transaksi berhasil pulsa tidak masuk

Transaksi Berhasil Pulsa Tidak Masuk : Penyebab dan Cara Mengatasi

Swakarta.com – Pulsa tidak masuk? Lalu apa penyebab transaksi berhasil pulsa tidak masuk ? Pada artikel kali ini kita akan membahas secara detail cara mengatasi beli pulsa tidak masuk untuk semua operator. Silakan baca dengan seksama.

Seperti yang kita ketahui bersama, kejadian pulsa tidak masuk tapi saldo terpotong merupakan masalah yang cukup mengkhawatirkan. Bagaimana tidak, jika denyut nadi tidak masuk, kita tidak akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Contohnya antara lain membeli kuota, melakukan panggilan, SMS dan aktivitas lainnya.

Ternyata tidak sedikit yang mengalami hal seperti ini, banyak dari teman-temannya yang lain sering mengeluhkan masalah pulsa yang tidak masuk. Biasanya penyebabnya adalah kesalahan jaringan, perangkat yang rusak hingga masalah dari operator. Bukan hanya itu, masih banyak penyebab transaksi sukses tapi pulsa tidak masuk lho. Ingin tahu? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Penyebab dan Langkah-langkah Mengatasi Transaksi Berhasil Pulsa Tidak Masuk

Pernahkah kamu mengalami pembelian pulsa transaksi berhasil pulsa tidak masuk?, Apa tanggapan kamu saat itu? Apakah kamu menyalahkan petugas konter atau menyalahkan situs top up otomatis online?, Apalagi kamu yang berprofesi sebagai penjual pulsa, bagaimana tidak merasa “gelisah” ketika ada pembeli yang komplain pulsa tidak masuk. Berikut Penyebab transaksi berhasil pulsa tidak masuk dan cara mengatasinya.

transaksi berhasil pulsa tidak masuk

Penyebab Pulsa Tidak Masuk Tapi Saldo Terpotong

Tidak ada masalah tanpa sebab, ini sama saja. Berikut adalah beberapa di antaranya Penyebab transaksi berhasil pulsa tidak masuk, simak dibawah ini :

  • Salah nomor.
  • Kesalahan jaringan.
  • Perangkat mengalami masalah.
  • Telepon dalam mode penerbangan.
  • Saldo habis.
  • Pembaruan Paket Otomatis.
  • Telah membeli Pulsa Darurat.
  • Penyedia telah jatuh.
  • Pulsa belum dikirim.

Ada berbagai hal yang menyebabkan pulsa tidak masuk, beberapa di antaranya bisa datang dari kita sebagai pembeli atau mereka sebagai penjual. Jadi, pastikan ksmu memahami penyebabnya, lalu kamu bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Cara Mengatasi Pulsa Telkomsel Tidak Masuk

Perlu diketahui, ada 4 cara mengatasi transaksi berhasil pulsa tidak masuk ketika pembelian pulsa, transaksim sudah berhasil pulsa tidak masuk sebelum melakukan komplain kepada penjual pulsa atau operator customer service :

Cocokkan Nomor Pembeli (Antisipasi Nomor Yang Salah)

Hanya satu nomor yang kemungkinan akan dikirim ke nomor orang lain. Saat pembelian pulsa tidak masuk, coba cocokkan nomor yang disebutkan pembeli dengan nomor yang ada di ponselnya. Jika nomornya sama, dan pulsa tetap tidak masuk, silakan lanjutkan ke perawatan ke-2.

Cek Pulsa Secara Berkala

Kadang pulsanya agak telat masuk (belum ditambah), padahal seller sudah bilang transaksi sudah “berhasil”. Ini karena mungkin sistem operator atau “apapun…” lambat. Solusinya, periksa kembali denyut nadi setelah beberapa menit (2-3 menit). Pengecekan pulsa secara berkala ini merupakan rekomendasi dari CS Operator.

Namun, ada juga pembeli yang mengatakan pulsa tidak masuk hanya karena tidak mendapatkan sms pemberitahuan penambahan pulsa dari operator. Padahal dia belum coba mengecek pulsa. Bisa saja pulsa sudah bertambah, namun sms pemberitahuan telat masuk.

Seperti kamu mengirim sms ketika jaringan sedang lemah atau gangguan akan lambat terkirim/diterima- kurang lebih logika sederhananya. Jadi, coba cek pulsa dulu ya…

Cek Apakah Nomor Pembeli Berlangganan Paket/Layanan yang Memperpanjang Otomatis

Banyak yang belum mengetahui kejadian ini, kamu pasti pernah di alami kasus pembeli yang komplain pulsa belum masuk. Setelah di cek hp nya, ternyata ada pesan masuk tentang “perpanjangan paket internet…”. Sudah bisa dipastikan, pulsa yang baru dia beli “Langsung Terpotong” karena berlangganan paket internet yang diperpanjang otomatis.

Akhirnya setelah dijelaskan dengan gaya upin ipin, pembeli mulai mengerti. Maklum pembelinya anak kecil
Hubungi CS Server Pulsa tempat kamu Membeli Saldo atau Call Center Operator Terkait
Nah bila ke-3 treatment sebelumnya mandeg, sudah dicek tiada hasil silahkan masuk ke treatment ke-4 ini.

Bisa jadi sedang ada gangguan pengisian pulsa. kamu bisa menghubungi CS Server Pulsa tempat kamu membeli saldo atau langsung menelepon ke Call Center Operator terkait. Misal nomor pembeli menggunakan Telkomsel, silahkan telpon ke Call Center Telkomsel.

✅ BACA JUGA:   Cara Gift SMS Sesama Pengguna Telkomsel

Berikut ini Nomor Resmi Operator Layanan Pelanggan Operator Seluler Indonesia :

  • Call Center Telkomsel 188 (Gratis namun seteleh terhubung ke CS akan dikenakan tarif)
  • Call Center Indosat 185 (Rp 400/panggilan)
  • Call Center XL 817 (Rp 500/panggilan)
  • Call Center Axis 838 (Rp 800/panggilan) atau 0838 8000 838 bila tidak menggunakan nomor Axis
  • Call Center Smartfren 888 (Rp 300/panggilan) atau 0881 1223 344 bila tidak menggunakan nomor Smartfren

Teliti Sebelum Memberi Nomor

Mungkin salah satu penyebab pulsa tidak masuk adalah kesalahan kamu sendiri yang memberikan nomornya. Ya, ini sering terjadi. Penyebabnya bisa karena kamu sedang terburu-buru, tidak fokus atau ada kendala lain. Untuk itu, sebelum penjual mengirimkan pulsa, pastikan kamu mengeceknya dengan benar.

Ini bisa jadi salah satu solusi lho. Jika kamu sudah melakukannya, maka kamu dapat memeriksa kembali nomor yang kamu berikan. Jika ada kesalahan di pihak kamu, maka biarkan saja, karena itu bukan kesalahan operator atau penjual.

Tapi, jika itu kelalaian penjual, kamu bisa meminta jaminan berupa pengiriman ulang atau uang kembali kepada mereka, misalnya mereka salah memasukkan nomor padahal kamu memberikannya dengan benar. Tidak apa-apa hehehe.

Pindah ke tempat terbuka

Masalah jaringan sering terjadi dimana-mana, tidak hanya kamu, admin juga sering mengalami hal seperti ini. Wajar saja, mengingat semua punya kelemahannya masing-masing. Nah, bisa jadi pulsanya tidak masuk karena sinyalnya kurang bagus atau bahkan tidak ada sama sekali.

Salah satu solusi yang bisa kamu gunakan adalah berpindah tempat. Misalnya, jika kamu berada di ruangan tertutup, maka carilah tempat yang lebih terbuka. Ini bisa menjadi solusi yang efektif jika pulsa tidak masuk.

Tunggu 1 x 24 jam

Karena salah satu penyebabnya adalah jaringan, mungkin tidak bisa langsung pulih. Bisa kembali normal dalam jangka waktu yang cukup lama. Kamu pikir itu bahkan bisa memakan waktu berjam-jam. Untuk itu kamu bisa menunggu kurang lebih 1 hari atau 1×24 jam.

Biasanya tidak terlalu lama, tapi bagi kamu biasanya seperti itu. Jika lebih dari itu maka kamu akan mencari tahu lebih lanjut apa masalahnya. Kamu juga bisa mencobanya lho, sob!, jika sudah 1×24 jam masih belum ada kemajuan kamu bisa menghubungi CS telkomsel, dengan Cara Klik disini.

✅ BACA JUGA:   Cara Menggunakan Google Docs Voice Typing

Matikan mode pesawat

Bukan soal jumlah atau tempat, terkadang alasannya adalah kamu mengaktifkan mode pesawat. Sebenarnya bagus untuk mereset jaringan, tetapi jika terus menyala maka tidak ada jaringan yang masuk.

Akibatnya, pulsa kamu tidak akan masuk jika mode pesawat masih menyala. Kamu harus mematikannya!. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

# Pertama

  • Navigasi geser ke bawah.
  • Kemudian cari ikon berbentuk pesawat.
  • Kemudian periksa apakah itu hidup atau mati (biasanya jika menyala, itu ditandai dengan warna.
  • Setelah itu kamu klik untuk mematikannya.

# Kedua

  • Silahkan masuk ke menu pengaturan.
  • Cari saja menu mode Pesawat.
  • Kemudian klik untuk mematikannya.
  • Setiap langkah memiliki kelebihan dan kekurangan, kamu pikir dapat memilih yang pertama. Alasannya karena mudah dan sederhana!

Periksa perangkat

kamu harus melakukan ini, siapa tahu perangkat kamu yang bermasalah. Beberapa poin yang dapat kamu periksa:

  • Slot Kartu Sim
  • kartu SIM
  • Pengaturan alat

Cukup rumit, tapi biasanya kamu hanya perlu mengecek slot dan kartunya saja. Itu juga cukup, karena hanya untuk memastikan apakah masih bagus atau tidak. Jika itu masalah maka kamu harus memperbaikinya.

Bersihkan Slot Kartu Sim

Setelah kami cek, terkadang ada banyak debu di slot sim. kamu harus membersihkannya!, Jika banyak, bisa jadi salah satu penyebab pulsa kamu tidak masuk karena debu sudah menggumpal. Ini bisa jadi salah satu penyebab pulsa sudah terkirim tapi belum diterima, oleh karena itu kamu harus bisa membersihkannya.

Membersihkannya bisa menggunakan kuas atau kuas, silahkan digosok tapi jangan terlalu keras, biasakan saja. Padahal, hal seperti ini bisa menyebabkan sim card tidak bisa digunakan, lho.

Lihat Juga: