cara cek layar xiaomi

5 Cara Cek Layar Xiaomi Menggunakan Semua Metode

Swakarta.comCara Cek Layar Xiaomi –  Layar merupakan bagian terpenting dari sebuah smartphone. Hal ini juga berlaku untuk ponsel Xiaomi. Nah buat kamu yang beli hp Xiaomi baru atau bekas wajib cek layarnya. Lalu bagaimana cara mengecek layar Xiaomi?

Menurut kami, ada dua cara untuk memeriksa layar Xiaomi. Cara pertama adalah melihatnya dari sudut pandang fisik. Sedangkan yang kedua adalah mengecek performa layar untuk mengetahui apakah layar Xiaomi normal atau rusak. Pemeriksaan fisik dapat dilakukan dengan mata telanjang. Kamu dapat melihat langsung apakah layar tergores atau pecah. Selain itu, kita juga bisa mengecek apakah ada dead pixel atau bayangan.

Layar HP Xiaomi banyak yang dead pixel. Ciri-cirinya adalah muncul bintik hitam atau putih di layar. Hal ini bisa terjadi karena ada piksel yang rusak sehingga tidak dapat menampilkan gambar dengan sempurna. Untuk mengetahui apakah ada dead pixel atau tidak, silahkan buka gambar putih dan lihat apakah ada titik-titik hitam di layar atau tidak. Terkadang piksel mati juga berwarna putih dan akan terlihat jelas secara fisik.

Kemudian cara mengecek layar Xiaomi yang mengalami Shadow adalah dengan melihat apakah ada bayangan di layar. Biasanya hal ini terjadi pada ponsel Xioami yang menggunakan panel Amoled. Namun tak jarang ponsel Xiaomi yang menggunakan panel IPS juga mengalami masalah bayangan.

Masalah dead pixel dan shadow bisa terjadi di semua tipe HP Xiaomi. Karena itulah kami sarankan untuk mengecek terlebih dahulu ponsel yang kamu beli. Lalu bagaimana cara mengecek layar Xiaomi menggunakan kode rahasia?

Cara Cek Layar Xiaomi Normal atau Rusak

cara cek layar xiaomi

Xiaomi memberikan kode rahasia yang bisa digunakan untuk mengecek kondisi layar. Melalui kode ini kita bisa mengetahui apakah layar masih normal atau sudah rusak. Kode ini bisa diakses di semua tipe HP Xiaomi dan untuk mengetahui kodenya silahkan simak informasi berikut ini.

✅ BACA JUGA:   Cara Menghapus Samsung Account Permanen, Praktis

Tutorial Cara Cek Layar LCD Xiaomi

1. Cara Cek Layar Xiaomi Melalui Kode Dial

Tahukah kamu bahwa sebenarnya ada berbagai kode rahasia Xiaomi yang masing-masing memiliki fungsinya masing-masing?. Kode rahasia Xiaomi sendiri digunakan untuk mengecek kondisi hardware, software, dan HP IMEI dengan cepat dan mudah.

Salah satu kode rahasia Xiaomi yang paling berguna adalah kode untuk mengecek kondisi layar HP Xiaomi. Untuk menggunakan kode ini, sangat mudah. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini :

  • Silahkan buka menu panggilan telepon, lalu ketik kode rahasia *#*#64663#*#*
  • Smartphone akan secara otomatis masuk ke menu Xiaomi Hardware Test Hardware Test
  • Setelah masuk ke Hardware Test, akan tersedia berbagai pilihan menu untuk mengecek kerusakan Hp Xiaomi.
  • Sekarang untuk memeriksa layar Xiaomi, silahkan pilih Touchpanel Edge
  • Touchpanel Edge akan menampilkan pola berupa huruf X dan kotak. Cara Cek Layar Hp Xiaomi
  • Silahkan usap seluruh layar hingga muncul warna hijau. Jika layarnya normal maka semua bagian bisa terisi warna hijau.
  • Dan Selesai

2. Cara Memeriksa Layar Sentuh Xiaomi dengan Tes Layar Sentuh

Selain menggunakan kode dial, kamu juga bisa mengecek layar LCD Xiaomi dengan aplikasi khusus untuk mengetes layar sentuh. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah Touchscreen Test yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Kamu cukup membuka aplikasi ini, lalu menguji touchscreen dengan berbagai tools yang disediakan. Kelebihan dari aplikasi ini adalah kamu juga dapat menguji apakah fitur multitouch dapat bekerja dengan baik atau tidak. Selain itu, aplikasi ini dapat menampilkan informasi pengujian layar sentuh yang terperinci, termasuk seberapa besar tekanan yang kami berikan pada layar sentuh.

3. Cara Cek Layar Xiaomi dengan Display Tester

Aplikasi Display Tester juga tidak kalah bagusnya dengan Touchscreen Test, mengingat aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki layar yang error. Untuk menggunakannya, Kamu hanya perlu membuka aplikasi ini dan memilih menu tes layar yang diinginkan.

Ada berbagai tes untuk menguji kecerahan warna, kontras, gradasi, kalibrasi warna, dan bahkan melihat layar dari berbagai sudut. Sangat cocok untuk menguji ponsel dengan layar AMOLED.

✅ BACA JUGA:   Cara Mengunci Jaringan 4G Xiaomi! Kamu Wajib Baca

4. Cara Memeriksa Layar Sentuh Xiaomi dengan Tes Multi Sentuh

Cara ampuh lainnya untuk mengecek layar Xiaomi adalah dengan menggunakan aplikasi Multi Touch Test. Seperti yang lainnya, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Play Store. Untuk menguji layar, kamu cukup menekan lingkaran di layar secara bersamaan. Hal ini bertujuan untuk menguji apakah fitur multitouch tersebut masih responsif atau tidak.

Selain itu, ada juga tes warna layar dimana aplikasi ini akan menampilkan warna dan kode warna di layar. Jika warna yang ditampilkan tidak sesuai, dapat dipastikan ada kerusakan pada layar LCD.

5. Cara Memeriksa Layar Xiaomi dengan Tes dan Perbaiki Piksel Mati

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mengecek LCD Xiaomi adalah melalui aplikasi Dead Pixels Test and Fix. Pada dasarnya, aplikasi ini dapat mendeteksi jika ada piksel mati di layar. Tidak hanya itu, ada fitur bawaan yang dapat memperbaiki piksel mati.

Aplikasi Dead Pixels Text and Fix ini akan menampilkan kombinasi warna pada layar yang dapat mengembalikan kondisi dead pixel ke keadaan semula.

Kode Rahasia Xiaomi Beserta Fungsinya

Hp merek Xiaomi tidak kalah bagusnya dengan smartphone-smartphone android merek lainya seperti Samsung dan Huawei. Nah, bagi kamu para pengguna Hp merek Xiaomi memang ada beberapa kode rahasia yang perlu kalian ketahui dengan jelas fungsinya. Dan berikut adalah Kode Rahasia Xiaomi Beserta Fungsinya :

  • *#*#64663#*#* – Kode yang paling utama khusus pengguna Xiaomi. Ada 27 indikator untuk mengecek apakah Xiaomi kamu mengalami kerusakan atau tidak.
  • *#06#* – Kode umum untuk mengecek IMEI sebuah smartphone termasuk juga Xiaomi.
  • *2767*3855# – Kode ini adalah kode untuk hard reset Xiaomi. Tolong pertimbangkan terlebih dahulu semebum menggunakanya, karena bisa menghapus semua data di memory internal bahkan juga aplikasi sistem.
  • *#*#4636#*#* – Cek status informasi seperti baterai dan aplikasi berjalan.
  • *#*#273282*255*663282#*#* – Kode ini berfungsi untuk membuat cadangan/back up file di Xiaomi misalnya foto, video, dan lain-lain. Jika kalian tidak memerlukanya maka sebaiknya tidak mengunakan kode ini.
  • *#*#197328640#*#* – Khusus untuk service center, untuk mengaktifkan test mode pada Hp Xiaomi.
  • *#*#1111#*#* – Berfungsi untuk melihat versi FTA.
  • *#*#1234#*#* – Kode ini digunakan untuk melihat versi Firmware di Xiaomi.
  • *#*#232339#*#* – Untuk test Wireless LAN pada setiap jaringan Wifi yang sudah terhubung dengan Hp Xiaomi.
  • *#*#0842#*#* – Berfungsi untuk mengecek LCD backlight dan juga tes getar atau vibrator.
  • *#12580*369# – Kode yang digunakan untuk melihat informasi jenis part atau hardware dan software yang ada di Hp Xiaomi.
  • *#*#2664#*#* – Kode yang digunakan untuk test touchscreen pada Hp Xiaomi. Bisa kalian gunakan jika layar pada ponsel Xiaomi kamu sudah tidak responsive.
  • *#9900# – Kode yang berfungsi untuk masuk mode sistem dump OS Android.
  • *#9090# – Kode yang berfungsi sebagai Diagnostic Cofiguration testing.
  • *#*#34971539#*# – Kode yang digunakan untuk mengetahui detail informasi kamera pada Xiaomi.
  • *#872564# – Kode yang digunakan untuk usb login control.
  • *#*#7780#*#* – Kode yang berfungsi untuk reset pengaturan pabrik.
  • *#*#7594#*#* -Kode yang berfungsi untuk aktifkan mode end call / akhiri telepon dengan menekan tombol power.
  • *#*#8255#*#* – Kode untuk menjalankan layanan g talk monitor.
  • *#*#232338#*#* – Kode yang digunakan untuk melihat Wifi MAC address.
  • *#*#1472365#*#* – Kode yang digunakan untuk test GPS Xiaomi.
  • *#*#232331#*#* – Kode yang berfungsi untuk test Bloetooth pada Hp Xiaomi apakah masih berfungsi atau tidak.
  • *#*#0588#*#* – Kode yang digunakan untuk test sensor Proximity Xiaomi.
  • *#*#0*#*#* – Kode untuk test layar LCD Xiaomi.
  • *#*#2663#*#* – Kode untuk melihat versi layar sentuh atau touchscreen Hp Xiaomi.
  • *#*#3264#*#* – Kode yang digunakan untuk melihat versi RAM Xiaomi.
  • *#*#2222#*#* – Kode untuk melihat pta hardware versi.
✅ BACA JUGA:   3 Cara Mengatasi Hp Xiaomi Ngehang Agar Normal Kembali

Itulah cara cek layar xiaomi dan juga beserta kode rahasia hp xiaomi, jika kamu mempunyai keluhan seputar hp xiaomi kamu bisa menghubungi Xiaomi center dengan cara klik di sini atau bisa juga menghubungi mereka via sosial media.