penyebab website down

8 Penyebab Website Down dan Cara Mencegahnya

Swakarta.com – Bagi pemilik website, tidak hanya konten yang harus diperhatikan. Anda perlu memikirkan pengelolaan website yang baik. Hal ini penting agar website mudah diakses oleh pengunjung dan tidak down. Jika mengalaminya, berikut akan dijelaskan penyebab website down.

Waktu down biasanya menyebabkan turunnya berkembangnya website karena pengunjung lebih sedikit. Website down memberikan dampak negatif bagi website Anda. Untuk itu, perlu cara mengatasi server down seperti yang dijelaskan dalam artikel ini.

Penyebab Website Down dan Cara Mencegahnya

Berikut adalah beberapa penyebab website down yang perlu Anda ketahui. Dari penyebab tersebut, dapat dilakukan cara mengatasi server down dengan tepat.

1. Kualitas Web Hosting yang Kurang Baik

hosting niaga hoster

Hosting yang Anda pilih menentukan performa website yang Anda bangun. Jika memilih layanan penyedia hosting yang tidak tepat, website Anda bisa mengalami down.

Oleh sebab itu, cara mengatasi server down untuk masalah yang satu ini adalah dengan memilih penyedia hosting terpercaya dan berkualitas.

Anda bisa menggunakan hosting Niagahoster yang memberikan banyak fitur untuk website Anda. Selain itu, hosting yang dipilih memiliki performa yang bagus sehingga website memiliki kecepatan yang baik dan tidak mengalami server down.

✅ BACA JUGA:   Cara Mudah Untuk Cek No XL Anda

2. Tingginya Trafik Melebihi Kapasitas Server

Penyebab website down lainnya yaitu karena tingginya trafik yang melebihi kapasitas server. Setiap hosting yang Anda beli memiliki kapasitas server yang berbeda-beda sesuai dengan jenis hostingnya.

Jika menggunakan shared hosting, kapasitasnya juga terbatas karena terbagi dengan website lainnya. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya perlu menggunakan hosting yang tepat agar kapasitas servernya sesuai dengan trafik website Anda.

Anda bisa menggunakan VPS (Virtual Private Server) jika website memiliki volume pengunjung yang tinggi. Kapasitasnya besar dan bisa diupgrade sehingga kecepatan website stabil dan tidak mengalami down.

Semakin banyak kapasitasnya maka semakin tinggi pula banyaknya pengunjung yang bisa ditampung untuk masuk ke website Anda.

3. Masalah Pada Domain Name System

Domain Name System (DNS) juga dapat menyebabkan server down apabila mengalami error atau gangguan. DNS adalah sistem yang memudahkan user untuk menemukan website Anda dengan memasukkan nama domainnya.

DNS memiliki fungsi yang sangat penting sehingga perlu melakukan pengaturan secara tepat. Oleh sebab itu, atur DNS agar browser bisa mengarahkan pengunjung ke website Anda.

4. Gangguan pada Data Center

Data center merupakan sebuah tempat yang menampung komputer server untuk digunakan di berbagai kepentingan. Jika Data Centernya rusak atau gangguan, server menjadi tidak bisa digunakan.

✅ BACA JUGA:   Cara Cek Voucher Telkomsel Sudah Terpakai Atau Belum

Dengan demikian, website tidak bisa dibuka oleh user internet. Data center yang gangguan ini biasanya disebabkan pemadaman listrik sampai dengan bencana alam. Jika demikian, tidak ada yang bisa Anda lakukan.

5. Maintenance Server

Maintenance server merupakan salah satu penyebab website down yang tidak bisa diatasi. Hal ini karena server membutuhkan perawatan jika sudah digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Yang melakukan maintenance server ini adalah dari penyedia hosting dengan tujuan yang baik. Oleh sebab itu, cara mengatasi server down untuk yang satu ini tidak perlu khawatir karena ini adalah hal yang wajar.

Cukup menunggu sampai penyedia hosting selesai melakukan maintenance. Umumnya jadwal server down untuk maintenance akan diinformasikan oleh penyedia hosting agar pemilik website tidak panik jika websitenya mengalami down sewaktu-waktu.

6. Kesalahan pada CMS

CMS (Content Management System) juga dapat mengalami error karena beberapa faktor. Bisa dari plugin yang tidak kompatibel, kesalahan URL, sistem error, dsb. Kesalahan ini juga dapat memunculkan kode error 404 ketika pengunjung ingin mengakses website Anda.

Selain itu, waktu down biasanya menyebabkan munculnya kode 502, 403, dsb yang bisa muncul ketika CMS salah. Cara mengatasi server down karena kesalahan pada CMS dapat dilakukan dengan mengetahui maksud dari setiap kode error yang ditampilkan.

✅ BACA JUGA:   Paket Internet Smartfren : Harian, Mingguan, dan Bulanan

Anda bisa melakukan pengaturan yang banyak ditemukan di internet sesuai dengan kode error tersebut.

7. Masalah pada Coding

Website yang error selanjutnya yaitu karena masalah pada coding. Hal ini umum terjadi apabila banyaknya barisan kode yang harus ditulis di file untuk mengelolanya.

Pengaturan coding ini sangat krusial dan penting karena jika salah ketik satu huruf saja maka website Anda bisa menjadi error dan waktu down biasanya menyebabkan gangguan baik dari segi tampilan dan fungsi yang tidak bisa dipakai.

Untuk mengatasinya, Anda perlu memastikan dan mengecek barisan coding tersebut mana yang salah, lalu perbaiki tulisannya.

8. Serangan Hacker

Hal yang perlu diwaspadai oleh pemilik website adalah serangan dari hacker yang bisa membuat website tidak bisa digunakan. Salah satu cirinya adalah website down. Waktu down biasanya menyebabkan pemilik website tidak bisa masuk ke situs tersebut.

Bahkan, datanya juga dapat dicuri. Untuk menghindarinya, perlu meningkatkan keamanan server dengan memakai fitur keamanan tambahan selain dari keamanan standar yang dimiliki.

Kesimpulan

Itulah penyebab website down dan cara mencegahnya. Untuk cara mengatasi server down lebih mudah, pakailah hosting dari Niagahoster yang akan membuat website tidak mengalami down karena kontrolnya yang baik dan berkualitas.