cek data siswa

Bagaimana Cara Mencek Data Lengkap Siswa?, Simak Cara Berikut Ini.

Swakarta.com – Di zaman yang serba digital pada ini, Informasi dapar di akses dengan berbagai macam cara seperti diakses melalui portal online, Anda hanya perlu  menggunakan internet yang dihubungkan ke smartphone atau PC anda. Tentu saja berlaku untuk mengetahui data anak Anda di sekolah dasar nya. Akan tetapi, belum tau semua orang paham bagaimana cara menggunakannya untuk cek data lengkap siswa atau anaknya paling terkini.

Pentingnya Memantau Data Siswa

Jika Anda adalah seorang orang tua ataupun guru di Sekolah Negeri atau Swasta, hal ini sangat penting untuk anda lakukan, karena jika anda tidak update dalam memantau data siswa atau anak anda, bisa saja data yang sudah terdaftar sebelumnya terjadi kesalahan ketika proses penginputan. Seharusnya itu menjadi kewajiban bagi anda untuk mencocokan setiap datanya untuk meminimalisir adanya data yang salah.

Alasan kenapa anda harus melakukan hal tersebut adalah untuk memastikan dan juga memverifikasi dengan mandiri. Bahwa, tidak terjadinya kesalahan penulisan ejaan dari pada nama, keterangan dari tempat tanggal lahirnya dan juga info yang lainnya dalam data yang disimpan sekolah ataupun dinas pendidikan setempat.

Baca Juga:  Lebih Kecil, Segini Kapasitas Baterai iPhone 12 Pro Max?

Tempat Cek Data Siswa Se-Indonesia

Semua orang tua belum pasti memiliki banyak waktu longgar untuk bertemu dengan para guru disekolahnya ataupun sekedar menemui wali kelasnya bahkan jajaran dari sekolah seperti  kepala sekolah, dan bagian tata usaha, dengan tujuan untuk menanyakan perkembangan dari anaknya dan sekaligus pemantauan data anaknya.

Namun sekarang anda sudah bisa memantau data anak anda dari rumah, tanpa anda harus repot-repot pergi kesekolah hanya sekedar untuk bertanya mengenai data anaknya, anda bisa menaksesnya Melalui portal NISN di situs http://www.referensi.data.kemdikbud.go.id, situs tersebut bisa di akses oleh guru maupun para orang tua atau wali murid. Anda bisa memantau data anak anda menggunakan situs tersebut selama 24 jam tanpa khawatir adanya kesalahan, namun jika terjadi kesalahan, anda bisa memperbaikinya dengan melapor kepada pihak sekolah.

Baca Juga:  Ini Dia Tirta, Game karya Anak Bangsa Yang Akan Rilis Di PS5

Cek data siswa melalui portal NISN kemdikbud

Cara supaya bisa mencek data anak anda, anda cukup mengunjungi portal NISN yang disediakan kemedikbud, untuk supaya lebih paham, ikuti langkah di bawah ini.

Cara Cek Data Lengkap Siswa

1. Menggunakan browser

Anda bisa mengunjugi situs NISN yang dibuat kemendikbud ini menggunakan HP atau PC yang anda miliki, caranya juga gampang, buka browser pada HP atau PC anda kemudian ketikan alamat web dari NISN tadi, sebelumnya anda harus memastikan bahwa, HP atau PC anda sudah terhubung menggunakan internet, karena untuk mengakses situs tersebut anda memerlukan yang namanya internet. Setelah anda masuk ke dalam situs tersebut, ikuti saja arahan dari situs kemendikbud itu, untuk melakukan cek data dari anak atau siswa anda di sekolah.

Baca Juga:  Cara Membuat Kucing Gemuk dan Sehat

2. Melalui Mesin Pencari

Setelah browser pada HP atau PC anda sudah di buka, selanjutnya anda periksa alamat yang tertera di hasil pencarian. Pilih berdasarkan situs web portal NISN. Karena beberap hasil pencarian akan membawa anda ke website yang lainnya.

3. Masuk ke Laman NISN Kemdikbud

Jika anda bingung situs mana yang harus anda kunjungi, situs berikutlah yang seharusnya anda buka yaitu http://www.referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/. situs tersebut bisa juga anda ketikan pada kota pencarian yang tersedia di browser anda.

4. Mencari Data Siswa dengan NISN

Setelah anda bisa mengakses laman resmi dari web NISN, selanjutnya anda mencari data anak anda, nah itu anda perlu hafal atau tau berapa no NISN anak anda, untuk mencarinya cukup anda ketikan pada kotak yang disediakan pada laman web NISN kemendikbud tersebut. Selanjutnya, Anda perlu mengisi kode verifikasi atau kode keamanan (captha) yang ada pada kotak kolom yang berikutnya. Setelah itu, klik pada gambar kaca pembesar yang bertuliskan Cari Data. Jika terjadi kesalahan atau eror cukup anda ulangi lagi.

Baca Juga:  Cara Mudah Download Video Tiktok

5. Mencari Data Siswa Berdasarkan Identitas

Kunjungi situs berikut https://www.referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama, jika anda ingin mengakses data pribadi anak anda. Jika anda sudah masuk ke web tersebut, pada bagian kiri Anda akan diminta untuk menuliskan data pribadi anak anda, seperti namanya, tempat dan tanggal lahir, dan juga nama ibu kandung sesuai dengan akta kelahiran anak anda.

6. Menggunakan Data Sesuai Aturan

Setelah melakukan semua step di atas makan anda akan memperoleh data anak anda, anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan anda, perlu anda ketahui bahwa walaupun itu data anak anda, anda juga harus bertanggung jawab sepenuhnya terhadap data tersebut. Beberapa bagian yang harus anda perhatikan dalam situs adalah:

  • Pastikan nama anak atau siswa anda benar sesuai di akta kelahiran.
  • Pastikan tempat dan tanggal lahir anak atau siswa sesuai dengan akta kelahiran.
  • Pastikan tiga digit pertama pada angka NISN adalah tahun lahir anak atau siswa anda.
  • Jika terjadi kesalahan lapor ke pihak sekolah atau dinas pendidikan.