Layar laptop bergaris

Layar Laptop Bergaris? Ini Cara Memperbaikinya

Swakarta News – Sebagai sebuah alat elektronik, laptop berpotensi mengalami layar laptop bergaris. Kendala ini merupakan salah satu dari banyaknya permasalahan jika seseorang menggunakan laptop dengan pemakaian yang tidak benar dan cenderung merusaki.

Kini laptop menjadi salah satu tujuan banyak orang. Selain sangat memudahkan, memiliki laptop sangat menunjang produktivitas kamu jika digunakan dengan semestinya. Tetapi, masih adanya yang tidak merawat laptop menyebabkan beberapa kerusakan pada laptop itu.

Ketika menggunakan laptop, yang paling sering ditangkat oleh mata kita adalah layarnya. Semakin bagus layarnya, maka mata yang memandang juga semakin nyaman. Di lain sisi, ternyata layar banyak menyebabkan kerugian bagi para pemiliknya.

Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris dan Tidak Rusak Lagi

Layar memiliki sistem elektronik yang bisa dibilang paling banyak. Jadi ketika digunakan dengan sembarangan, layar berpotensi memiliki banyak masalah, contoh yang paling sering ditemui adalah adanya garis yang melintang sepanjang laptop kamu.

✅ BACA JUGA:   Aplikasi Menggambar Terbaik Untuk Android 2022

Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Tetapi jika kebiasaan kamu itu sudah menyebabkan kerusakan pada layar laptop kamu, jangan khawatir. Karena kami ada solusi untuk mengatasi layar yang rusak tersebut agar dapat digunakan kembali, contohnya adalah:

1. Pixel Repairer

Cara termudah yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menggunakan pixel repairer. Cara ini sangat sering digunakan dan hasilnya banyak yang memberikan kesan positif. Untuk melakukannya, cara-caranya adalah sebagai berikut.

  • Download program Pixel Repairer
  • Setelah selesai, jalankan program tersebut
  • Pada menu utama, pilih pilihan repair yang memiliki arti memperbaiki
  • Klik Add untuk menambah ruang perbaikan
  • Drag dan letakkan pada layar laptop bergaris tersebut
  • Jika ukurannya besar, kamu bisa mengatur ukurannya
  • Biarkan saja hingga waktu yang kamu inginkan, biasanya bisa hingga 1 jam
  • Lihat hasilnya

2. Update Driver Graphic Card

Jika cara pertama masih belum memberikan hasil, maka kamu harus mencoba lagi cara yang kedua ini. Dengan mengganti driver Graphic Card atau VGA, kami memberikan jaminan laptop kamu tidak ada garis dan masalah lain lagi.

✅ BACA JUGA:   Cara Mendafatrkan Kartu Perdana Atau Kartu Paket All Operator

Mengganti VGA sama dengan mengganti sebagian kecil komponen layar kamu. Seperti yang diketahui bahwa VGA adalah yang mengeluarkan gambar untuk dapat dilihat. Tapi sayangnya, mengganti VGA membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

3. Ganti Kabel Ribbon Laptop

Kabel ribbon merupakan sebuah kumpulan kabel yang elastis, sama seperti karet. Itu terletak di bagian layar dan membutuhkan perawatan untuk dapat digunakan lama. Layar laptop bergaris mungkin saja disebabkan karena kabel ribbon ini kendor

Jika tidak kendor dan upaya masih bergaris, maka mungkin sudah saatnya untuk mengganti kabel ribbon tersebut. Atau coba hubungkan dengan layar eksternal. Jika keluar garis pada layar eksternal tersebut, berarti bukan karena kabel ribbon ini.

4. Hindari terkena Air

Berhati-hatilah menjaga barang elektronik dari air. Istilah ini mungkin sering didengar dan benar saja, kamu harus jauhi laptop dari air. Apalagi untuk layar kamu, jangan sesekali menuangkan air ke layar laptop.

Ini sangat berpotensi menyebabkan layar bergaris. Bahkan, layar bergaris merupakan akibat yang cukup ringan jika dibandingkan dengan potensi kerusakan lain kedepannya. Bahkan, bisa jadi tidak bisa mengeluarkan gambar.

✅ BACA JUGA:   Cara Mengganti Banner YouTube di Android dengan Mudah

5. Merawat Laptop dari Benturan Layar

Layar laptop bergaris bisa jadi disebabkan karena adanya benturan pada layar. Ini hal yang sangat mungkin karena bagian dalam layar adalah LCD dan jika terbentur saja, bisa merusak sebagian kecil LCD tersebut.

Apalagi ketika kamu menekan layarnya yang mungkin karena ada serangga atau hal lainnya. Sebaiknya dihindari karena sangat berpotensi merusak layar. Jadi, kebiasaan satu ini harus segera diperbaiki.

6. Jangan Membuka dan Menutup Layar dengan Keras

Tanpa kita sadari, kebiasaan kita yang sering membuka dan menutup layat ternyata dapat berisiko menyebabkan kerusakan layar seperti muncul bercak hitam, dan garis pada layar. Ini tentunya akan sangat menganggu visibilitas.

Maka dari itu, sudah saatnya kamu berubah dan lebih memperhatikan kesehatan laptop. Mulai dari memperhatikan layarnya agar tidak cepat rusak dan berlanjut merawat bagian laptop lainnya.

Ketika menggunakan laptop, maka fokus kita adalah kepada layarnya. Tetapi jika ada masalah pada layar laptop, ini sungguh akan menjadi sebuah gangguan karena visualnya menjadi jelek. Apalagi layar laptop bergaris yang harus ditangani agar enak dipandang.

Lihat Juga: