laptop restart sendiri

Inilah 8 Penyebab Yang Membuat Laptop Restart Sendiri

Apakah kamu sedang mencari tahu penyebab laptop restart sendiri? Sebenarnya, laptop restart dengan sendirinya bukan satu-satunya masalah yang sering dialami. Seiring dengan bertambahnya usia penggunaan, dan minimnya perawatan, laptop mungkin saja mengalami berbagai masalah.

Memang benar jika laptop sangat berguna dan memberikan kemudahan untuk banyak aktivitas. Dewasa ini, orang-orang membutuhkan laptop baik untuk kebutuhan sekolah maupun pekerjaan.

Penyebab Laptop Restart Sendiri

Menggunakan laptop berarti harus siap dengan segala resikonya dan permasalahan yang mungkin muncul. Salah satunya adalah laptop yang secara tiba-tiba mati dan hidup sendiri. Atau istilah yang biasanya kita kenal adalah restart sendiri.

Panasnya Processor

Sesuatu yang berlebihan tentu saja tidak baik. Hal ini juga berlaku untuk processor. Overheat pada processor bisa menjadi salah satu penyebab laptop mati sendiri dan hidup lagi.

Faktor penyebabnya adalah masalah yang ada pada hardware. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh aplikasi atau software yang kamu gunakan. Sebenarnya, process dirancang agar bisa bekerja pada suhu sekitar 45-60 derajat celcius.

✅ BACA JUGA:   Tutorial Membobol Wifi Indihome Menggunakan Android

Akan tetapi, ini juga bergantung pada tipe processor masing-masing laptop. Kamu bisa melakukan pengecekan overheat pada processor dengan cara:

  • Melihat kondisi temperatur di menu hardware monitor di BIOS
  • Memanfaatkan program monitoring temperatur
  • Melakukan pengecekan manual

Kurangnya Daya pada Power Supply

Agar mendapatkan cara mengatasi laptop restart sendiri, maka kamu harus benar-benar tahu apa saja penyebabnya. Power supply yang kekurangan daya juga bisa menjadi penyebab lain kenapa laptop kamu restart dengan sendirinya.

Tahukan kamu? Fan yang macet atau mati pada power supply adalah penyebab mengapa masalah semacam ini terjadi. Sekarang, coba periksa bagian pendingin laptop. Jika tidak ada udara yang keluar, mungkin ini penyebab laptop mati sendiri dan hidup lagi.

Bad Sector pada Hardisk

Bad sector pada Hardisk bisa menyebabkan berbagai masalah. Selain komputer sering mati hidup sendiri, ini juga bisa menyebabkan bluescreen pada laptop. Dalam kasus lain, komputer juga tidak bisa melakukan proses booting.

✅ BACA JUGA:   Segera Rilis, Motorola Capri Dengan Kapasitas Baterai 5000 mAh

RAM Kotor atau Rusak

Mungkin sebagian dari kamu tidak sadar kalau RAM sudah kotor atau bahkan rusak. Ini juga menjadi penyebab laptop mati sendiri saat dinyalakan.

Solusinya adalah dengan mencoba mengganti RAM di laptop kamu dengan yang baru. Setelah itu, kamu bisa pastikan apakah laptop tidak lagi mengalami masalah yang sama.

Adanya Masalah Software

Pernah mengalami hal ini? Penyebab selanjutnya dari restartnya laptop secara tiba-tiba adalah masalah pada software. Jadi, apabila masalah terjadi pada laptop setelah kamu menginstall software, mungkin software tidak sesuai dengan OS atau hardware yang digunakan.

Kamu bisa mencoba uninstall program tersebut. Kemudian, cek apakah driver sesuai dengan OS pada laptop kamu. Sesekali, lakukan update driver atau firmware BIOS. Biasanya, laptop memiliki aplikasi bawaan agar kamu bisa melakukan update tersebut.

Terserang Virus

Lagi dan lagi, virus menyebabkan berbagai masalah pada laptop dan perangkat sejenis. Akan lebih baik jika kamu melakukan pencegahan agar virus tidak menyerang laptop.

✅ BACA JUGA:   Template Twibbon Hari Kusta Internasional 2022, Gratis Download

Selain memasang antivirus dan memperbaharuinya secara teratur, kamu juga harus berhati-hati saat hendak mendownload apapun dari website manapun.

Masalah pada Motherboard

Bisa saja ada debu yang menempel pada motherboard. Tampak sepele namun bisa mengganggu kinerja laptop kamu.

Bagaimanapun juga, kamu menggunakan laptop untuk berbagai kegiatan dan pekerjaan. Oleh karena itu, pastikan bahwa motherboard tidak memiliki masalah apapun bahkan tumpukan debu.

Rusaknya Tombol Switch On Off

Seiring dengan bertambahnya usia pemakaian laptop, berbagai masalah muncul. Salah satunya adalah tombol switch on off yang rusak. Tentu saja, kamu akan merasa tidak nyaman jika laptop restart secara tiba-tiba. Terlebih lagi jika hal ini sering terjadi.

Jadi, saat mencari tahu berbagai kemungkinan dan penyebab laptop mati sendiri padahal baterai masih banyak, kamu bisa mengecek tombol on off laptop.

Penyebab laptop restart sendiri mungkin tidak terbatas pada hal-hal di atas. Jika kamu ragu dan takut menimbulkan masalah baru pada laptop, cara terbaik agar laptop kembali normal adalah dengan menghubungi teknisi yang bisa kamu percaya.