cek windows ori

Cara Cek Windows Ori Dengan Mudah Dan Praktis

Swakarta.comWindows adalah sistem operasi komputer yang paling populer digunakan dikalangan pengguna komputer, terutama di indonesia. Permasalahannya yaitu masih banyak orang yang belum tau bagaimana cara cek Windows ori atau yang bajakan.

Fenomena dari penggunaan cara ilegal untuk melakukan aktivasi windows seolah sudah menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan, terutama di Indonesia. Meskipun sudah ada aturan bahwa pengguna serta penyebar dari software bajakan adalah sebuah pelanggaran hukum, faktanya praktik dari pembajakan seolah sudah menjadi budaya.

Cara Cek Windows Ori

Cara Mengecek Windows Asli atau Palsu

Ada dua cara yang mudah untuk melakukan cek Windows original atau bajakan, yaitu menggunakan CMD (command prompt) dan juga File Explorer.

Jika kamu baru membeli sebuah laptop terutama jika membeli laptop bekas, ataupun baru selesai di servis misal karena baru saja di install ulang, sebaiknya kamu segera melakukan cek terhadap Windows supaya kamu tau itu asli atau palsu.

✅ BACA JUGA:   Laptop Termahal Di Dunia! Lihat Di Sini

Cara Cek Windows Original atau Bajakan dengan CMD

  • Gunakan dari kombinasi tombol berikut “Windows + R” untuk membuka jendela “Run“ / Lalu kamu ketikkan “cmd“ pada jendela “RUN”, kemudian silakan kamu tekan pada tombol Enter. Tunggu sampai jendela Command Prompt (CMD) terbuka.
  • Selanjutnya kamu jalankan perintah untuk melakukan cek terhadap lisensi Windows dengan cara  Ketikan “slmgr /xpr” kemudian kamu tekan pada enter.
  • Kemudian akan muncul sebuah kotak dialog Windows Script Host. Jika Windows pada laptop kamu adalah yang asli, maka akan tampil dengan tulisan “The machine is permanently activated“.
  • Untuk mengetahui aktivasi dari Windows dan juga Key nya kamu ketikan perintah “slmgr /ato”, selanjutnya kamu tekan Enter.
  • Untuk cek Aktivasi dari Windows beserta dengan partial product key kamu Ketikan perintah “slmgr /dli” kemudian tekan Enter.
  • Untuk cek dari detail aktivasi Windows secara lengkap kamu Ketikan perintah “slmgr /dlv” kemudian kamu tekan Enter
✅ BACA JUGA:   Laptop dengan Intel Core i5 Paling Murah di Tahun 2021!

Cara Mengetahui Windows Yang Original atau Yang Bajakan Menggunakan File Explorer

  • Kamu buka jendela “File Explorer” yang ada pada laptop kamu. kemudian klik kanan di bagian “This PC“, lalu kamu klik pada menu “Properties“.
  • Kemudian akan muncul sebuah jendela “System“. Selanjutnya kamu Scroll kebawah sampai kebagian “Windows aktivation“. Pada bagian itulah kamu bisa melihat lisensi dari aktivasi Windows.

Panduan Lengkap Cara Mengetahui Product Key Windows

Selanjutnya kita membahas bagaimana cara mengetahui product key atau serial number dari Windows. Cara untuk mengetahui dari product key ini bisa kamu coba pada Windows 10, Windows 7, serta juga Windows 8. Berikut ini langkah untuk mengetahui dari product key ataupun serial number lisensi Windows original atau bajakan :

  • Kamu ketikan wmic path softwarelicensingservice get OA3xOriginalProductKey pada CMD kemudian tekan Enter. Kemudian kamu akan menemukan sebuah product key ataupun lisensi dari aktivasi Windows. Cara ini sangat berguna untuk kamu karena kamu bisa menggunakan lisensi tersebut ketika akan melakukan install ulang pada laptop/komputer kamu.
✅ BACA JUGA:   Penyebab Laptop Mati Dengan Sendiri!

Lihat Juga: