membuka file enc

8 Cara Membuka File Enc Di Laptop Dengan Mudah

8 Cara Membuka File Enc di Laptop Windows 10 Tanpa Software

Swakarta.comCara Membuka File Enc -File memang memegang peranan penting karena digunakan oleh berbagai perangkat seperti laptop, ponsel, komputer dan tablet.

Baik laptop maupun smartphone memiliki format file yang berbeda yang ditandai dengan ekstensi tertentu. Misalnya ada. doc untuk dokumen, . rar mewakili file terkompresi, . exe menyatakan bahwa file tersebut dapat dijalankan, dan seterusnya.

Jenis format file mempengaruhi cara dibuka dan digunakan. Namun ternyata ada format file yang tidak bisa dibuka dengan mudah karena ada proteksi di dalamnya.

Untuk membuka format file, kita harus melalui sistem operasi dan software. Salah satu contohnya adalah file ENC yang merupakan singkatan dari Encryption atau file yang dilindungi agar aman dari serangan virus berbahaya pada perangkat tertentu.

✅ BACA JUGA:   10 Cara Mengatasi Laptop Overheat Atau Panas Berlebihan

Saat menggunakan file enc, semua data akan dikemas dalam satu paket sehingga lebih aman. File ENC sering kita temukan di laptop dan smartphone Android.

Salah satu contohnya adalah file whatsapp yang dilihat melalui file explorer. Biasanya di dalam file ENC terdapat data rahasia sehingga disamarkan agar tidak mudah diakses oleh orang lain secara online maupun offline.

membuka file enc

Cara Membuka File Enc di Laptop Windows 10

Sebelum melakukan cara membuka file enc, kamu harus mengetahui fitur kompresi pada laptop. Tentunya fasilitas Zip dari Windows sudah tersedia di laptop Kamu sehingga bisa digunakan dengan cepat.

Cukup memiliki fitur kompresi Zip, file enc akan otomatis berubah bentuknya. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

✅ BACA JUGA:   Rekomendasi Laptop Untuk Editing Terbaik!

Cara Membuka File Enc Di Laptop Windows 10

  1. Buka folder dimana file Enc tersimpan, jika masih ada dalam smartphone atau hardisk eksternal silahkan pindahkan ke laptop
  2. Klik kanan pada file enc lalu pilih opsi Send to
  3. Pilih opsi Compressed (zip) folder agar file bisa dikompresi ke bentuk zip
  4. File dengan ekstensi .enc akan menjadi .zip, misalnya nama file ABCDE.enc berubah menjadi ABCDE.zip
  5. Buka file .zip tadi dan akan muncul isi didalamnya
  6. Jika ingin mengeluarkannya tinggal klik tombol Extract All dibagian toolbar atas
  7. Akan muncul menu box, silahkan pilih folder tujuan melalui menu Browse, jika sudah klik Extract
  8. Muncul jendela baru yang berisi file enc tadi
✅ BACA JUGA:   Cara Menggunakan Zoom Meeting! Dengan Mudah

Jika file Kamu tidak dapat dibuka, kemungkinan telah terjadi kesalahan atau kerusakan.

Jadi usahakan saat mengcopy file ke laptop pastikan dalam kondisi baik. Saat melakukan penyalinan juga periksa apakah koneksi kabel data berfungsi dengan baik.

Selain itu, pengguna Android harus berhati-hati, jika ada kerusakan, file ENC dapat disalin kembali. Begitu pula jika melalui harddisk eksternal atau media penyimpanan jenis lain.