aplikasi launcher terbaik

7 Rekomendasi Aplikasi Launcher Terbaik di Android

7 Aplikasi Launcher Terbaik dan Ringan Untuk Android

Swakarta.comAplikasi Launcher Terbaik – Sebagian besar pengguna Android pasti tahu apa itu launcher, tetapi bagi yang belum tahu, launcher adalah aplikasi untuk menyesuaikan tampilan dan UI ponsel Android.

Elemen UI seperti layar beranda dan laci aplikasi adalah bagian dari peluncur itu sendiri. Peluncur tidak hanya memungkinkan kamu untuk mengubah tampilan keseluruhan, tetapi juga memungkinkan pengguna untuk mengubah ikon dan font aplikasi dari ponsel Android mereka.

Bagi yang tertarik mencoba tampilan baru di smartphone Android. Berikut 7 rekomendasi launcher ringan yang tidak akan memperlambat smartphone Android kamu.

aplikasi launcher terbaik

Aplikasi Launcher Android Terbaik

1. Nova Launcher

Nova Launcher, seperti kebanyakan peluncur bawaan pada kebanyakan ponsel pintar Android, adalah peluncur dengan tingkat penyesuaian yang sangat lengkap, dengan UI yang familier di layar beranda.

Melalui Nova, pengguna juga dapat membuat ponsel mereka terlihat seperti Android versi terbaru. Nova sendiri menawarkan segudang opsi personalisasi, termasuk ikon, warna tema, opsi pengguliran vertikal dan horizontal untuk laci aplikasi, dan tema gelap.

✅ BACA JUGA:   2 Cara Membuat Absen di Google Classroom Dengan Mudah

Selain kemampuan kustomisasi penuh, Nova dioptimalkan semaksimal mungkin, sehingga berjalan lancar dan tidak memperlambat ponsel kamu.

Jika kamu membutuhkan fungsionalitas yang lebih lengkap, Nova juga memiliki versi berbayar yang disebut Nova Launcher Prime.

2. Smart Launcher

Smart Launcher memberikan pengalaman smartphone Android yang lebih baik melalui kemampuan kustomisasi penuh.

Salah satu yang menarik adalah kemampuan untuk secara otomatis mengurutkan aplikasi ke dalam kategori tertentu. Oleh karena itu, layar utama rapi dan mudah dinavigasi.

Tidak hanya itu, Smart juga memiliki fitur ambient theme yang memungkinkan kamu untuk mengubah warna tema UI tergantung pada wallpaper yang kamu gunakan, mendukung jenis font dan perubahan warna.

Terlepas dari segudang fitur, Smart sebenarnya ringan dan tidak memperlambat ponsel kamu. Seperti Nova, Smart memiliki sejumlah fitur khusus versi premium.

3. Hyperion Launcher

Hyperion Launcher memiliki desain tema UI yang sederhana dan intuitif serta tampilan estetis yang lahir dari mode gelap. Selain itu, launcher ini juga hadir dengan sejumlah fitur kustomisasi, mulai dari kustomisasi ikon aplikasi, widget, dan animasi.

Kemudian kamu juga memiliki opsi untuk mengubah warna latar belakang laci aplikasi, dok, folder, dan widget dalam format bilah pencarian yang disediakan.

✅ BACA JUGA:   5 Cara Mengecilkan Ukuran PDF Dengan Mudah

Hyperion dirancang untuk digunakan di semua smartphone Android, tidak hanya membutuhkan kinerja yang minim, tetapi juga tidak boros baterai.

Jika kamu membutuhkan fitur tambahan seperti gestur yang dipersonalisasi, font adaptif, ikon, Hyperion juga menawarkan versi premium dari Hyperion Supreme.

4. XOS Launcher

Jika dilihat secara seksama, aplikasi besutan developer Shalltry Group hampir sama dengan aplikasi lainnya. Meski demikian, XOS Launcher tetap jadi salah satu aplikasi launcher terbaik yang layak dicoba untuk smartphone Android kamu.

Tampilannya yang simpel namun penuh warna sepertinya sudah cukup jadi alasan mengapa aplikasi launcher ini sangat direkomendasikan.

Bahkan dengan XOS Launcher ini, kamu bisang mendapatkan tema yang beragam untuk smartphone Android kamu secara gratis. Menarik bukan?

5. U Launcher 2019

Meski termasuk aplikasi launcher baru, U Launcher ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin mendapatkan pengalaman terbaik menggunakan launcher.

Aplikasi yang dikembangkan oleh developer Moboapps Dev Team ini sudah dilengkapi dengan sejumlah tools menarik yakni Transisi 3D salah satunya.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati sejumlah wallpaper keren seperti animasi game hingga kartun. Ditambah lagi, aplikasi launcher terbaik ini bisa digunakan secara gratis dan tersedia untuk perangkat Android minimal 4.0.

✅ BACA JUGA:   11 Cara Mengganti Nama Webex Dengan Mudah

6. POCO Launcher

Aplikasi besutan Xiaomi Inc. ini memang layak jadi salah satu rekomendasi aplikasi launcher terbaik untuk Android. Meski terbilang baru, aplikai launcher yang di gunakan juga untuk menghiasi smartphone besutan Xiaomi dengan nama POCOPHONE ini pun sudah memiliki pengguna dengan jumlah yang cukup banyak.

Desain yang simpel dan minimaslis yang dipadu dengan kustomisasi yang menarik jadi salah satu kelebihan dari Poco Launcher ini. Selain itu tentunya juga bisa digunakan dengan mengunduhnya secara gratis.

7. CM Launcher

Dikembangkan oleh Cheetah Mobile, aplikasi ini hingga kini telah diunduh hingga 7 juta kali unduhan. Hal ini jadi bukti jika CM Launcher memang jadi salah satu aplikasi launcher dengan perfoma yang apik.

Ditambah lagi, aplikasi ini juga dilengkapi dengan kustomisasi serta fitur-fitur yang cukup menarik yang patt dicoba. Dari mulai Animasi 3D, efek 3D yang pastinya akan bisa membuat smartphone memiliki tampilan yang keren.

Saat menggunakannya kamu tak perlu khawatir soal iklan, meskipun aplikasi ini gratis namun CM Launcher tetap bebas dari iklan. Jadi kamu bisa lebih nyaman saat menjalankannya di smartphone kamu.