cara kerja kulkas

Cara Kerja Kulkas! Simak Berikut Ini

Cara Kerja Kulkas Dan Juga Fungsi Dari Kulkas

Swakarta.comCara Kerja Kulkas – Kulkas atau yang biasa di kenal dengan lemari es merupakan peralatan elektronik yang wajib ada di dalam rumah.

Fungsi dari kulkas yaitu untuk menyimpan dan mengawetkan bahan makanan mentah, sayur mayur, buah-buahan, minuman, dan makanan beku.Mempelajari cara kerja kulkas sangat penting untuk memudahkan kamu untuk merawatnya.

cara kerja kulkas

Cara kerja kulkas

Dimana Komponen nya bertugas untuk menyerap panas yang ada pada benda didalam kulkas. Kemudian Panas yang sudah terhisap dapat mendinginkan bahan makanan tersebut.

Evaporator tentu saja tidak bekerja sendiri.Freon merupakan kunci utama pendingin yang memiliki titik didih rendah sehingga dapat menyerap energi panas dari dalam kulkas lalu membuat isi kulkas jadi dingin.

Evaporator adalah kulit,jika di misalkan jaringan di bawah kulit adalah isi kulkas, dan freon adalah sisa-sisa air pada kulit. Freon yang mengalir ke dalam evaporator pertama kali akan berbentuk cair.

Setelah menyedot panas dari dalam kulkas freon tersebut akan dibawa keluar kulkas. Dan bersamaan juga kipas motor menghembuskan udara dingin dari Evaporator ke seluruh bagian kulkas sehingga lama kelamaan seluruh isi kulkas akan menjadi dingin.

Fungsi Setiap Komponen atau Bagian Kulkas

Adapun Setiap komponen kulkas memiliki fungsi berbeda-bedasebagai berikut:

  1. Kompresor,yang bertugas untuk memompa freon atau cairan pendingin ke seluruh bagian kulkas
  2. Kondensor, yang mana berfungsi menukar panas dalam proses perubahan gas freon yang sebelumnya masuk ke dalam kulkas dalam wujud cair
  3. Filter, yang dapat menyaring kotoran yang mungkin terbawa masuk selama proses sirkulasi pendinginan berlangsung
  4. Evaporator, dimana dia bertugas menyerap panas dari benda yang dimasukkan ke dalam kulkas. Benda yang kehilangan panas kemudian akan menjadi dingin
  5. Thermostat,dimana berfungsi mengatur kerja kompresor berdasarkan batas suhu di setiap bagian kulkas.
  6. Heater,yang mana berfungsi mencairkan bunga es yang terbentuk dalam evaporator.
  7. Fan Motor,atau juga yang dikenal dengan kipas, yang berfungsi menghembuskan udara dingin dari evaporator ke seluruh bagian kulkas
  8. Overload MotorProtector,yaitu berfungsi melindungi komponen dari kerusakan akibat lonjakan listrik berlebih
  9. Freon atau Refrigeran, merupakan zat yang memiliki titik didih rendah dan berfungsi untuk menarik panas dari dalam kulkas.

Perbedaan Cara Kerja Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu

Adapun kesamaannya yaitu Keduanya mengandalkan Evaporator, kompresor, kondensor, dan freon untuk mendinginkan kulkas. tetapi, kulkas 2 pintu mempunyai keuntungan lebih banyak jika dibandingkan dengan kulkas 1 pintu.

Kapasitasnya menjadi lebih besar, freezer di pintu atas bisa memiliki suhu yang lebih dingin dibanding bagian bawahnya. dan pada kulkas 2 pintu kamu tidak perlu repot lagi membersihkan bunga es.

Karena Kulkas 2 pintu sudah dilengkapi dengan fitur khusus untuk mencegah adanya penebalan bunga es pada freezer. Fitur tersebut bisa berjalan otomatis sehingga kamu tidak perlu repot lagi membersihkan bunga es setiap saat.