Bahaya Stiker Mobil

Bahaya Memasang Stiker ‘My Family’ Pada Mobil

Swakarta News – Stiker mobil yang berisi susunan anggota keluarga menjadi pemandangan yang umum terlihat di berbagai mobil. Terlihat lucu namun ternyata memiliki bahaya yang bagi pemiliknya, kok bisa?

Seperti dikutip dari Dailymail, pihak kepolisian memperingatkan akan bahaya stiker `My Family` yang terpasang di mobil. Pasalnya stiker tersebut bisa menjadi sumber imformasi kepada orang yang berniat buruk.

Salah satu kasus yang pernah terjadi oleh Kathleen Wiggins yang tinggal di Florida. Diam memasang stiker tersebut di mobilnya yang mengungkapkan kalau suaminya seorang tentara angkatan laut, hal ini memberikan informasi bagi penjahat yang mengincarnya.

Lebih lanjut, dalam stiker tersebut juga memberikan informasi fatal lainnya. Dari situ dapat terlihat jika suaminya seorang tentara yang kemungkinan bertugas jauh dari rumah. Informasi lainnya menggambarkan bahwa dia hanya tinggal bersama anak-anak dan seekor anjing kecil saja. Informasi tersebut lah yang digunakan penjahat untuk menentukan sebagai target aksi mereka.

Jangan Pasang Stiker Keluarga di Mobil

bahaya stiker my family

Terry Goldsworthy yang merupakan seorang Kriminolog Bond University sekaligus mantan polisi menjelaskan, penggunaan stiker keluarga seperti itu artinya mebuka kelemahan kita.

Ia pun mengharamkan informasi sejenis terpampang ke publik. Goldsworthy pun mengingatkan, informasi itu bisa dimanfaatkan pihak lain untuk berbagai motif kejahatan. “Ketika mereka mengetahui struktur keluarga, mobil dan rumah Anda, sementara stikernya mungkin tidak penting,” kata dia.

Data ini diperkuat laporan FBI pada 2012 yang mengungkap lebih dari dua juta tindak pencurian di AS, yang mana lebih dari 75 persen terjadi di rumah.

Tips Mengamankan Mobil Dari Pencurian

Mengamankan mobil ataupun barang-barang didalamnya dari tindak pencurian tentu manjadi kewajiban bagi pemiliknya. Meski saat ini sitem keamanan mobil semakin canggih, ini tidak menjamin mobil kamu bisa bebas tadi tidakan pencurian. Untuk itu mari simak beberapa tips untuk mencegah tindak kejahan pada mobilmu,

Selalu Gunakan Alarm Mobil

Alarm mobil menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk mengamankan mobil. Saat ada orang yang berusa membuka pintu mobil ketika kondisi alarm aktif, maka alarm akan memberika sinyal berupa sinyal atau klakson. Tentu hal ini akan menarik perhatian orang-orang disekitar dan dapat membuat sang pecuri panik dan mengurungkan niatnya.

✅ BACA JUGA:   Mau Cek Produk Di Situs BPOM?, Mudah Dan Praktis Simak Cara Berikut Ini.

Periksa Pintu dan Kaca Sebelum Meninggalkan Mobil

Pintu yang tidak tertutup sempurna akan mengakibatkan sistem alarm tidak bekerja. Selain itu bisa jadi mobil juga mengalami kegagalan penguncian saat dilakukan penguncian melalui remot. Selain itu pastikan juga semua kaca mobil sudah tertutup rapat, kaca yang terbuka bisa menjadi celah dalam terjadinya tindakan pencurian pada mobil.

Menggunakan Kunci Tambahan

Pencuri yang sudah berpengalaman dapat membuka kunci pintu hanya dengan mencongkel sela karet kaca mobil. Memasang kunci tambahan sebagai immobilizer dapat mencegah pencuri melarikan mobil meskipun ia berhasil membuka pintu dan menyalakan mesin mobil. Kunci pengaman tambahan dapat berupa kunci setir, immobilizer ban, atau kunci pedal (untuk pedal gas, pedal rem atau pedal kopling). Biasanya memasang kunci setir cukup efektif membuat pencuri mengurungkan niat mencuri mobil dan lebih memilih mobil yang tidak memiliki pengaman tambahan.

✅ BACA JUGA:   Niat Zakat Fitrah Lengkap Dengan Arab dan Latin Untuk Diri Sendiri, Istri dan Anak

Parkir di Tempat yang Aman

Lokasi yang sepi dan tidak terpantau, seringkali menjadi fator penyebab terjadinya tindakan pencurian. Terkadang mereka parkir sembarangan dengan alasan dekat, cuma sebentar, pelit membayar parkir dsb, adahal pencurian mobil dapat terjadi tanpa memerlukan waktu yang lama. Pastikan kamu memilih tempat parkir yang aman, sebisa mungkin parkirlah di tempat parkir resmi, sehingga ada petugas penjaga maupun kamera pengawas yang terpasang. Hal ini juga dapat meminimalisir kehilangan mobil akibat pencurian.

Memasang GPS Tracking System pada Mobil

GPS tracking system adalah sebuah teknologi keamanan yang memungkinkan kita dapat melacak posisi mobil. Jadi jika mobil di curi, kita bisa segera melacak lokasi dimana mobil tersebut berada menggunakan GPS Tracking System. Namun perlu diingat, sistem ini mungkin juga akan di sadari pencuri dalam beberapa jam dan dia akan segera menonaktifkan sistem tersebut.

Asuransikan Mobil

Asuransi mobil memang tidak dapat mencegah terjadinya tindak pencurian. Namun dengan meng-asuransikan mobil, dapat meminimalisir kerugian akibat kehilangan mobil. Dengan memiliki asuransi pada kendaraan, kamu bisa mendapatkan penggantian kerugian yang timbul akibat terjadinya pencurian.