cara kerja laptop

Sudah Tau Cara Kerja Laptop?, Berikut Ini Cara Kerjanya

Swakarta.comCara kerja LaptopKomputer merupakan sebuah benda yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusiadi zaman modern seperti ini. Banyak kegiatan manusia pada saat ini yang dibantu oleh keberadaan komputer, misalnya saja kamu ingin mengirim surat elektronik, mencari referensi, melakukan ujian online, menyimpan data kependudukan, mengolah data penelitian, bahkan pembuatan berbagai macam film dan juga animasi.

Cara Kerja Laptop

Cara Kerja Komputer atau komputer adalah PC mengambil informasi (input), kemudian akan mengolah informasi (pemrosesan), selanjutnya akan menyimpan informasi (penyimpanan), dan terakhir akan memuntahkan hasil dari informasi tersebut (output). Dengan penjelasan sebagai berikut ini:

✅ BACA JUGA:   5 Rekomendasi Laptop Lenovo Murah

Mengambil informasi (input)

Cara kerja komputer dimulai dari proses mengambil informasi (input). Input pada komputer bisa kamu lakukan oleh pengguna. Informasi tersebut akan dimasukkan oleh penggun dengan menggunakan perangkat input.

Setelah itu perangkat input akan mengubah informasi menjadi bentuk data digital agar bisa dipahami oleh komputer yaitu dengan menggunakan bahasa biner 1 dan 0.

Penyimpanan informasi (penyimpanan)

Setelah informasi sudah kamu inputkan, informasi tersebut akan disimpan sebagai memori dalam komputer. Terdapat dua jenis komponen penyimpanan di dalam komputer adalah RAM (Random Access Memory) dan juga memori persisten.

Memori yang baru kamu input biasanya akan disimpan dalam RAM, karena RAM adalah tempat penyimpan data yang aktif. RAM bekerja dengan sangat cepat, RAM bisa menyimpan data dengan ukuran 1 byte data hanya dalam waktu dalam 1 nano detik saja.

✅ BACA JUGA:   Sudah Tau Cara Mengunci Laptop?, Berikut Caranya

Semua pekerjaan yang sedang kamu lakukan dengan menggunakan komputer secara aktif disimpan ke dalam RAM. Misalnya saat kamu sedang mengetik, teks tersebut akan disimpan terlebih dahulu di dalam RAM. Atau saat kamu sedang membuka sebuah tab browser, semua tab yang sedang kamu buka akan disimpan di dalam RAM.

Mengolah informasi (pemrosesan)

Data input yang disimpan di dalam RAM tersebut kemudian akan diolah oleh CPU yang merupakan otak dari komputer. Segala macam perintah yang ada pada komputer yang kamu input diolah CPU dengan menggunakan bantuan dari RAM.

Hal tersebut disebabkan karena CPU tidak memiliki memori, maka artinya CPU tidak bisa mengingat ataupun menyimpan apapun. Sehingga semua data yang sudah diproses oleh CPU secara actual yang diambil dari RAM.

✅ BACA JUGA:   9 Cara Mengganti Walpaper Di Laptop, Praktis

Menyimpan informasi (penyimpanan)

Setelah data selesai diolah oleh komputer, kemudian data tersebut bisa disimpan secara permanen di dalam memori persisten. Contoh memori persisten yaitu hard disk dan juga flash drive. Di Dalam memori persisten data byte akan disimpan dalam bentuk file ataupun folder.

Data ataupun informasi bisa kamu simpan dalam waktu yang lama dan bisa juga kamu akses lagi sewaktu-waktu. Keberadaan dari penyimpanan resisten inilah yang bisa memungkinkan kamu untuk menyimpan foto, video, file, dan folder dengan format apapun di dalam komputer.