Peluang Usaha

Cara Memulai Bisnis Usaha Cuci Motor, Modal Tidak Sampai 5 Juta

Memiliki bisnis memang menjadi impian bagi sebagian orang, terlebih dimasa pandemi saat ini. Selain dapat memperoleh penghasilan, memiliki usaha sendiri memiliki kelebihan lain seperti bebas mengelola manajemen sesuai kemampuan pribadi dan kebutuhan pelanggan.

Salah satu peluang usaha yang bisa menjadi pilihan adalah jasa cuci motor. Meski sudah menjadi hal yang lumrah, namun masih banyak calon pelaku usaha yang kebingungan tentang modal usaha cuci motor. Oleh karena itu, simak pembahasan berikut ini.

Berapa Modal Untuk Membuka Usaha Cuci Motor?

Sebelum membuka usaha, hal terpenting yang harus dimiliki setiap pelaku usaha adalah permodalan. Lalu, berapa modal usaha cuci motor? Ternyata membuka usaha cuci motor bisa dimulai dengan modal Rp 5 juta. Perlu dicatat bahwa modal ini terkait dengan ukuran bisnis. Rp 5 juta adalah modal terkecil untuk membuka jasa cuci motor dan tentunya skala usahanya kecil.

Ada beberapa perlengkapan dasar yang Anda butuhkan untuk membuka usaha cuci sepeda motor. Berikut daftar perlengkapan cuci motor dari yang paling mahal sampai yang terkecil.

  • Kompresor (bensin), peralatan ini bisa didapatkan dengan harga antara Rp. 1.600.000 sampai dengan Rp. 1.800.000
  • Drum (sebagai tempat penyimpanan air), untuk drum 60 liter saja harganya Rp 150.000
  • Nozzle dan Hose, harga alat ini berkisar antara Rp 200.000 sampai dengan 300.000
  • Kain chamois, ember, sikat, sikat, alat cuci dasar untuk motor ini harganya Rp 250.000 dan jika ingin memiliki dua set dikalikan dua menjadi Rp 500.000
  • Shampo motor 5 liter, alat ini harganya Rp 50.000, tapi perlu diingat bahwa alat ini bisa habis dan harus beli lagi jika habis.
  • Spanduk dan Spanduk, untuk menarik konsumen agar memilih tempat cuci motor yang bagus, Spanduk dan Spanduk yang penting harganya bisa mencapai Rp. 300.000.
✅ BACA JUGA:   3 Cara Termudah Menemukan Ide-Ide Bisnis Baru

Dari beberapa daftar di atas, jika dijumlahkan dengan harga tertinggi akan menghasilkan sejumlah Rp. 3.100,00. Mengapa total modal usaha cuci motor untuk perlengkapan pokok tidak mencapai Rp 5 juta? Karena ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

Kebutuhan lain yang perlu dipenuhi adalah listrik, isi ulang bensin, shampo dan sewa tempat. Harga sewanya sendiri bisa mencapai Rp 600.000 per bulan. Meski begitu, tempat yang berbeda mungkin memiliki harga yang berbeda pula. Yang terpenting, pilihlah tempat yang sering dilewati calon konsumen sepeda motor.

Tips Memulai Bisnis Cuci Motor

Setelah mengetahui modal yang harus dikeluarkan untuk membuka usaha cuci sepeda motor. Ada beberapa hal dasar yang perlu diketahui sebelum memulai bisnis ini. Beberapa poin di bawah ini sangat penting untuk kelangsungan bisnis. Jangan biarkan energi dan waktu Anda terbuang percuma. Karena itu, perhatikan poin-poin berikut ini.

✅ BACA JUGA:   6 Tips Jitu Menjadi Selebgram Endorse Yang Laris Manis

1. Belajar Mencuci Sepeda Motor Dengan Benar

Tentunya keahlian mencuci sepeda motor menjadi hal terpenting dalam sebuah bisnis cuci sepeda motor. Mencuci sepeda motor jangan dilakukan sembarangan. Meski terlihat mudah, namun keterampilan mencuci motor tidak bisa dianggap remeh.

Melihat banyaknya jenis sepeda motor yang beredar maka setiap detail dari sepeda motor tersebut harus diperhatikan. Jangan sampai bagian tertentu tercuci yang justru bikin motor malfungsi. Selain itu kemampuan mencuci motor juga akan membuat pelanggan betah dan tidak sungkan untuk datang lagi karena puas dengan hasil yang didapat.

2. Tempat Usaha Strategis

Seperti disebutkan sebelumnya, tempat bisnis itu penting. Jika memungkinkan, carilah tempat yang ramai dengan sepeda motor. Bahkan lebih baik lagi, carilah tempat yang ramai dengan sepeda motor dan memiliki calon pelanggan yang memang sibuk, malas, atau terlalu capek untuk mencuci sendiri motornya. Tentunya hal seperti ini akan semakin memperbanyak customer yang mampir.

✅ BACA JUGA:   Cara Mencek Sisa Saldo Di Rekening Bank BTN

3. Selalu Memberikan Pelayanan Yang Memuaskan

Hal mendasar dari sebuah usaha yang bergerak di bidang jasa adalah jasa. Apabila jasa yang diberikan mendapat kepuasan yang besar dari pelanggan, tentunya akan sangat baik untuk kelangsungan bisnis. Ramah, pelayanan cepat, senyum, sapa adalah contoh yang baik dalam menjalankan bisnis jasa. Untuk jasa cuci motor pastikan motor pelanggan benar-benar bersih dan siap pakai.