cek ongkir di raja ongkir

Cara Cek Ongkos Kirim Menggunakan Raja Ongkir

Swakarta.com – Berbelanja online pada saat ini sudah menjadi sebuah trend yang baru di tengah lingkungan masyartakat, apalagi dimasa pandemi Covid-19 seperti ini. Akan tetapi masih ada beberapa orang masih memilih alternatif untuk berbelanja langsung karena mereka menganggap berbelanja online bisa menambah pengeluaran baru untuk ongkos kirim.

Untuk anda yang sering belanja online apa lagi and alah salah satu pelanggan setia belanja online, sekarang anda tidak perlu lagi merasa khawatir mengenai onkos kirm yang akan dikenakan ketika berbelanja online, abda sudah bisa cara cek ongkos kirim melalui raja ongkir dengan mudah dan praktis sehingga anda bisa mengetahui biaya tambahan yang akan anda keluarkan. Berikut langkah-langkah menggunakannya:

Baca Juga:  Cara Cek Resi JET Express

Cara cek ongkir di raja ongkir

1. Kunjungi Web RajaOngkir

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengunjungi web resmi yang sudah dibuat oleh raja ongkir, agar anda bisa mengunjungi situs resmi raja ongkir anda harus membuka aplikasi browser pada PC atau HP anda, kemudian anda ketikan di kolom pencarian http://rajaongkir.com atau bisa juga ketikan raja ongkir di Google/Chrome/browser. Maka anda masuk ke halaman utama situs raja ongkir.

2. Buat Akun

Setalah anda masuk kehalaman utama website raja ongkir sebaiknya anda melakukan login jika anda sudah mempunyai akun, atau jika anda belum mempunyai akun maka anda bisa membuat sebuah akun baru dengan cara mendaftarkan akun anda menggunakan e-mail. Hal ini sangat penting untuk anda ketahui bagaimana cara cek ongkos kirim di raja ongkir.

Baca Juga:  Login Akulaku Tanpa Verifikasi?, Simak Caranya Berikut Ini

Di halaman utama Rajaongkir terdapat tulisan menu lalu klik tulisan itu, maka akan muncul beberapa pilihan menu yang dapat anda lihat seperti beranda, integrasi, download, bantuan dan akun. Untuk membuat sebuah akun baru anda klik pada bagian menu akun maka akan ada pilihan untuk daftar atau masuk. Selanjutnya anda pilih saja daftar, kemudian ikuti semua prosedur yang ada disana hingga anda selesai membuat akunnya.

3. Tentukan Jenis Akun

Ketika anda membuat akun baru sebaiknya anda tentukan jenis akun yang akan anda gunakan di rajaongkir karena beda akun maka akan beda cara cek untuk ongkir. terdapat 3 jenis akun di raja ongkir yaitu starter, basic dan pro. Akun jenis starter adalah akun gratis yang memiliki fitur-fitur yang berbeda di dalamnya dengan akun basic maupun pro. Hal ini disebsabkan karena setiap akunnya memiliki fitur yang berbeda karena akun yang basic atau pro merupakan akun yang premium.

Baca Juga:  Cara Login Kredivo Dengan Mudah Dan Praktis!

4. Periksa Ongkos Kirim

Cara memeriksa ongkir bisa anda lakukan dengan cara memilihnya pada menu integritas kemudian anda muncul pilihan dokumentasi API dan juga widget. Klik pada widget, Maka akan muncul sebuah laman yang dapat mengecek ongkri baik domestik maupun internasional. Selanjutnya anda ketikkan asal kota, tujuan, berat barang dalam gram menggunakan kotak yang telah disediakan, Kemudian anda klik periksa ongkir untuk bisa melakukan cek ongkir yang domestik. Pengecekan ongkir secara internasional caranya juga sama dengan domestik yaitu dengan mengetikkan kota asal, kemudian negara tujuan, berat barang dalam satuan gram di kotak yang telah disediakan dan klik periksa ongkir.

5. Cara upgrade akun

Anda bisa melakukan upgrade akun jika anda rasa ingin mengakses fitur yang lebih lengkap dari sebelumnya. Proses mengupgrade akun bisa anda lakukan pada web ataupun melalui aplikasi. Hal ini tidak diwajibkan kepada para pengguna karena sifatnya opsional.