mempercepat koneksi internet indihome

8 Cara Mempercepat Koneksi Internet Indihome, Mudah

Tips : Cara Mempercepat Koneksi Internet Indihome

Swakarta.com Mempercepat koneksi Internet Indihome – Kamu yang sedang menggunakan layanan jaringan internet dari Telkom baik itu Indihome ataupun Speedy pasti pernah merasa kesal akibat dari koneksi internet yang lambat atau sering putus.

Cara mempercepat pada koneksi internet Indihome ini hanya berlaku jika kamu sedang tidak mendapatkan kecepatan yang sesuai dengan jenis paket langganan paket kamu, seperti hanya mendapatkan kecepatan berkisar hanya 3 mbps padahal kamu sedang berlangganan paket 10 mbps.

mempercepat koneksi internet indihome

Gunakan jaringan internet kabel bukan WiFi

Cara untuk mempercepat koneksi internet Indihome yang pertama bisa kamu dilakukan dengan berpindah dari menggunakan jaringan WiFi dengan menggunakan kabel. ‘

Kenapa? pada jaringan WiFi terbilang cukup tidak terlalu stabil jika dibandingkan dengan menggunakan kabel karena masih banyak sekali hal yang akan menyebabkan sinyal dari modem ke perangkat bisa terganggu.

Beralih dari kabel tembaga ke serat optik

Cara untuk mempercepat koneksi internet Indihome yang selanjutnya berlaku untuk yang masih berada pada teknologi masih yang lama.

✅ BACA JUGA:   5 Cara Keluar Dari Kru PUBG Mobile Dengan Mudah dan Praktis

Sebagian besar dari jaringan internet milik Telkom melalui produk Speedy mereka dahulu masih menggunakan kabel tembaga yang merupakan kabel jalur telepon.

Di era sekarang ini sudah ada solusi yang terbaik, yaitu menggunakan kabel serat optik atau fiber optic. Dengan menggunakan kabel yang satu ini, kamu tidak akan mengalami yang namanya gangguan pada jaringan ketika hujan dan juga mampu mengalirkan data jauh lebih banyak dari pada kabel tembaga.

Cari tipe IP yang terbaik

Sebagian besar dari pengguna Indihome tidak mengetahui bahwa layanan internet mereka sedang menggunakan IP (Internet Protocol) dinamik yang dapat berubah – ubah.

Cara mempercepat pada koneksi internet Indihome ini bisa kamu lakukan cukup dengan melakukan restart pada modem sampai kamu mendapatkan IP terbaik.

Berikut ini beberapa jenis IP yang sangat bagus untuk kamu gunakan ada pada jaringan Telkom Indihome atau Speedy.

✅ BACA JUGA:   4 Cara Logout Akun Google di Android Dengan Mudah

IP dengan menggunakan angka depan 180 merupakan IP yang terbaik untuk bisa bermain game online dikarenakan Ping atau Latencynya yang sangat kecil.

IP dengan menggunakan angka depan 125 atau 110 adalah IP yang terbaik untuk kamu yang gemar melakukan download atau sekedar browsing karena bisa memberikan kecepatan downstream dengan maksimal.

Nilai SNR dan Line Attenuation

Cara untuk mempercepat koneksi internet Indihome yang selanjutnya, kamu harus memperhatikan pada nilai SNR Margin dan Line Attentuation yang akan menentukan kualitas kabel.

Jika kamu sering mengalami koneksi internetkamu yang lambat atau sering putus, mungkin saja salah satu penyebabnya adalah buruk nilai keduanya.

Kedua nilai ini bisa kamu cek dengan cara masuk ke dalam pengaturan modem dan akan terlihat pada bagian status.

Untuk nilai SNR pastikan nilainya berada pada lebih dari 11 dB (semakin tinggi maka semakin bagus), sedangkan untuk nilai Line Attenuation berada di bawah nilai 40 dB (semakin rendah maka semakin bagus).

✅ BACA JUGA:   Sudah Tau Bagaimana Cara bayar Netflix?, Simak Berikut Ini

Jika salah satu nilai tersebut tergolong kategori buruk, maka kamu diharuskan untuk menghubungi pihak Telkom untuk memperbaiki jaringan kabel yang ada.

DNS

Mengganti DNS adalah cara untuk mempercepat koneksi internet Indihome yang sudah cukup banyak diketahui. Dengan mengganti pada bagian DNS secara benar kamu sudah bisa mendapatkan kecepatan internet yang lebih stabil.

Untuk bisa mengganti DNS dapat kamu lakukan pada Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > change adapter setting > pilih properties pada koneksi yang digunakan > Internet Protocol Version 4

Selanjutnya di dalam bagian Preffered DNS Server dan Alternate DNS Server bisa kamu rubah menjadi 8.8.8.8 & 8.8.4.4 untuk Google DNS atau 208.67.222.222 & 208.67.220.220 untuk Open DNS.