Lacak HP dengan IMEI

Tutorial Melacak Hp Yang Hilang Menggunakan Kode IMEI

Swakarta.com – Anda pasti pernah mengalami kehilangan HP? Pasti anda bingungkan bagaimana cara menemukan smartphone anda yang hilang, apalagi jika hp anda tersebut dalam keadaan mati. Lalu bagaimanakah cara untuk melacak HP hilang dan dalam keadaan mati? Apakah Bisa ponsel yang hilang tersebut bisa ditemukan kembali? Tenang, anda bisa menemukannya lagi dengan cara melacaknya menggunakan HP lain, bisa melalui GPS, dan bisa juga dengan melalui aplikasi pelacak Android. Namun cara ini hanya berguna untuk HP jenis Android. Bagaimana caranya?, simak cara berikut ini untuk melacak hp anda yang hilang tersebut.

Cara Melacak HP yang Hilang dengan Nomor IMEI

1. Dengan Bantuan Polisi

Jika anda tahu nomor IMEI ponsel anda yang hilang tersebut, maka akan memudahkan anda ketika proses pelaporan ke pihal kepolisian. Cara melacak hp meggunakan metode ini cukup ampuh. Sebab, kepolisian biasanya bisa melakukan pelacakan gadget menggunakan nomor IMEI. Hal ini disebabkan karena IMEI adalah identitas dari sebuah ponsel dan berbeda dengan ponsel lainnya.

✅ BACA JUGA:   7 Harga Smartwatch Huawei Terbaru dan Terbaik 2022

2. Menghubungi Provider

Dengan menghubungi provider anda juga bisa melakukan pelacakan terhadap hp anda yang hilang tersebut. anda bisa melakukan pelacakan HP yang hilang dengan meminta bantuan kepada provider yang anda gunakan. caranya adalah dengan menelepon call center dari provider yang anda gunakan dan memberitahukan nomor HP serta IMEI ponsel anda. Selanjutnya, provider akan membantu anda melacak ponsel  anda tersebut.

3. Cara melacak HP hilang menggunakan find my iPhone.

Nah kali ini cara melacak hp yang hilang di peruntukan kepada pengguan iPhone, anda bisa melacak hp anda yang hilang menggunakan aplikasi bawaan dari iPhone yaitu Find My iPhone. Bagi kamu pengguna smartphone anda tak perlu kebingungan lagi jika hp anda hilang dan ingin melacak HP yang hilang tersebut. Sebab seluruh smartphone sekarang sudah dilengkapi dengan fitur GPS.

✅ BACA JUGA:   Aplikasi Mencari Lowongan kerja Online Dan Terpercaya Terbaik 2021

Dengan menggunakan aplikasi pelacakan tersebut anda tidak perlu meminta bantuan kepada pihak lain untuk melakukan pelacakan HP yang hilang. Cukup ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi maka lokasi HP anda terakhir kalinya akan ditampilkan.

4. Aplikasi Google Find My Device bagi pengguna Android

Find my device adalah sebuah aplikasi kerjasama antara Google dan Android dimana para penggunanya diwajibkan paling tidak mempunyai satu akun yang dihubungkan ke Google agar bisa mengaktifkan aplikasi tersebut di smartphone Android anda.

Berikut langkah untuk menemukan Android handphone hilang dengan Google Find My Device :

  • Buka situs Google Find My Device pada hp anda atau bisa mendownload aplikasinya di play store.
  • Masukan e-mail dan password anda , setelah itu anda akan masuk ke dalam menu find my device
  • Dalam aplikasi  ini anda akan diberikan 3 opsi yang dapat Anda lakukan yaitu membunyikan suara, mengamankan handphone dan menghapus data.
  • Kemudian anda Pilih opsi amankan handphone selanjutnya klik Secure Device.
  • Maka secara Otomatis Smartphone Anda akan terkunci dan juga sign out dari akun Google Anda.
  • Akan tetapi Anda masih bisa melacaknya walaupun telah melakukan sign out.
  • Selanjutnya Cari dan temukan ponsel Anda dari peta yang ditampilkan.
  • Jika anda sudah mengetahui lokasinya dan telah sampai di lokasi yang ada dalam peta, Selanjutnya klik pada Play Sound untuk membunyi handphone anda agar bisa anda dengar.
  • gunakan pilihan Erase Device untuk menghapus semua data yang ada di smartphone Anda.