mengetahui nama bank dari nomor rekening

Cara Mengetahui Nama Bank Dari Nomor Rekeningnya!

Swakarta.com – Nomor rekening adalah sebuah kode unik yang menjadi pembeda untuk setiap nasabah. bagaimana sih caranya untuk cek nomor rekening bank atau mengetahui nama bank dari nomor rekeningnya?

Biasanya, pada setiap bank memiliki sistemnya masing-masing untuk menentukan nomor rekening dari setiap nasabahnya. Untuk bisa mengetahui jenis bank yang dimiliki oleh seseorang, kamu bisa juga mengetahuinya dengan melihat dari jumlah digit nomor rekeningnya. Berikut cara mengetahui nama bank dari nomor rekening bank tersebut.

Cara mengetahui nama bank dari nomor rekening

1. Cek nomor rekening menggunakan buku tabungan rekening bank

Selain untuk menyimpan catatan saldo, pada buku tabungan juga tersedia beberapa informasi yang lainnya, seperti alamat dari cabang tempat kamu mendaftar, syarat dan ketentuan penggunaan dari buku tabungan, dan juga informasi mengenai nasabah, dan nomor rekening nasabah.

Jika kamu lupa akan nomor rekening, cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melihatnya pada buka tabungan kamu dan perhatikan informasinya di balik cover buku. Di sana tercantum nomor rekening yang kamu miliki.

✅ BACA JUGA:   Cara Menjadi Youtuber Gaming! Simak Berikut Ini

2. Cek nomor rekening bank melalui mesin ATM

Selain fungsi utama mesin ATM adalah untuk melakukan transaksi pembayaran. Menggunakan mesin ini kamu bisa juga melakukan cek rekening bank yang kamu miliki.

Ada dua cara melakukan cek rekening bank yang bisa kamu lakukan, adalah dengan cara mengecek jumlah saldo atau bisa melakukan tarik tunai. Berikut adalah caranya :

  • Cek Jumlah Saldo

Kamu bisa melakukan cara yang satu ini dengan sangat mudah dan cuma butuh waktu beberapa detik saja. Caranya sebagai berikut, masukkan kartu ATM kamu ke dalam mesin ATM dan ketikkan PIN kamu. Selanjutnya kamu klik menu cek saldo, maka akan muncul jumlah saldo yang kamu miliki di nomor rekening kamu.

  • Lakukan Tarik Tunai
✅ BACA JUGA:   Syarat, Cara Daftar, Dan Login Home Credit Indonesia!

Cara yang kedua adalah dengan melakukan tarik tunai, Caranay mudah, Masukkan kartu ATM kamu ke dalam mesin ATM. Kemudian Lakukan tarik tunai sejumlah uang yang kamu butuhkan. Setelah itu akan keluar sebuah kertas bukti dari transaksi. Dalam kertas tersebut bisa kamu lihat jumlah tarik tunai, sisa saldo, dan nomor rekening yang kamu miliki.

3. Cek nama bank dari nomor rekening bank melalui e-banking

Cara yang selanjutnya adalah menggunakan e-banking, kamu bisa juga mengetahui nama bank dari nomor rekening melalui ponsel, dengan cara membuka aplikasi e-banking.

Apabila kamu sudah memiliki akun e-banking, kamu cukup membuka menu Info Saldo. Tidak sekedar itu saja, akan  tapi juga nomor rekening yang kamu miliki.

✅ BACA JUGA:   20 Cara Menang Giveaway Random Comment Picker IG & Youtube

4. Cek nama bank dari nomor rekening melalui call center

Cara yang selanjutnya yaitu menggunakan jasa call center, kamu bisa menghubungi call center untuk mengetahui nama bank berdasarkan nomor rekekningnya. Sebelum kamu menelepon, pastikan nomornya sudah benar, karena jika salah, informasi kamu tidak bisa dilanjutkan.

5. Datang ke kantor bank terdekat

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendatangi langsung ke bank lokasi bank terdekat dan menanyakan langsung kepada customer service di bank tersebut.