Laptop Hang

Laptop Kamu Hang?, Simak Cara Berikut Ini Untuk Mengatasinya

Swakarta.com – Kamu pasti pernah mengalami kondisi dimana tiba – tiba laptop hang, Hang di sini memiliki 2 arti, yang pertama layar laptop kamu masih menyala tapi windows masih berjalan akan tetapi dalam kondisi nge-hang, dan yang kedua layar laptop kamu dalam kondisi mati akan tetapi OS Windows pada laptop masih berjalan.

Ketika 2 kondisi seperti ini kamu alami, terkadang kamu menginginkan supaya laptop bisa dimatikan secara cepat. Dengan harapan setelah dimatikan dan kemudian dinyalakan kembali, laptop kamu bisa kembali berfungsi secara normal. Namun apakah kamu sudah paham bagaimana mengatasi laptop hang tersebut?.

Cara Mengatasi Laptop hang

Simak cara berikut ini ketika laptop hang, berikut ini cara-caranya:

1. Dengan menekan tombol power cukup lama

Dengan menekan tombol power yang cukup lama, kamu dapat mematikan laptop kamu ketika mengalami laptop hang, Untuk cara satu ini, kamu tidak perlu mengatur apa pun, sebab biasanya produsen laptop memberikan fungsi “emergency” di semua tipe laptopnya.

Untuk caranya juga cukup gampang kok, kamu cukup menekan lama tombol power yang ada di laptop kamu, kurang lebih 3 sampai 4 detik saja. Maka Selanjutnya, laptop kamu akan mati seketika itu juga, dan semua proses dalam laptop berhenti. Cara di sebut dengan nama “force shutdown”. Akan tetapi kamu jangan terlalu sering menggunakan cara ini, menurut channel Techquiki hal ini bisa merusak perangkat laptop kamu.

✅ BACA JUGA:   7 Harga Smartwatch Huawei Terbaru dan Terbaik 2022

2. Menggunakan sebuah tombol rahasia

Untuk kamu para pengguna Windows 8, ada sebuah rahasia yang diungkapkan oleh pihak Mirosoft untuk penggunanya ketika mengalami masalah laptop hang, yaitu dengan menggunakan tombol rahasia. Tombol ini sudah dirancang sedemikian rupa supaya dapat digunakan dalam keadaan darurat.

Cara menggunakan tombol ini yaitu arahkan kursor dengan mouse atau touchpad pada bagian pojok kanan bawah atau bisa mengarahkannya juga pada pojok kanan atas. kamu harus mengarahkannya pada tepat pada pojok kanan atas maupun di bawah sampai terlihat charm bar. Ketika charm bar muncul, kemudian kamu klik tombol Setting, setelahnya tekan tombol power, maka kamu akan menemukan tombol Sleep, Shutdown, dan ada juga Restart. maka kamu bisa mematikan laptop kamu yang hang dengan trik seperti itu.

3. Kombinasi tombol Alt + F4, dilanjutkan Enter

Untuk cara selanjutnya kamu bisa menggunakan tombol ALt+F4, cara ini berlaku ketika kondisi kamu tidak bisa mengakses software komputer kamu karena sedang mengalami hang, sehingga kamu terpaksa menekan tombol tersebut, Untuk mengatasi laptop hang.

✅ BACA JUGA:   Laptop Tipis Murah Cocok Digunakan Sehari-hari

Ketika kamu menekan tombol ALT + F4, maka akan muncul dialog box yang berisikan pilihan agar kamu dapat shutdown OS Windows. tetapi kondisi laptop kamu saat itu dalam kondisi layar yang mati, sehingga kamu tidak bisa melihat tampilan layar di laptop kamu. maka saat itu kamu tekan saja Enter, secara otomatis langsung memilih menu Shutdown dan OK.

4. Menutup layar laptop dan Menekan tombol power

Cara selanjutnya untuk mengatasi laptop yang adalah dengan menutup langsung layar laptop kamu, Untuk trik satau ini kamu perlu membuat sebuah pengaturan. kamu bisa melakukan pengaturan tersebut caranya di Control Panel > Hardware and Sound > Power Options lalu pilih “Change what the power buttons do“. setelah itu muncul jendela dan beberapa pengaturan sebagai berikut ini:

  • When i press the power button, yaitu kondisi ketika kamu menekan tombol power di laptop
  • When i press the sleep button, yaitu kondisi saat kamu menekan tombol sleep di laptop
  • When i close the lid, yaitu kondisi saat kamu menutup layar laptop kamu.
  • On battery, adalah ketika laptop hanya menggunakan baterai untuk sumber tenaga
  • Plugged in : yaitu ketika laptop kamu sedang di-charge ke sumber listrik
✅ BACA JUGA:   5 Cara Transfer Paket Data Telkomsel Dengan Mudah

Beberapa pengaturan itu bisa kamu temui di bagian tombol power, tombol sleep dan saat menutup laptop. Pada pengaturan tersebut kamu hanya perlu mengganti di bagian “When i press the power button” pada pengaturan sebagai berikut:

  • On battery : Shutdown
  • Plugged in : Shutdown
  • Tapi pada bagian “When i close the lid”  ganti juga dengan pengaturan berikut ini:
  • On battery : Shutdown
  • Plugged in : Shutdown

Mengapa harus diganti dengan “shutdown” semua? Hal tersebut dilakukan supaya nantinya ketika laptop hang, kamu langsung bisa mematikan laptop tanpa menggunakan kombinasi tombol pada keyboard. kamu bisa mematikan laptop kamu hanya dengan menutup layar laptop kamu atau menekan tombol power.

5. Menggunakan tombol Keyboard

Pada keyboard banyak tombol-tombol rahasia yang bisa kita gunakan. caranya sederhana agar kamu dapat mematikan laptop kamu, yang pertama kamu harus menekan tombol keyboard dengan sekaligus, yaitu tombol ALT + F4. Setelah ditekan secara bersama, maka muncul beberapa opsi yaitu Switch User, Shutdown, Restart, Sign out, dan Sleep. Nah untuk mematikan laptop kamu tekan pada pilihan shutdown, Perlu juga kamu ketahui  cara ini banyak digunakan sebagai cara alternatif ketika susah mematikan laptop kamu.