instagram tidak bisa di buka

Instagram Tidak Bisa di Buka : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Swakarta.comInstagram Tidak Bisa di Buka –  Masalah Instagram bisa terjadi kapan saja. Itu tidak hanya terjadi pada satu atau dua orang, lebih dari itu. Hampir setiap hari seseorang mengalami masalah tidak bisa mengakses Instagram atau tidak bisa membukanya.

Aplikasi Instagram tidak bisa di buka, hal ini terjadi pada semua merek smartphone, mulai dari Vivo, Samsung, Xiaomi, hingga iPhone. Error ini tidak terlihat pada sistem operasinya, baik itu Android atau iOS. Semuanya digeneralisasi.

Meski begitu ketika kamu mencoba membukanya melalui web, hasilnya nihil. Padahal sudah ganti browser, dari firefox, chrome, sampai opera, hasilnya sama, tetep gak bisa masuk instagram.

Mengubah perangkat untuk membuka Instagram juga tidak memberikan hasil yang baik, IG dan cerita Instagram tetap tidak dapat diakses.

Faktanya, ketika saya mencoba me-refresh halaman Instagram berulang kali, tetap tidak ada perubahan yang ditampilkan. Kamu tidak dapat masuk dalam mode bebas untuk Instagram.

Cara Mengatasi dan Penyebab Instagram Tidak Bisa di Buka

 

instagram tidak bisa di buka

Penyebab Instagram Tidak Bisa di Buka dan Solusinya

Aplikasi Instagram di Smartphone sedang error

Alasan sederhana yang paling mungkin mengapa Instagram error adalah aplikasi yang diinstal di smartphone kamu mengalami error. Error aplikasi ini biasanya terjadi karena user error atau ada masalah pada sistem HP.

Alhasil, Instagram tiba-tiba berhenti saat kita asyik scrolling aplikasi. Masalah seperti ini bisa terjadi kapan saja tanpa kita sadari.

Cara mengatasi error aplikasi Instagram, cukup dengan melakukan langkah-langkah mudah di bawah ini :

  • Tutup aplikasi Instagram.
  • Matikan HP.
  • Keluarkan baterai, kartu memori eksternal dan SIM.
  • Tunggu sebentar.
  • Ganti kartu dan baterai.
  • Hidupkan HP.
  • Coba buka lagi aplikasi Instagram.

Data dalam aplikasi terlalu penuh

Penyebab lain IG error adalah full data dan cache di aplikasi Instagram. Hal ini bisa terjadi karena Instagram tidak sering digunakan tetapi data dan cache tidak pernah dibersihkan.

Data yang tidak pernah dibersihkan akan menumpuk dan memenuhi ruang internal HP. Akibatnya, ruang di RAM lebih sedikit dan kinerja akan menjadi tidak stabil.

Ketika kinerja RAM tidak optimal dan tidak stabil, maka efeknya akan langsung dirasakan oleh aplikasi yang terpasang di smartphone. Aplikasi ini sangat lambat bahkan keluar dengan sendirinya saat dibuka.

✅ BACA JUGA:   Cara Mengganti Username Spotify! Simak Berikut

Berhentinya aplikasi Instagram secara tiba-tiba biasanya disertai dengan tulisan “Sayangnya Instagram telah berhenti”. Jika artikel ini keluar, aplikasi IG akan sulit dibuka dan tidak dapat diakses dengan mudah.

Solusi sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan cache atau data dengan langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke menu pengaturan pada smartphone dengan mengetuk ikon roda gigi.
  • Pilih Aplikasi terinstal yang terletak sedikit di bawah.
  • Cari aplikasi Instagram (biasanya dalam urutan abjad).
  • Ketuk aplikasi instagram.
  • Pilih hapus cache.
  • Coba buka lagi aplikasi Instagram. Apa itu mungkin?
  • Jika tidak, ikuti langkah satu hingga empat, lalu pilih hapus data.

Aplikasi Instagram kedaluwarsa karena tidak memperbarui

Saat aplikasi Instagram crash, coba ingat-ingat terakhir kali kamu mengupdate aplikasi karena bisa jadi penyebab errornya adalah aplikasi yang sudah kadaluarsa atau expired.

Hal ini sering dialami oleh pengguna IG yang menggunakan paket data sebagai pengganti wifi. Karena aplikasi akan terupdate secara otomatis dengan paket data wifi, kuota atau IG, pengguna harus melakukan update secara manual.

Solusi IG yang tidak bisa diakses karena kadaluarsa adalah :

  • Pergi ke play store melalui smartphone.
  • Pilih tiga garis horizontal paralel yang terletak di bagian atas.
  • Pilih Aplikasi & Game Saya di bagian atas.
  • Maka akan muncul semua aplikasi yang belum terupdate, cari Instagram.
  • Dan Klik.

Hp panas karena multitasking

Smartphone mendukung kita untuk dapat membuka 2 aplikasi atau lebih dalam satu waktu. Hal ini tidak akan menjadi masalah jika aplikasi dibuka satu per satu dan disesuaikan dengan spesifikasi HP.

Yang menjadi masalah dan terlupakan penyebab IG tidak bisa dibuka adalah jika multitasking dilakukan dengan membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Jika hal seperti ini dilakukan terus menerus, tidak hanya aplikasi smartphone yang akan terpengaruh. Hardware dan komponen smartphone juga bisa rusak, ditandai dengan ponsel cepat panas.

Solusinya, hindari membuka aplikasi secara bersamaan. Jika ingin multitasking, buka dulu aplikasinya satu per satu dan gunakan dengan bijak.

Selain itu, untuk dapat menggunakan dan mengoperasikan kembali aplikasi tersebut, kamu dapat memulainya dengan menutup aplikasi. lakukan secara paksa jika tidak bisa ditutup dengan cara biasa.

Jika sudah, matikan HP. Jika HP terlalu panas hang. Harap matikan secara paksa lalu keluarkan baterai, kartu SIM, dan kartu memori. Diamkan hingga suhu smartphone kembali normal. Baru setelah itu, ganti baterai, kartu SIM dan memori eksternal. Hidupkan HP.

✅ BACA JUGA:   Mau Jadi Selebgram? Simak Cara Jadi Selebgram Berikut!

Jika smartphone dilengkapi dengan baterai internal, cukup keluarkan kartu SIM dan memori eksternal.

RAM Penuh

Instagram bisa berhenti jika RAM penuh. Ruang kosong yang sempit di memori internal bisa membuat kinerja HP ​​tidak maksimal. Akibatnya, RAM akan kesulitan membuka aplikasi, termasuk Instagram.

Solusi untuk masalah ini jelas dengan membuang data yang tidak perlu dan mengosongkan ruang di RAM.

  • Kamu dapat menghapus aplikasi yang tidak perlu atau jarang digunakan.
  • Hapus juga file atau file video, gambar, dan musik yang tersimpan di memori internal.
  • Jika ada banyak file yang tidak ingin kamu hapus, silakan pindahkan dokumen ke hard disk eksternal.

Unduh Aplikasi IG Tidak Resmi

Ingat ketika pertama kali mengunduh Instagram dan menginstalnya di smartphone kamu, baik melalui tempat resmi seperti app store atau play store. Jika tidak, mungkin alasan Instagram tidak bisa dibuka karena aplikasinya ilegal.

Untuk mengatasi masalah ini, hapus atau hapus instalan Instagram di smartphone. Kemudian masuk ke play store atau toko aplikasi dan unduh instagram baru resmi.
Virus

Virus masih menjadi momok bagi pengguna gadget, baik smartphone maupun laptop. Adanya virus di perangkat bisa menyebabkan Instagram tidak bisa login.

Untuk mengatasi masalah ini unduh antivirus terbaik untuk smartphone dan laptop. Jika sudah di download buka antivirusnya dan gunakan untuk scan semua data yang ada di smartphone.
Ada banyak data di browser jadi berat

Seberapa sering kamu menggunakan browser seperti Mozilla Firefox, Opera, atau browser lain untuk membuka Instagram? Jika iya, pastikan browser bisa dibuka dengan ringan agar IG bisa berjalan normal tanpa gangguan.

Salah satu cara agar browser ringan adalah dengan membersihkan data dan cache pada browser, berikut cara menghapus history, data, dan cache pada laptop :

  • Buka browser yang biasa kamu gunakan.
  • Tekan kontrol, shift dan del bersama-sama.
  • Klik hapus sekarang atau hapus sekarang.

Untuk menghapus data di browser smartphone, silakan ikuti langkah-langkah berikut :

  • Masuk ke menu pengaturan smartphone dengan mengklik ikon roda gigi.
  • Pilih Aplikasi yang diinstal di bagian bawah.
  • Gulir hingga kamu menemukan nama browser yang biasa kamu gunakan.
  • Centang di bagian bawah ada opsi untuk menghapus data, klik itu.
  • Selanjutnya, pilih hapus semua data.
✅ BACA JUGA:   Cara Ekspor Chat Whatapps Yang Sudah Di Hapus

Langkah selanjutnya silahkan masuk ke browser pada smartphone untuk menghapus history browsing dan cache. Metode :

  • Buka peramban.
  • Pilih tiga titik di kanan atas.
  • Pilih riwayat.
  • Klik hapus data penjelajahan.
  • Periksa waktu dan atur rentang waktu.
  • Pilih hapus data.

Server Instagram Mati

Saat Instagram mengalami masalah, terkadang yang terlintas di benak kita adalah apakah Instagram sedang down? Jika memang penyebab instagram tidak bisa dibuka karena server sedang down, maka solusi satu-satunya adalah menunggu sampai server pulih.

Untuk mengeceknya bisa dilihat : http://www.isitdownrightnow.com/instagram.com.html

Koneksi Internet atau Jaringan yang Tidak Kuat

Instagram merupakan salah satu aplikasi yang membutuhkan sinyal kuat karena perlu memuat foto dan video dengan kualitas yang baik. Tak heran faktor eksternal berupa sinyal yang terbatas sangat mempengaruhi penggunaan aplikasi ini.

Karena sinyal yang terbatas, saat membuka akun Instagram membutuhkan waktu lama untuk memuat. Bahkan ada yang muncul yang postingan Instagramnya tidak bisa ditanggapi.

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah IG karena signal adalah dengan menunggu atau mencari tempat yang signalnya bagus.

Akun IG diblock atau diblokir

Instagram memiliki ketentuan yang berlaku untuk semua penggunanya. Pastikan untuk tidak melanggar ketentuan ini. Jika ada pengguna IG yang melanggar, maka akun tersebut bisa diblokir.

Fitur akun IG yang diblokir adalah ketika diakses akan mengatakan maaf, halaman ini tidak tersedia. Jika hal ini terjadi, coba ingat-ingat sekali lagi apakah kamu telah melanggar ketentuan Instagram. Jika kamu merasa tidak pernah melanggar, silakan ajukan banding.

Banding dapat dilakukan jika akun diblokir secara permanen. Di sisi lain, jika akun diblokir sementara, solusinya adalah menunggu hingga akun dipulihkan.

Lantas, bagaimana cara memulihkan Instagram yang diblokir permanen?

Ajukan banding dengan menghubungi Instagram secara langsung. Isi data-data tersebut dengan benar dan berikan alasan dengan jujur ​​dan jelas agar dapat diterima oleh Instagram.

Akses dibatasi oleh pihak yang bertanggung jawab

Biasanya hal ini terjadi pada penggunaan wifi di lingkungan pendidikan dan kerja. Hal ini dilakukan agar siswa atau karyawan tidak bermain media sosial saat berada di sekolah atau di tempat kerja.

Solusinya, silahkan gunakan VPN yang bisa diakses melalui Google dan Bing. Setelah terinstal, silahkan aktifkan. Jadi Instagram bisa diakses dengan mudah baik dengan smartphone maupun laptop.