Cara membuat meeting di google meet

Ini Dia Cara Mudah Membuat Meeting di Google Meet

Swakarta News – Sejak awal tahun 2019, komunikasi tatap muka semakin sulit dilakukan karena sebagian besar orang sudah bekerja dari rumah. Kemudian, pilihan konferensi video menjadi solusi. Ini dia cara membuat meeting di Google Meet.

Sampai hari ini, kegiatan konferensi video menjadi hal yang penting dan tidak terpisahkan dalam keseharian kita. Salah satu penyedia layanan konferensi video adalah Google dengan produk Google Meet.

Google Meet sangat populer di antara pekerja dan umum. Pengaturan mereka yang sederhana membuat banyak orang bisa dengan mudah mengaksesnya. Untuk memulai video meeting dari Google Meet.

Ini dia cara mudah membuat meeting di Google Meet

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah buka Google Meet. Kalian bisa memulainya dengan masuk ke akun Gmail kalian atau kunjungi laman meet.google.com. Link ini akan membawa kalian ke halaman beranda Google Meet. Kalian dapat menjadwalkan rapat melalui link itu

✅ BACA JUGA:   5 Cara Menyalakan Mic di Google Meet, Lengkap

Jika kalian ingin memulai rapat baru untuk masa yang akan datang. Berikut ini merupakan cara membuat link Google Meet untuk besok atau waktu tertentu.

  1. Pertama, klik “Rapat Baru“. Klik tombol hijau yang bertuliskan “Rapat Baru” di pojok kanan bawah halaman.
  2. Kemudian pilih “Jadwalkan di Google Kalender“. Google akan memberikan kalian 3 pilihan: mendapatkan link rapat untuk dibagikan ke peserta, mulai rapat instan, dan menjadwalkan rapat di Google Kalender.
    Apabila kalian ingin menjadwalkan rapat, kalian akan diarahkan ke Google Kalender dan dengan begitu kalian bisa mengetahui cara membuat link Google Meet terjadwal. Google Kalender adalah produk lain dari Google Workspace.
  3. Ketiga adalah isi detail rapat. Google akan memberikan kalian formulir untuk diisi dengan semua detail pertemuan.
    Hal yang perlu kalian isi adalah:

    • Isi judul rapat; periksa dengan jadwal kerja peserta dan kemudian pilih tanggal, waktu, dan durasi;
    • pilih apakah ini acara satu kali atau berulang;
    • Tambahkan deskripsi;
    • tambahkan tamu; dan
    • sertakan informasi lain yang kalian inginkan.
    • Setelah selesai kalian bisa klik “Simpan”. Google secara otomatis membuat tautan rapat khusus dan nomor telepon untuk rapat kalian.
  4. Jika hari yang ditunggu telah tiba, kalian bisa langsung memulai rapat dengan link yang sudah dibagikan sebelumnya.
  5. Lalu tempel link tersebut ke browser atau masukkan link ke kolom “Masukkan kode atau link“.
  6. Setelahnya kalian bisa klik “Gabung”.
✅ BACA JUGA:   5 Rekomendasi Aplikasi Musik Gratis Terbaik

Bagaimana jika ingin memulai rapat yang mendadak?

Kalian juga bisa membuat rapat instan dengan cara membuat rapat baru dan bergabung secara langsung.

Bagaimana cara menampilkan video di Google Meet?

Saat berada dalam rapat, kalian dapat menyalakan dan mematikan kamera dan mikrofon, serta hadir jika penyelenggara memberi kalian izin untuk melakukannya. Ada juga fungsi chat, yang berguna jika Anda mengalami kesulitan atau hanya ingin berkomentar tanpa mengganggu presenter. Untuk meninggalkan rapat, klik ikon telepon merah di bagian bawah.

Bagaimana cara membuat link Google Meet di laptop?

Cara membuatnya kurang lebih sama seperti penjabaran sebelumnya. Namun apabila kalian menggunakan komputer atau laptop, kalian bisa dengan mudah mengatur persiapan untuk Google Meet.

✅ BACA JUGA:   Mau Kirim uang ke Indonesia? Inilah 5 Aplikasi Kirim Uang ke Indonesia Termudah

Kalian bisa pilih untuk mengatur langsung menggunakan surel atau melalui link meet.google.com.

Sebagai informasi tambahan, peserta rapat bisa saja membagikan link pertemuan ke orang lain. Saat pertemuan akan berlangsung ternyata ada tamu yang tidak diketahui hadir dalam pertemuan itu, sebagai admin dari organisasi kalian mengizinkan ia masuk.

Namun, apabila pertemuan dibuat dari Google Account pribadi hanya pembuat pertemuan yang bisa mengizinkan partisipan terpilih masuk ke forum.

Orang – orang masih sering bingung tentang bagaimana cara membuat meeting di Google Meet. Untungnya, kini tidak perlu bingung lagi karena ada artikel ini yang bisa membantu.