cara membaca sebuah manga

Cara Membaca Sebuah Manga! Harus Kamu Baca

Cara Membaca Sebuah Manga

Swakarta.com – Cara Membaca Sebuah Manga – Manga merupakan komik dengan gaya Jepang. Membaca manga berbeda dengan membaca komik pada umumnya dan juga seperti, buku, atau majalah berbahasa Indonesia dan Inggris.

Untuk bisa memahami dan juga menikmati manga, sebaiknya kamu perlu belajar bagaimana cara membacanya dari kanan ke kiri dan juga dari atas ke bawah. Selain itu, kamu juga harus bisa menafsirkan unsur panel dengan tepat dan juga mengamati emosi dari karakter dengan mengenali dari ikonografi emosional yang biasa muncul di dalamnya.

cara membaca sebuah manga

Tutorial Membaca Manga Yang Benar

1. Memilih Manga

  1. Pelajari jenis manga yang tidak sama. Ada lima jenis utama manga. Seperti Seinen adalah manga untuk pembaca pria dan juga josei adalah manga yang dikhususkan untuk para wanita. Shojo adalah untuk para anak perempuan, sedangkan shonen adalah untuk anak laki-laki. Sementara itu, kodomo adalah untuk para anak-anak.
  2. Bacalah berbagai macam genre manga. Beberapa genre manga yang pada umum ditemukan di antaranya yaitu aksi, misteri, pertualangan, percintaan, komedi, slice of life, fiksi sains, fantasi, gender bender, historis, harem, dan mecha.
  3. Ketahui beberapa dari serial manga yang terpopuler. Sebelum mulai membaca, cobalah untuk mempelajari serial manga yang sedang populer. Manga fantasi yang terkenal adalah Dragon Ball dan Pokemon Adventures.
Baca Juga:  Inspirasi Model Baju Gamis Remaja Kekinian Anti Ribet, Cocok Untuk Lebaran

Mulai Membaca Sebuah Manga

  1. Pilihlah manga yang cocok dengan minat dan kepribadian kamu. Sekarang waktunya kamu untuk menentukan jenis manga yang akan kamu baca. Ikutilah kata hati kamu, dan pilihlah manga yang menarik minat kamu.
  2. Mulailah membaca dari serial manga sejak dari awal. Pastikan kamu membaca manga tersebut dari awal dan melanjutkannya secara kronologis. Nama jilid dan manga biasanya akan dicetak di sampul buku.
  3. Letakkan punggung buku berada di sebelah kanan. Untuk membaca sebuah manga dengan baik, sebaiknya kamu meletakkan punggung buku berada di sebelah kanan. Ketika meletakkan manga di atas meja, pastikan daerah dari blok buku berada pada sebelah kiri dan punggung buku berada pada bagian sebelah kanan. Manga umumnya harus kamu letakkan berkebalikan dengan buku berbahasa Indonesia ataupun Inggris.
  4. Mulailah membaca manga dari sisi buku yang ada judul manga, nama penulis, dan edisi manga. Sampul depan biasanya memuat judul dari manga dan juga nama dari penulisnya.
Baca Juga:  8 Resep Makanan Kucing Buatan Sendiri Kaya Nutrisi, Bikin Kucing Kamu Gembul

Membaca Panel

  1. Bacalah sebuah panel dari kanan ke kiri dan dari atas maupun ke bawah. Mulailah membaca dari halaman panel yang terletak pada bagian atas kanan halaman. Setelah itu, bacalah panel dari arah kanan ke kiri. Apabila panel disusun secara vertikal, maka mulailah membaca manga tersebut dari panel yang paling atas.
  2. Bacalah balon dialog dari arah kanan ke arah kiri dan dari atas menuju bawah. Sebaiknya balon dialog yang mengandung teks pembicaraan diantara karakter-karakter kamu baca dari kanan ke kiri.
  3. Latar panel yang berwarna hitam menandakan bahwa panel mengisahkan sorot balik. Ketika panel berlatar yang berwarna hitam, menandakan sorot balik pada sebuah kejadian yang sudah terjadi atau dalam periode waktu sebelumnya.
  4. Jika Latar yang memudar menandakan transisi dari sebuah kisah di masa lalu menuju masa yang sekarang. Pergantian dari waktu masa lalu menuju masa sekarang akan ditandai dengan ciri-ciri berikut ini: halaman yang mengandung panel dan juga latar dengan berwarna hitam yang berada pada bagian atas halaman; panel dan juga latar yang berwarna abu-abu pudar; panel dan latar yang berwarna putih.
Baca Juga:  Tambah Seru! PUBG Mobile Kolaborasi dengan BLACKPINK

Membaca Emosi Karakter

  1. Gelembung desah (sigh) menandakan perasaan kelegaan atau kekesalan yang dirasakan oleh sebuah karakter. Karakter manga diilustrasikan bersama gelembung yang kosong di dekat ataupun di bawah mulutnya. Hal ini menandakan bahwa karakter sedang berdesah dan bisa diartikan sebagai kelegaan ataupun perasaan kekesalan yang dirasakan olehnya.
  2. Garis-garis yang digambar pada muka karakter menandakan bahwa dia sedang merasa tersipu malu.
  3. Mimisan menandakan tanda pikiran mesum, bukan cedera. Jika karakter manga diilustrasikan sedang mimisan, hal ini biasanya menandakan dia sedang memiliki pikiran yang kotor mengenai karakter lain, biasanya wanita cantik, dengan penuh nafsu.
  4. Tanda titik air menandakan bahwa rasa malu. Biasanya hal ini menandakan bahwa sebuah karakter yang sedang merasa malu atau sedang merasa tidak nyaman pada situasi tertentu.
  5. Bayangan di muka dan juga aura gelap yang berada di daerah sekeliling karakter menandakan perasaan kemarahan, kekesalan, atau kesedihan. Jika karakter manga digambar pada panel bersama dengan bayangan atau gumpalan ungu, abu-abu, atau hitam yang muncul pada latar, hal tersebut biasanya menandakan energi yang negatif sedang mengelilingi karakter.