update versi android

Pembaruan Versi Android, Apakah Penting?

Android termasuk salah satu sistem operasi smartphone yang paling populer sampai saat ini. Sejak awal di luncurkan versi Android Alpha pada tahun 2008 silam, hingga kini terus dikembangkan sampai versi terbaru yaitu Android R.

Biasanya setiap ada peluncuran versi android terbaru, semua smartphone akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan pembaruan versi. Namun tidak semua brand smartphone seperti Samsung, Oppo, Vivo, Asus, Xiaomi, Lenovo yang bisa diupdate ke versi terbaru. Beberapa tipe yang mereka punya terkadang sudah tidak kompatibel lagi dengan pembaruan android tersebut.

Fungsi Pembaruan Versi Android

Update sistem pada android adalah proses pembaruan pada perangkat lunak dalam sebuah smartphone yang bertujuan untuk memperbaiki, menambahkan hingga menghapus fitur-fitur tertentu. Nah untuk lebih jelasnya mari kita ulas apa saja manfaat yang didapat dari update android

Meningkatkan Sistem Keamanan Pada Android

Tidak hanya pada perangkat komputer ataupun laptop, sistem android pun tak luput dari serangan virus dan malware. Semakin hari virus dan malware pun kian canggih, dari yang hanya mengganggu kinerja android hingga pencurian data-data penting yang tersimpan di perangkat.

✅ BACA JUGA:   Asus Zenfone 7 Bakal Tampil dengan Fitur Kamera Flip

Biasanya pembaruan sistem android dilakukan guna menambal celah-celah yang digunakan oleh virus pada sistem android terdahulu. Diharapkan dengan versi terbaru dapat meningkatkan sistem keamana yang ada pada perangkata android tersebut.

Memperbaiki Bug Sistem

Hingga kini android masih terus dikembangkan hingga menjadi lebih baik lagi dari versi sebelumnya. Bug-bug pada android masih saja ditemukan oleh pengguna. Bahkan tak jarang perangkat dengan versi android terbarupun tak luput dari bug tersebut.

Bug bisa terjadi karena adanya kecacatan sistem yang muncul akibat kesalahan ataupun ketidaksengajaan saat proses developmen. Biasanya bug yang ditemukan akan langsung dilaporkan dan developer akan segera memperbaikinya dan memberikan update versi terbarunya.

Peningkatan Performa Android

Jika kamu pengguna android dari dulu tentu kamu sepakat jika versi android yang lama terasa lebih buruk dibanding versi yang saat ini. Dikarenakan android yang bersifat open source, maka tak heran jika masing-masing brand smartphone berusaha memodifikasi sistem mereka menjadi lebih baik.

Semua pabrikan tentu ingin memberikan perangkat mereka sistem yang lebih baik dari kompetitor mereka. Untuk itulah android terus diperbaharui guna meningkatkan performa perangkat mereka agar selalu menjadi terdepan.

✅ BACA JUGA:   Mencoba Smartphone Gaming yang Terbaik

Penambahan Fitur Terbaru

Tentu ketika kamu selesai melakukan pembaruan android, kamu mendapati beberapa fitur terbaru yang sebelumnya tidak ada. Nah itulah fungsi dari update tersebut, dimana kamu akan mendapatkan penambahan fitur dan menu untuk semakin menyempurnaan perangkat yang kamu miliki. Jika kamu melihat ponsel temanmu memiliki fitur yang tidak kamu miliki padahal brand dan tipenya sama, itu tandanya kamu perlu meng-update versi androidmu.

Selain itu, pembaharuan kadang juga dilakukan untuk tampilan interface yang lebih segar. Tentunya ini juga penting dilakukan agar android tidak terkesan monoton dengan tampilan yang begitu-begitu saja.

Sebelum Melakukan Update Android Versi Terbaru

Ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum melakukan update versi. Tidak hanya koneksi yang cepat dan paket data saja (bagi kamu yang masih pakai kuota), namun ada beberapa hal penting yang perlu juga kamu perhatikan. Diantaranya,

Daya Baterai Yang Cukup

Saat melakukan pembaruan, ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan lumayan menguras daya baterai. Pastikan jika sisa daya baterai kamu masih banyak sebelum memutuskan untuk update. Lebih baik lakukan pengisisan daya terlebih dahulu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan nantinya.

Baterai habis dan proses update belum selesai adalah hal fatal. Bisa saja kamu mengalami kerusakan sistem yang membuat androidmu tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya.

✅ BACA JUGA:   6 Langkah Mudah Cara Aktifkan Split Screen Android Pie

Ruang Penyimpanan Yang Cukup

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, update versi berarti adanya penambahan dan penggantian fitur pada sistem. Pada saat pembaharuan, ponsel kamu akan mendownload seluruh sistem terbaru yang nantinya akan dipasangkan ke perangkat. Tentunya semua pembaruan tersebut membutuhkan ruang penyimpanan untuk meletakkan file sistem yang di update.

Jangan sampai kamu sudah menunggu lama, ternyata update gagal karena memori kamu terlalu penuh. Bahkan yang lebih buruknya bukan hanya gagal update tapi juga eror pada perangkat android.

Backup Data Penting

Meskipun proses update tidak akan menghapus data-data yang kamu miliki, namun melakukan backup sangat disarankan. Kita tidak tau apakah akan ada eror saat proses update berlangsung. Jangan sampai kamu kehilangan data penting tersebut karena proses update yang gagal.

Kesimpulannya adalah, update versi ke android terbaru sangat penting dan sangat disarankan untuk dilakukan. Namun jika kamu mendapati perangkat android yang kamu miliki masih menggunakan versi lama dan tidak ada opsi update, itu tandanya perangkatmu sudah cukup lawas dan tidak kompatibel dengan versi terbaru. Mungki kamu sudah saatnya untuk memilih smartphone terbaru.