mengaktifkan android system webview

5 Cara Mengaktifkan Android System Webview Terbaru 2022

5 Cara Mengaktifkan Android System WebView 2022

Swakarta.comMengaktifkan Android System Webview – Sistem Android WebView memang sangat penting untuk digunakan pada smartphone dengan sistem operasi Android.

Sistem WebView sendiri merupakan bagian dari sistem pendukung Google Chrome sehingga berbagai aplikasi dapat langsung masuk ke halaman web tanpa perlu membuka browser terlebih dahulu.

Cara kerjanya adalah dengan membuka link dari sebuah software kemudian menampilkan halaman website tersebut.

Misalnya, jika Anda membuka Facebook, lalu seorang teman membagikan berita terbaru di beranda, Anda dapat langsung membuka situs tersebut langsung dari Facebook dengan sekali klik dan Anda tidak perlu membuka browser.

Tidak perlu juga terkoneksi dengan laptop untuk mengakses situs apalagi membuka software lain. Mengaktifkan Android System WebView sangat penting, jika tidak kita tidak akan dapat mengakses berbagai halaman.

✅ BACA JUGA:   5 Daftar Hp Murah Berkualitas Dengan Lengkap

Tidak hanya Facebook, masih banyak aplikasi android lainnya yang menggunakan Android System WebView sebagai tool utamanya.

Selain itu anda juga bisa browsing menggunakan System WebView sehingga lebih fleksibel dan simple, semua bisa dilakukan dengan aplikasi.

Jika ingin mengambil screenshot juga mudah karena tidak perlu berpindah-pindah. Cara mengaktifkan WebView Sistem Android memang penting, terutama untuk smartphone lawas dengan spesifikasi terbatas.

Jika Anda tidak mengaktifkan WebView Sistem Android, ponsel cerdas Anda akan bekerja keras karena Anda harus menjalankan berbagai program sekaligus.

Pada Android 5.0 Lollipop dan di bawahnya, WebView adalah aplikasi terpisah yang dapat ditemukan di Play Store. Sedangkan untuk Android versi 6.0 Marshmallow ke atas, System WebView telah diubah ke default sehingga mudah digunakan.

✅ BACA JUGA:   Mau Mengunci Jaringan 4G Realme?, Simak Caranya Berikut Ini

mengaktifkan android system webview

Cara Mengaktifkan WebView Sistem Android

Namun, untuk versi Android 7.0 Nougat ke atas, System WebView dapat dicopot pemasangannya yang telah digantikan oleh Google Chrome.

Secara default System WebView tidak diaktifkan sehingga jika ingin menggunakannya harus melakukan cara mengaktifkannya.

Android 7.0 menggunakan Chrome untuk merender halaman web yang juga berguna sebagai penghemat baterai. Sayangnya Anda tidak dapat mengaktifkan System WebView di mana tidak ada pembaruan terbaru di Play Store.

Memang untuk sistem operasi Android Marshmallow 6.0 wajib untuk mengaktifkan System WebView mengingat fungsinya yang sangat penting.

Jadi biarkan tetap aktif untuk performa smartphone yang maksimal. Namun jika versi Android 7.0 lebih maksimal menggunakan Chrome. Karena di Indonesia masih banyak HP lama, tentunya wajib mengaktifkan System WebView

✅ BACA JUGA:   5 Cara Mematikan Hp Realme 5i Dengan Praktis

Keuntungan menggunakan System WebView di HP lama adalah dapat memperluas kapasitas penyimpanan karena tidak perlu menginstal browser.

Performa HP juga akan lebih maksimal karena lebih ringan. Selain itu dapat menghemat baterai karena ponsel tidak menjalankan banyak aplikasi di latar belakang.

Namun, pengguna Android 7.0 ke atas disarankan untuk tidak menggunakan System WebView karena sudah diganti dengan Chrome.

  • Buka ponsel pintar Android
  • Buka Pengaturan
  • Temukan dan pilih Aplikasi
  • Pada menu Aplikasi, temukan Android System WebView
  • Ketuk Aktifkan agar Android System WebView akan berjalan