Cara Upload Foto di Instagram Agar Tidak Pecah

Bagaimana Cara Upload Foto di Instagram Agar Tidak Pecah

Swakarta NewsInstagram menjadi salah satu platform media sosial yang sangat terkenal di seluruh dunia. Tidak hanya untuk mengunggah gambar atau video pribadi, banyak perusahaan juga menggunakan platform ini untuk mengunggah informasi.

Ada beberapa cara upload foto di Instagram agar tidak pecah sehingga unggahan tetap punya kualitas tinggi.

Kenapa Gambar di IG Pecah?

Setiap orang pasti pernah mengalami ketika mengunggah foto di Instagram lalu kualitasnya menjadi lebih rendah. Ketika ini terjadi pada hampir setiap unggahan, sebenarnya ada alasan spesifik di dalamnya. Alasannya ialah Instagram meng-compress sebuah foto yang melebihi batas dimensi tertentu.

Instagram memperbolehkan setiap penggunanya mengunggah foto tanpa terbatas pada ukuran foto. Meski begitu, masih tetap ada batasan tersendiri bagi ukuran foto ketika terunggah. Setiap foto yang melebihi batas tersebut akan membuat Instagram secara otomatis menyesuaikannya.

Setiap kali penyesuaian otomatis dilakukan, maka hasil unggahan yang Instagram sesuaikan selalu pecah. Tidak peduli seberapa bagus fotomu, ketika tidak dilakukan pengaturan kualitas unggahan Instagram di Android, maka akan tetap pecah.

✅ BACA JUGA:   5 Cara Jitu Hilangkan Komentar di Live Instagram

Memahami Peraturan Instagram

Jika kamu bisa memahami peraturan unggahan di Instagram, maka kamu bisa menghindari foto pecah. Kontrol kualitas foto terlebih dahulu dan sesuaikan dengan peraturan Instagram untuk menghindari auto resized.

Beberapa peraturan yang harus kamu pegang, yaitu pertama menggunakan Instagram versi terbaru. Selanjutnya, unggah foto di rasio 1.91:1 atau 4:5, penggunaan 1:1 saat ini sudah sangat jarang. Terakhir, kualitas foto harus berada di kisaran minimal 320 px sampai maksimal 1080 px saja.

Setiap foto yang punya resolusi lebih dari 1080px secara otomatis akan di-compress, sehingga kamu kehilangan detail. Di sisi lain, foto yang kurang dari 320 pixels akan dilebarkan untuk mencapai resolusi tersebut sehingga ngeblur.

Cara Menghindari Foto Pecah di Instagram

Setelah mengetahui alasannya, ada beberapa cara untuk menghindari foto pecah di Instagram. Setiap orang punya beberapa caranya sendiri tetapi kamu bisa melakukan beberapa hal ini:

✅ BACA JUGA:   8 Cara agar Status Facebook Kita Selalu Muncul di Beranda Teman

1. Mengatur Ulang Resolusi

Cara terbaik untuk mengatur ulang resolusi adalah menggunakan bantuan software yang tersedia di Android atau iOS. Kamu bisa menggunakan Adobe Photoshop Express dengan meng-install-nya terlebih dahulu di perangkatmu.

Setelah ter-install, buka aplikasi tersebut kemudian pilih mana foto yang nanti akan kamu unggah. Potong gambar sesuai rasio yang kamu ingin jika memang terasa kurang pas lalu pilih “Berikutnya” dan klik “Ukuran”.

Atur ukuran custom, yakni dengan besaran 1080 untuk W dan abaikan saja untuk H-nya lalu simpan.

2. Atur Color Profile

Sebuah unggahan foto di Instagram seringkali tidak memiliki warna yang sama dengan worksheet di Photoshop. Ini terjadi karena pemilihan color profile yang tidak sesuai untuk unggahan media sosial atau internet.

Untuk Instagram, sebaiknya pilih Color Profile: sRGB karena memang menampilkan warna sesuai porsinya.

Seorang fotografer profesional biasanya yang melakukan pengaturan sejauh ini karena warna punya peran besar bagi foto mereka.

Mengubah color profile bisa menggunakan software Photoshop dengan cara masuk ke Photoshop lalu buka fotomu. Setelah itu, pilih “Edit” lalu “Convert to Profile dan di Destination Space pilih opsi sRGB dan pilih “OK”.

✅ BACA JUGA:   Harga Pemasangan Wifi Indihome Terbaru

Cara Upload Foto di Instagram Agar Tidak Terpotong

Selain foto yang pecah, permasalahan yang kerap kali terjadi yaitu foto yang harus terpotong, sehingga tampak tidak presisi. Instagram memiliki aturan tersendiri berkaitan dengan rasio pada setiap konten yang diunggah.

Misalnya saja untuk fitur Instagram Story dengan rasio 9:16.

Cara terbaik untuk menghindari potongan ini tentu saja dengan melakukan pengaturan sebelum unggah. Kamu bisa memakai berbagai aplikasi edit foto untuk mengatur rasio foto yang nantinya akan kamu unggah.

Seorang profesional sendiri biasanya akan melakukan pengaturan pada kamera miliknya agar hasil foto sesuai rasio.

Untuk foto yang akan kamu unggah di feeds, ada tiga rasio berbeda yaitu square (1:1), Portrait (4:5), dan Landscape (1.91:1).

Setelah memahami cara upload foto di Instagram agar tidak pecah di atas, kamu saat ini bisa menghindari auto-resized yang menyebabkannya. Sekarang, katakan selamat tinggal pada foto blur dan pecah di setiap unggahanmu!

Lihat Juga: