youtube eror 503

Youtube Eror 503 : Solusi dan Penyebabnya, Lengkap

4 Solusi Youtube error 503, Pada Android dan Desktop Browser

Swakarta.comYoutube Eror 503 – Apa maksud dari error 503 yang ada pada youtube? Banyak orang yang kebingungan apa maksud dari eror yang ada di youtube tersebut.

Dalam waktu yang bersamaan, banyak dari pengguna internet yang mengeluhkan mengenai youtube yang tidak bisa diakses melalui browser komputer ataupun app android dengan menampilkan kode error 503.

Sebenarnya apa penyebabnya dan apa solusinya? Baca beberapa penjelasan tentang error 503 dan solusinya di bawah.

youtube eror 503

Apa itu error 503 ?

Error 503 adalah sebuah respond dari server yang menjelaskan bahwa situs yang akan kamu akses sedang tidak tersedia untuk sementara waktu.

✅ BACA JUGA:   Login Gmail Tanpa Verifikasi?, Simak Di Bawah Ini

Kode error ini tidak hanya terjadi pada youtube saja. Website atau beberapa game pun akan memberikan kode error 503 jika servernya dalam status tidak bisa diakses.

Kode 503 umumnya akan muncul apabila server gagal melayani request dari user dalam durasi yang ditetukan (time-out), atau karena gagalnya koneksi ke proxy server.

Hampir seluruh kasus error 503 yang terjadi, disebabkan oleh kondisi server yang terlalu sibuk (busy) atau karena proses maintenance yang sedang berjalan. Karena dua alasan tersebut, maka mau tidak mau, server akan down.

Apa solusi yang bisa dilakukan?

Setelah mengetahui mengenai kode error 503 pada youtube dan penyebabnya, sekarang terdapat beberapa solusi yang bisa kamu lakukan.

  • Cara 1, Refresh page video yang sedang kamu buka. Mungkin server terlalu sibuk dalam sesaat, yang mengakibatkan tidak stabilnya respond yang diberikan server.
    Coba refresh page video satu atau dua kali. Jika masih gagal.
  • Cara 2, Restart modem, router, komputer, atau smartphone. Kemungkinan yang paling besar dari kode error 503 yaitu status server yang dalam kondisi down, namun tidak menutup juga kemungkinan lain yang menyebabkan error ini.
    Contohnya saja masalah konfigurasi pada DNS server pada modem, router, komputer, atau device yang lainnya yang sedang kamu gunakan. Jika memang demikian, umumnya me-restart device akan memperbaiki masalah ini.
  • Cara 3, Tunggu beberapa saat, kemudian coba kamu reload page video. Mungkin disaat itu trafik terlalu tinggi dan server youtube tidak bisa meng-handle-nya.
    Coba tunggu 10 hingga 30 menit. Jika banyak pengguna yang mengalami hal serupa, maka beberapa dari mereka pasti akan menanggalkan niatnya untuk membuka youtube dan beralih ke hal lain. Secara otomatis, trafik juga akan menurun, dan server tidak akan terlalu penuh.
  • Cara 4, Harap bersabar lebih lama lagi. Jika dalam kurun waktu yang cukup lama, tidak ada perubahan yang terjadi, mungkin ada kerusakan parah atau hal darurat yang terjadi.