Penyebab hp tidak bisa menelpon

Kenali 10 Penyebab HP Tidak Bisa Telepon

Swakarta News – Kamu mungkin akan merasa panik atau bingung jika HP tidak bisa digunakan untuk menelpon atau menerima panggilan, lalu sebenarnya apa penyebab HP tidak bisa telepon?

Jika membahas mengenai penyebabnya, tentu jawabannya sangatlah beragam. Untuk mengetahui semua penyebab HP tidak bisa menelpon, silakan simak artikel ini hingga selesai.

Penyebab HP Tidak Bisa Menelpon

Namun sebelum kamu mencari tahu apa penyebabnya, kamu juga harus mengenali ciri-ciri yang terjadi jika HP tidak dapat digunakan untuk telepon. Berikut di antaranya:

  • Tidak ada suara apa pun (tidak ada suara tut tut) saat menelpon
  • Telepon tiba-tiba langsung mati, padahal belum terhubung
  • Tidak bisa melakukan cek pulsa
  • Bahkan tidak bisa mengirim SMS

Jika kamu mengalami ciri-ciri di atas, berikut ini beberapa penyebab HP tidak bisa digunakan untuk telepon.

✅ BACA JUGA:   Pembaruan Versi Android, Apakah Penting?

1. Pulsa Habis

Masalah pertama yang menjadi penyebab HP tidak dapat digunakan untuk menelpon, yaitu karena pulsa yang habis. Seperti yang kamu tahu bahwa untuk bisa melakukan panggilan keluar, tentu dibutuhkan pulsa.

Jadi, sebaiknya coba cek sisa pulsa yang kamu miliki, jika ternyata habis atau dibawah 1000, maka bisa jadi inilah penyebabnya.

Namun jika pulsa kamu masih banyak, maka ada penyebab lain.

2. Kartu dalam Masa Tenggang

Kartu SIM dalam masa tenggang juga bisa menjadi salah satu penyebab hp tidak bisa telepon. Beberapa provider tidak memperbolehkan penggunanya melakukan panggilan saat kartu SIM berada pada masa tenggang.

Namun,  biasanya masih bisa digunakan untuk menerima panggilan yang masuk. Solusinya yaitu silahkan cek kartu kamu apakah sedang berada di masa tenggang atau tidak.

Jika ternyata kartu kamu sedang dalam masa tenggang, silakan lakukan pengisian ulang pulsa untuk menambah masa aktif kartu kamu.

3. Masa Aktif Kartu Habis

Penyebab HP tidak bisa telepon berikutnya, yaitu karena masa aktif kartu kamu sudah habis. Jadi, sebaiknya segera lakukan pengisian ulang pulsa jika masa aktif kartu kamu benar-benar habis.

✅ BACA JUGA:   Wow, Samsung Kembangkan Sensor Kamera Smartphone dengan Resolusi 600MP

Namun jika tidak, maka hal tersebut disebabkan oleh hal lain.

4. Kartu Terblokir

Selain kartu dalam masa tenggang atau masa aktif yang telah habis, masalah tersebut juga bisa disebabkan karena kartu yang terblokir.

Kartu SIM yang terblokir tidak hanya terjadi jika masa aktif telah habis dan masa tenggang telah lewat saja. Namun, juga bisa terjadi karena beberapa hal lain, seperti melakukan pelanggaran dari syarat & ketentuan provider kartu tersebut atau bahkan belum melakukan registrasi SIM.

5. Masalah Jaringan

HP tidak bisa telepon juga bisa disebabkan karena masalah jaringan yang sedang terjadi di area kamu.

Hal ini biasanya ditandai dengan tidak adanya sinyal, muncul tanda silang pada sinyal, atau muncul tulisan panggilan darurat saja.

Jika kamu mengalami hal ini, tentu kamu tidak akan bisa melakukan telepon, baik panggilan keluar atau panggilan masuk.

6. Mengunci Jaringan 4G Only

Mengunci jaringan 4G Only juga bisa menjadi penyebab HP tidak bisa digunakan untuk melakukan telepon.

Jadi jika kamu mengunci jaringan 4G saja, sebaiknya ubah pengaturannya secara default.

7. Belum Melakukan Proses Registrasi

Pemerintah Indonesia telah menerapkan sebuah ketentuan bahwa semua kartu SIM harus dilakukan registrasi menggunakan data KTP dan KK.

✅ BACA JUGA:   Tutorial Cek IMEI Hp Realme Terbaru, Di Jamin Bisa!

Jadi, jika kamu tidak melakukan proses registrasi tersebut, kamu tidak akan bisa menggunakan kartu SIM tersebut untuk melakukan panggilan, mengirim SMS, hingga menggunakan jaringan internet.

8. FDN dalam Kondisi Aktif

Penyebab HP tidak bisa menelpon selanjutnya, yaitu karena pengaturan atau fitur FDN (Fixed Dialing Number) dalam kondisi menyala.

Fitur FDN ini akan memaksa HP atau jaringan melakukan pembatasan pada panggilan telepon.

Jadi sebaiknya matikan fitur FDN agar bisa melakukan panggilan telepon.

9. Pengaturan SMSC Salah

Penyebab HP Android tidak bisa telepon juga bisa terjadi karena pengaturan SMSC (Short Message Service Center) yang salah.

Jadi langkah untuk memperbaikinya adalah segera cek pengaturan SMSC dan atur sesuai dengan nomor SMSC yang sudah ditetapkan oleh operator jaringan kartu SIM yang kamu gunakan.

10. HP Rusak

Penyebab HP tidak bisa telepon yang terakhir adalah adanya kerusakan pada perangkat keras HP. Jadi sebaiknya segera bawa HP kamu ke tempat servis.