Panduan Ukuran Postingan Instagram untuk Konten Ideal

Banyak orang yang hidup demi menghasilkan foto atau video terbaik untuk diunggah di akun Instagram. Mengunggah konten bisa melalui berbagai fitur seperti stories, feeds, atau  IGTV.

Ada beberapa ukuran post Instagram di masing-masing fitur yang bisa membuat postinganmu terlihat ideal. Tertarik? Simak penjelasannya berikut.

Pentingnya Memahami  Ukuran Post Instagram

Banyak orang meremehkan ukuran foto untuk sebuah postingan di Instagram karena semua ukuran pasti bisa terunggah. Jika kamu juga melakukannya, maka segera berhenti karena hal itu pada dasarnya salah.

Ketika mengunggah konten, adanya batas ukuran pada Instagram membuat kualitas unggahan seringkali menurun.

Secara otomatis, Instagram akan menyesuaikan ukuran konten yang melebihi batas ukuran tertentu, sehingga hasil penyesuaian ini yang seringkali tidak sesuai keinginan.

Rasio yang Ada di Instagram

Berbeda dengan media sosial lainnya, Instagram memiliki ukuran berbeda pada setiap fiturnya. Pada post untuk feeds misalnya, ada ukuran 1:1, 4:5 untuk versi konten portrait sedangkan untuk landscape berukuran 1.91:1. Tentu saja ukuran ini membuat kamu harus pandai menyesuaikan konten.

✅ BACA JUGA:   Hp Terbaik Keluaran Terbaru di Tahun 2021

Di sisi lain, untuk konten Instagram TV sendiri, ada ukuran yang sama dengan ukuran pada Instagram Stories yaitu 9:16. Konten ini cocok untuk postingan yang cenderung lebih panjang, bisa diletakkan secara potrait maupun landscape.

panduan ukuran foto dan video instagram
sumber: CenterKlik.com

Tipe Postingan Instagram dan Ukurannya

Pertanyaan tentang berapa ukuran post Instagram dalam setiap fitur tidak cukup hanya dijawab dari segi rasio. Selain ada dari rasio, ternyata dari segi resolusi untuk Instagram post juga berbeda. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Postingan Persegi

Jenis postingan paling umum yang sudah ada sejak lama di Instagram adalah postingan berbentuk square dengan rasio 1:1. Ukuran square Instagram dalam cm sendiri adalah 38.1 x 38.1 cm atau dari segi pixel sebesar 1080 x 1080 px.

2. Feeds Portrait

Untuk di bagian feeds, kamu juga bisa mengunggah konten berbentuk portrait dengan rasio 4:5. Ukuran Instagram post portrait ini memiliki resolusi 1080 x 1350 px. Resolusi tersebut berlaku untuk semua konten baik video atau foto selama diunggah di feeds serta berbentuk portrait.

✅ BACA JUGA:   Aplikasi Pencatat Menstruasi Pada Wanita

3. Feeds Landscape

Selanjutnya ada postingan di bagian feeds menggunakan mode landscape dengan aspek rasio 1.91:1. Resolusi yang diperlukan dalam unggahan landscape pada feeds sendiri yaitu 1080×608 px baik pada video atau foto.

4. Instagram Stories

Instagram punya fitur Stories yang berfungsi untuk membagikan konten kegiatan sehari-hari. Ukuran Instagram story sendiri memiliki rasio 9:16 dan ukuran piksel yang ada yaitu 1080 x 1920 px, lebih besar dari feeds. Di fitur ini, Instagram akan secara otomatis menampilkan konten dengan ukuran tersebut.

5. Instagram Reels

Fitur baru di Instagram, yaitu Instagram reels yang sering dianggap sebagai fitur saingan untuk aplikasi TikTok. Ukuran postingan di Instagram Reels sendiri sama dengan Instagram stories, hanya berbeda dari segi lama waktu saja. Posting Instagram Reels berada di ukuran 1080 x 1920 px.

6. Ukuran IGTV

Ada fitur IGTV di Instagram yang memuat konten khusus video dengan durasi lebih panjang dan ukuran berbeda. Ada dua jenis ukuran video IGTV, yaitu dengan posisi konten portrait serta landscape. Ukuran video yaitu 1920×1080 px untuk landscape serta 1080 x 1920 px pada postingan portrait.

✅ BACA JUGA:   Samsung Berencana Kenalkan 4 Smartphone yang Bisa Dilipat pada 2021

7. Foto Cover IGT

Saat hendak membuka konten IGTV, tentu saja hal pertama yang bisa menarik penonton adalah bagian foto cover. IGTV sendiri punya ukuran foto cover IGTV cukup unik dengan rasio 1:1.55 serta ukuran 420×654 px.

8. Foto Profil

Seringkali terlupakan, ternyata ada ukuran khusus untuk unggahan terkait foto profil di Instagram. Saat ini, Instagram menggunakan rasio 1:1 dengan ukuran paling optimal berada di resolusi 110 x 110 px.

Pengguna bisa memakai foto dengan ukuran resolusi lebih tinggi, tetapi akan disesuaikan otomatis oleh Instagram.

Memahami ukuran post Instagram berarti memaksimalkan kualitas konten sehingga mendapat kualitas terbaik. Penyesuaian konten sebelum mengunggah berarti memilih sendiri resolusi sesuai dengan opsi tersedia. Perbedaan ukuran juga ikut mempengaruhi isi konten dari segi angle dan sebagainya.