belanja di alibaba pakai rupiah

Cara Belanja Di Alibaba Pakai Rupiah! Simak Berikut ini

Begini Cara Belanja di Alibaba, Bisa Bayar Pakai Rupiah

Swakarta.comCara Belanja Di Alibaba pakai RupiahAlibaba merupakan salah satu e-commerce raksasa yang berpusat di China dan juga customer-nya dari seluruh dunia ini.

Meskipun Alibaba sudah terkenal, kenyataannya masih ada juga  yang belum paham bagaimana cara belanja di Alibaba, dengan apa metode pembayarannya, apakah seperti marketplace lain yang ada di Indonesia.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, kamu bisa membacanya di bawah ini.

belanja di alibaba pakai rupiah

Hal Perlu Dipahami Sebelum Belanja

Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu kamu pahami terlebih dahulu terkait cara berbelanja di Alibaba :

  • Kebanyakan penjual yang ada di Alibaba merupakan penjual-penjual yang memiliki skala besar, sehingga mereka umumnya tidak biasa melayani pembelian satuan. Kebanyakan mereka asalnya dari negara China. Jika kamu ingin beli produk secara satuan, maka gunakan Aliexpress.
  • Tidak sama seperti website marketplace yang lain, Alibaba tidak menyediakan layanan order pada website secara langsung. Dengan kata lain, jika ingin melakukan transaksi maka kamu lebih dahulu menghubungi si penjual melalui fitur chat ataupun telepon.
  • Tersedia juga beberapa metode pembayaran di Alibaba yaitu membayar melalui kartu kredit, PayPal, melalui transfer bank internasional, dan juga Western Union.

Lalu Bagaimana Cara Belanja di Alibaba?

Inilah adalah bagian yang terpenting mengenai cara belanja di Alibaba. Simak langkah-langkahnya berikut ini :

1. Membuat Akun Alibaba

Sebelum berbelanja, pastikan kamu sudah memiliki akun Alibaba terlebih dahulu. Begini cara untuk membuat akun Alibaba :

  • Kunjungi halaman website resmi dari alibaba.com.
  • Selanjutnya kamu klik pada menu ‘join free’ yang ada di sebelah atas pada halaman utama.
  • Ketika muncul sebuah halaman untuk mengisi informasi data diri kamu, silakan lengkapi dulu seluruh datanya setelah itu kamu klik pada agree and register.
  • lanjutkan dengan memasukkan ‘kode verifikasi’ yang ada di kolom yang sudah disediakan, dan jika sudah lanjutkan dengan klik pada tombol submit.
  • Akun Alibaba kamu sudah bisa digunakan.

2. Memilih Produk yang Diinginkan

Menu Categories

Selanjutnya kamu pilih pada menu ‘Categories’, lalu pilih lagi yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

Menu My Market

Selain itu kamu juga bisa mencari produk pada halaman My Market yang ada di halaman depan website Alibaba.

Search Box

Cara yang satu ini merupakan cara yang paling banyak digunakan oleh orang yang ingin mencari barang incarannya. Cukup kamu ketikkan nama produk yang kamu inginkan di dalam kolom ‘search box’. Setelah itu semua produk yang kamu cari akan muncul.

3. Membuat Kesepakatan dengan Supplier

Sesudah kamu sudah menentukan barang atau produk yang kamu inginkan, setelah itu kamu kontak supplier dengan mengirimkan pesan melalui kolom yang ada di bawah produk. Tanyakan kepada supplier mengenai hal yang berkaitan dengan transaksi yang digunakan, seperti harga dan jasa pengiriman yang akan digunakan. Tentunya, komunikasi ini menggunakan bahasa Inggris ataupun Bahasa Mandarin.

4. Memilih Metode untuk Pengiriman Barang

Selanjutnya Ada beberapa macam jasa ekspedisi yang bisa kamu gunakan untuk mengirim barang dari Alibaba misalnya menggunakan DHL, Fedex, dan Express Mail Service (EMS). Untuk ke Indonesia, kamu disarankan menggunakan jasa ekspedisi DHL atau EMS kerena ekspedisi ini sudah banyak digunakan dan sudah terkenal di Indonesia cukup lama.

5. Melakukan Pembayaran

Selanjutnya kamu lakukan proses pembayaran. Metode pembayarannya biasanya sudah tercantum di dalam detail produk. Terdapat banyak macam metode yang sudah tersedia, dan untuk masyarakat Indonesia juga bisa membayar dengan menggunakan Rupiah. Jika kamu ingin membayar dengan menggunakan mata uang Rupiah, maka gunakan Western Union yang bisa dilayani pada kantor POS Indonesia, Alfamart, Indomaret, dan juga Pegadaian.

6. Tunggu Sampai Pesananmu Datang

Jika produk yang kamu pesan sudah masuk ke dalam bagian pengiriman kurir, kurang lebih dua minggu kemudian barang kamu akan sampai ke tempat tujuan kamu. Pada umumnya pengiriman barang menggunakan metode inin memiliki tarif yang relatif lebih murah jika dikirim melalui laut, yaitu dikirim menggunakan kapal kargo ataupun kapal barang.

Karena barang yang dikirim dari luar negeri, maka ketika memasuki negara Indonesia harus melewati proses pemeriksaan yang dilakukan oleh Bea Cukai. Proses pengirimannya memang sangat memakan waktu yang cukup banyak, sehingga para pembeli diharap untuk lebih bersabar untuk menunggu kedatangan pesanan kamu.