Saus Steak Enak dan Lezat ala Indonesia
Saus Steak Enak dan Lezat ala Indonesia

Saus Steak Enak dan Lezat ala Indonesia

Kamu pasti tidak asing dengan saus steak yang sudah menjadi menu wajib di restoran-restoran. Namun, tahukah kamu bahwa Indonesia juga memiliki saus steak yang tidak kalah enak dan lezat dari saus steak luar negeri? Yuk, kita simak lebih lanjut!

Asal Usul Saus Steak

Saus steak pertama kali ditemukan di Inggris pada abad ke-19. Namun, seiring perkembangan zaman, saus steak telah diadaptasi dan dimodifikasi oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Di Indonesia, saus steak sering disajikan dengan bumbu-bumbu lokal yang membuatnya semakin istimewa.

✅ BACA JUGA:   Kamu Butuh Sabun Cuci Tangan Bagus Terbaik Indonesia? Ini Dia Rekomendasinya!

Bahan-bahan Saus Steak ala Indonesia

Untuk membuat saus steak ala Indonesia, kamu membutuhkan bahan-bahan seperti bawang putih, bawang bombay, saus tomat, saus inggris, kaldu sapi, air, tepung maizena, garam, dan lada. Kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lain sesuai dengan selera, seperti cuka, madu, atau cabai.

Cara Membuat Saus Steak ala Indonesia

Berikut adalah cara membuat saus steak ala Indonesia:

  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  2. Masukkan saus tomat dan saus inggris, aduk rata.
  3. Tambahkan kaldu sapi dan air, aduk rata.
  4. Tambahkan garam dan lada, aduk rata.
  5. Tambahkan tepung maizena yang telah dilarutkan dalam air, aduk hingga saus mengental.
  6. Saus steak ala Indonesia siap disajikan.

Cara Menikmati Saus Steak ala Indonesia

Saus steak ala Indonesia biasanya disajikan bersama dengan steak sapi yang telah dipanggang atau digoreng. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai saus pelengkap untuk hidangan lain, seperti kentang goreng atau sayuran panggang.

✅ BACA JUGA:   Krim Perontok Penghilang Bulu Bagus Terbaik Indonesia

Variasi Saus Steak ala Indonesia

Tak hanya itu, kamu juga bisa bereksperimen dengan variasi saus steak ala Indonesia. Misalnya, kamu bisa menambahkan kecap manis atau cuka untuk memberikan rasa yang lebih khas. Atau kamu juga bisa mencampurkan saus sambal untuk memberikan sedikit kepedasan pada saus steak.

Keunggulan Saus Steak ala Indonesia

Saus steak ala Indonesia memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh saus steak luar negeri. Dengan bumbu-bumbu lokal yang kaya akan rempah-rempah, saus steak ala Indonesia memiliki rasa yang lebih kompleks dan memikat. Selain itu, saus steak ala Indonesia juga lebih ramah di kantong dibandingkan saus steak luar negeri.

Rekomendasi Restoran Saus Steak ala Indonesia

Jika kamu ingin mencoba saus steak ala Indonesia yang autentik, kamu bisa mencoba beberapa restoran berikut:

  • Steak 21
  • Steak Hotel by Holycow!
  • Steak Khas Senayan
  • Steak 2000
  • Black Canyon Coffee
✅ BACA JUGA:   Freezer Terbaik Bagus Indonesia

Kesimpulan

Saus steak ala Indonesia adalah salah satu saus steak yang enak dan lezat yang tak kalah dengan saus steak luar negeri. Dengan bumbu-bumbu lokal yang kaya akan rempah-rempah, saus steak ala Indonesia memiliki rasa yang kompleks dan memikat. Kamu bisa membuat saus steak ala Indonesia sendiri di rumah atau mencobanya di restoran-restoran yang menyajikan saus steak ala Indonesia.

FAQ

1. Apakah saus steak ala Indonesia pedas?

Tidak selalu. Namun, jika kamu ingin memberikan sedikit kepedasan pada saus steak ala Indonesia, kamu bisa menambahkan saus sambal atau cabai sesuai dengan selera.

2. Apakah saus steak ala Indonesia bisa disimpan untuk beberapa hari?

Ya, saus steak ala Indonesia bisa disimpan di dalam kulkas selama beberapa hari. Pastikan untuk menyimpannya dalam wadah yang tertutup rapat agar tidak cepat basi.

3. Apa saja bahan-bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat saus steak ala Indonesia?

Bahan-bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat saus steak ala Indonesia antara lain bawang putih, bawang bombay, saus tomat, saus inggris, kaldu sapi, air, tepung maizena, garam, dan lada.

4. Apakah saus steak ala Indonesia lebih murah dibandingkan saus steak luar negeri?

Ya, saus steak ala Indonesia lebih murah dibandingkan saus steak luar negeri karena menggunakan bahan-bahan yang lebih mudah didapatkan dan lebih ramah di kantong.

5. Apakah saus steak ala Indonesia hanya cocok untuk disajikan dengan steak sapi?

Tidak. Kamu juga bisa menjadikan saus steak ala Indonesia sebagai saus pelengkap untuk hidangan lain, seperti kentang goreng atau sayuran panggang.