lokal Telkomsel di wilayah lain.

Tidak hanya satu daerah tertentu saja, namun trik ini bisa kita gunakan di seluruh wilayah Indonesia. Pertama, kamu harus mengetahui lokasi awal aktivasi paket sebelum memulai trik menggunakan kuota lokal Telkomsel di wilayah lain. Ini sangat penting karena tanpa rencana kota yang tepat, triknya tidak akan berhasil.

Cara cek lokasi kuota instant messenger Facebook Telkomsel :

  • Buka Facebook.
  • Cari halaman akun resmi Telkomsel.
  • Hubungi admin melalui chat messenger.
  • Kemudian kita akan langsung terhubung dengan bantuan bot bernama veronica.
  • Silakan minta untuk mengecek kuota lokal atau info aktivasi paket Telkomsel.
  • Kami akan ditanya tentang informasi umum (nomor ponsel, jenis ponsel, tanggal pembelian paket).
  • Setelah mengisi pertanyaan, tunggu beberapa saat.
  • Kemudian Veronica akan mengirimkan informasi lokasi kuota lokal Telkomsel kamu.

Nah, kita sudah berhasil mengecek lokasi kuota lokal Telkomsel dan mengetahui dimana lokasi pendaftaran paket internet. Jadi tinggal melanjutkan ke tahap kedua, yaitu mengubah kuota lokal menjadi reguler atau mengubah rencana lokasi dengan GPS palsu. Untuk tutorial selengkapnya, silahkan lihat panduan berikutnya.

Fake GPS Kuota Lokal Telkomsel

Aplikasi pengganti lokasi GPS sebenarnya sudah ada sejak lama dan memiliki segudang fungsi. Kita bisa menggunakan aplikasi pengganti GPS untuk menggunakan kuota lokal Telkomsel di wilayah lain. Banyak sekali aplikasi fake GPS yang bisa kita download melalui playstore. Pilih saja aplikasi yang akan kamu gunakan.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengakali dan mengubah lokasi ponsel seolah-olah berada di zona kuota lokal Telkomsel. Tidak banyak yang mengetahui trik ini karena dianggap berbahaya dan harus melakukan root pada perangkat. Namun pada dasarnya hal ini tidak benar, kita tetap bisa menggunakan aplikasi pengganti lokasi GPS tanpa root sekalipun.

Setting fake GPS kuota lokal Telkomsel :

  • Instal aplikasi dari playstore.
  • Izinkan ponsel mengakses lokasi palsu atau lokasi tiruan.
  • Buka spoiler lokasi.
  • Selanjutnya kita arahkan dan atur lokasi dimana zona kuota lokal Telkomsel berada.
  • Ketuk dua kali penunjuk GPS dan ketuk tombol putar di kanan bawah.
  • Lalu pulanglah dan lihat hasilnya.
✅ BACA JUGA:   Cara Cek Nomor Tri Dengan Mudah Dan Praktis

Itulah cara mengakali zona kuota lokal menggunakan aplikasi pengganti lokasi GPS. Jika masih ragu, apakah ada cara untuk menggunakan kuota lokal lain? tentu saja ada. Kita bisa menggunakan aplikasi pengganti proxy dan server.

Berdasarkan laporan dari beberapa rekan, ternyata tidak semua aplikasi bisa mengubah lokasi kuota lokal Telkomsel kita. Meski sudah mengikuti petunjuk dan bahkan sudah root ponsel, ternyata sistem dari operator masih membaca angka yang berada di luar zona. Oleh karena itu, saya telah menyiapkan alternatif lain.

Cara Mendapatkan Kuota Lokal Telkomsel

Data lokal merupakan pilihan yang dapat memberikan dampak positif dan negatif pada pelanggan secara bersamaan. Mengapa demikian? karena selain volumenya yang besar, kamu bisa membelinya dengan harga murah. Keunggulan ini otomatis menjadi daya tarik tersendiri di mata konsumen ketimbang harus mengaktifkan paket internet kuota reguler yang notabene lebih mahal.

Tapi kamu juga tidak bisa melupakan kekurangannya yang tidak bisa digunakan di area lain. Tentu hal ini sangat merugikan apalagi jika kamu suka berwisata ke kota lain karena suatu alasan. Terlepas dari baik atau buruknya data lokal di atas, apakah kamu ingin membelinya?

Jika ya, maka pelajari dulu cara menggunakan kuota lokal di semua wilayah. Karena tidak semua pengguna ponsel tahu caranya. Bahkan ada yang terkesan cuek sehingga kuota lokal tidak terpakai dan pada akhirnya hanya terbuang percuma menunggu dibakar. Jika dirasa sudah paham dengan konsepnya, silahkan simak cara daftar paket internet yang sudah termasuk kuota ini :

  • Masuk ke aplikasi Mytelkomsel. Jika kamu belum memiliki aplikasinya klik disini untuk mendownloadnya.
  • Masuk ke menu Belanja.
  • Pilih Paket.
  • Lihat deskripsi untuk volume kuota lokal.
  • Lakukan pembayaran dan tunggu sampai aktivasi selesai.

Misalnya kita traveller dan kebetulan lupa di mana zona kuota lokal Telkomsel, apa yang harus kita lakukan?, kamu tidak perlu khawatir. Karena semua pelanggan dapat mengetahui semua informasi saat mendaftar paket atau layanan dengan menghubungi layanan pelanggan.