kunci jaringan 4g

Cara Melakukan Cek Terhadap HP OPPO Anda

Swakarata.com – Disaat anda akan membeli HP Oppo baik baru ataupun bekas, sudah seharusnya anda mengecek HP tersebut terlebih dahulu kondisinya. Cek HP Oppo dapat anda lakukan dengan mudah dan juga praktis menggunakan kode tertentu. Selain itu kondisi fisik dan kelengkapan jangan sampai lupa anda cek juga, sebelum anda memutuskan ingin membeli HP tersebut. Oppo juga menyediakan kode rahasia yang dapat anda gunakan untuk melakukan serangkaian tes terhadap semua komponen hardware yang ada di HP tersebut. Jika anda belum paham bagaimana cara melakukan cek terhadap HP tersebut, anda bisa mengikuti cara berikut ini :

Cara cek HP OPPO menggunakan kode rahasia

Cara cek Oppo bekas:

  • Buka aplikasi dial up pada HP Oppo anda.
  • Kemudian anda ketikan kode *#800#.
  • Setelah itu secara otomatis akan muncul Engineer Mode.
  • Di dalam mode tersebut anda bisa melakukan serangkaian tes terhadap komponen yang ada di dalam HP anda.
  • Selanjutnya anda uji HP anda dalam mode tersebut, uji semua komponen yang bisa anda uji, hingga bisa dipastikan kalau HP tersebut baik-baik saja.
✅ BACA JUGA:   5 Cara Mengunci Aplikasi Pada Samsung A51, Mudah Dan Praktis

Supaya lebih jelasnya lagi dan anda bisa memahaminya, simak berikut ini apa saja fungsi dari setiap menu  yang ada dalam mode tersebut.

1. Receiver Test

Tes ini adalah tes yang digunakan pada saat HP menerima sebuah notifikasi, anda perlu mendengarkan suatu bunyi yang menandakan bahwa ada sebuah notifisikasi pemberitahuan. Kemudian dengar dengan baik suara tersebut, jika suaranya bagus berarti komponen ini dalam kondisi baik.

2. Bluetooth Test

Tes untuk menguji bluetooth yang ada di Hp tersebut apakah berfungsi dengan baik atau tidak, untuk itu anda mesti melakukan tes ini juga agar anda bisa memastikan bluetoothnya berfungsi dengan baik.

3. FM Test

Test yang digunakan untuk menguji kondisi pemancar gelombang radio pada HP. Pemancarnya digunakan untuk menangkap sinyal radio. Anda hanya perlu mendengarkan suara yang keluar dari gelombang radio yang tertangkap.

4. Camera Test

Test ini anda lakukan kepada kamera HP tersebut, apakah berfungsi dengan baik, anda disarankan untuk melakukan uji kepada kamera depan atau belakang dari HP tersebut agar bisa anda pastikan kalau HP tersebut bisa berfungsi dengan baik.

✅ BACA JUGA:   12 Cara Menonaktifkan Talkback Xiaomi Dengan Mudah

5. SIM Card Test

Tes Berguna untuk menguji kuningan yang ada di dalam HP Oppo anda apakah bisa membaca kartu SIM atau tidak.

6. Vibration Test

Test yang digunakan pada getar hp, jika anda mengujinya dan mengeluarkan getar dengan baik berarti komponennya dalam keadaan yang bagus.

7. Speaker Test

Digunakan untuk menguji suara yang keluar dari speaker HP Oppo anda. Dengarkan suaranya dengan baik, apakah  jernih atau tidak, jika jernih maka bisa dipastikan komponennya bagus .

8. Headset Test

Tes yang berguna untuk menguji suara dari headset atau earphone HP Oppo anda. Jika bisa terhubung dan mengeluarkan suara yang bagus berarti tidak ada masalah pada headset dan port headset tersebut, jika sebaliknya maka ada komponen yang rusak.

9. Battery Test

test yang digunakan untuk menguji kesehatan dari baterai Oppo anda. anda harus memperhatikan pemakaian baterai dari Hp tersebut, jika normal berarti baterai bagus, jika tidak maka sebaliknya.

✅ BACA JUGA:   Smartphone 5G Oppo A74G Termurah di Kelasnya

10. WiFi Test

Tes yang berguna untuk menguji WiFi pada HP Oppo anda. Kita bisa terhubung dengan jaringan WiFi, maka komponenya bekerja dengan baik.

11. LCD Test

Tes yang digunakan untuk men cek kesehatan dari LCD dan yang terutama di bagian kontras warna LCD. Jadi anda harus memastikan bahwa warna yang dihasilkan dalam kondisi yang baik.

12. GPS Test

Tes yang berfungsi untuk menguji terhadap keakuratan dari sinyal GPS di HP tersebut.

Kode Rahasia Oppo

Selain menggunakan kode rahasia yang ada diatas anda juga bisa menggunakan beberapa kode rahasia yang lainnya dan dapat anda gunakan untuk pengecekan terhadap HP Oppo anda.

  • *#1234# untuk menampilkan informasi firmware.
  • *#809# untuk menampilkan engineering test mode gema.
  • *#06# untuk mengecek nomor IMEI HP Oppo.
  • *#802# untuk Rekayasa test mode GPS TTFF.
  • *#803# untuk uji jaringan rekayasa.
  • *#07# untuk test history.

Diantara semua kode yang ada, kode yang paling sering digunkan yaitu *#06#,  kode untuk cek terhadap IMEI HP anda. Dengan menggunakan nomor IMEI anda bisa mengetahui keaslian dan asal dari negara mana HP Oppo anda dibuat.