spesifikasi laptop gaming

Spesifikasi Laptop Gaming Jadi Alasan Kepopulerannya

Swakarta News – Sekarang ini spesifikasi laptop gaming jadi sebuah topik penting yang sering dibahas dan dibicarakan oleh banyak orang. Sama halnya seperti Smartphone gaming, spesifikasi komponen juga dapat menentukan kualitasnya ketika digunakan untuk bermain game.

Apalagi saat ini banyak game PC baru mulai bermunculan. Semua dengan memberikan batas minimum yang dibutuhkan untuk dapat menjalankannya. Laptop gaming sudah populer digunakan oleh banyak orang karena mobilitas penggunaannya lebih efisien.

Meskipun begitu, komputer tetap menjadi barang berharga yang kualitasnya tidak bisa dibandingkan dengan laptop dari segi spesifikasi dan kemampuan. Laptop bisa dikatakan sebagai bentuk sederhana dari komputer karena komponen di dalamnya tetap sama.

Spesifikasi Laptop Gaming yang Unggul

Komponen dalam laptop gaming lebih disukai banyak orang karena kemampuannya dapat digunakan untuk kebutuhan apa saja. Selain untuk bermain game, laptop juga dapat digunakan untuk mengerjakan tugas atau membuat karya seperti video hingga animasi.

Dengan spesifikasi dan efisiensi yang ada, laptop gaming masih tetap saja laku di pasaran walaupun harganya mahal. Berikut ini komponen dalam laptop yang menjadi penentu tingkat kualitas spesifikasi mulai dari Prosesor, Ram dan VGA.

✅ BACA JUGA:   Intip spesifikasi dan harga Realme Narzo 20 Pro yang segera hadir di Indonesia

1. Prosesor

Dalam sebuah komponen laptop, prosesor menjadi otak utama yang dapat menyebabkan semua sistem dapat beroperasi dengan baik. Untuk bermain game, intel lebih bagus karena tidak mudah panas dan mampu menjaga performa laptop agar tetap stabil.

Saat ini prosesor intel core sudah mencapai generasi ke 12 dimana dari segi performanya menjauhi atau lebih unggul dibandingkan AMD. Prosesor ini tidak hanya cocok digunakan bermain game tapi juga baik untuk mengedit video dan membuat animasi.

Ketahanan dan kualitasnya itulah yang menyebabkan intel sebagai komponen spesifikasi laptop gaming paling populer saat ini, mengalahkan AMD jauh di atasnya.

2. VGA

Untuk bermain game, VGA lebih dibutuhkan agar kualitas gambar dapat mendukung spesifikasi yang dibutuhkan oleh sistem. Saat ini vendor VGA terpopuler jatuh kepada AMD dan Nvidia.

Intel tidak masuk ke dalam persaingan karena memang tidak fokus dalam segi komponen grafis. Dalam segi grafis AMD memiliki harga murah dan kemampuan lebih unggul.

✅ BACA JUGA:   Kronologi Tragedi G30SPki Dan Nama- Nama Pahlawan Revolusi Yang Terbunuh

Terlebih lagi AMD juga sangat cocok digunakan untuk mining cryptocurrency. Meskipun begitu dalam segi ketahanan Nvidia lebih unggul dan kemampuannya dapat meningkatkan performa game.

3. RAM

Komponen pelengkap yang dapat meningkatkan performa game adalah Ram. Kamu bisa saja beli laptop dengan Prosesor dan VGA mumpuni.

Namun tanpa adanya ram berkapasitas besar, performa laptop saat bermain game tetap tidak bisa dimaksimalkan dengan baik. Ketiga komponen sangat penting untuk dapat meningkatkan performa game PC.

Prosesor, VGA dan Ram perlu tersinkronis supaya game dapat berjalan dengan baik. Spesifikasi laptop gaming terbaik akan selalu ditentukan oleh ketiga komponen tersebut.

4. Memori

Untuk kebutuhan dalam menyimpan data, memori penting agar laptop dapat diisi banyak jenis game di dalamnya. Biasanya laptop gaming lebih membutuhkan memori dengan kapasitas besar.

Karena perkembangan teknologi permainan saat ini sudah semakin maju. Gambar dengan tampilan HD dan tampak nyata tentunya membutuhkan data besar untuk dapat mengoptimalkannya.

Oleh karena itu memori sangat penting dalam kebutuhan bermain game. Saat ini memori bisa dikategorikan ke dalam dua seri, yaitu tipe SSD dan HDD. Keduanya memiliki jenis performa yang berbeda dalam spesifikasi laptop gaming.

✅ BACA JUGA:   Sudah Tau Cara Kerja Laptop?, Berikut Ini Cara Kerjanya

Game lebih disarankan untuk dimainkan di seri SSD karena pemrosesan datanya lebih cepat dibandingkan dengan HDD. Karena memang seri ini sangat cocok digunakan untuk bermain game.

5. GPU

Layaknya komponen laptop secara umum, komponen grafik nyatanya juga membutuhkan otak dibalik kemampuannya. GPU merupakan singkatan dari grafik prosesor unit. Fungsinya adalah untuk memaksimalkan kinerja VGA card pada laptop.

Dengan tingginya seri GPU, maka pengalaman bermain kamu juga akan semakin menyenangkan. Karena spek tersebut dapat memberikan gambar yang nyata. Bahkan jika seri GPU dalam VGA juga semakin tinggi.

Kamu bisa menjalankan jenis game PC apa saja dengan spesifikasinya. Komponen laptop gaming akan menambah performa sistem di dalamnya.

Banyak orang menyukainya karena alasan tersebut. Kamu bisa membelinya dengan melihat bagaimana spesifikasi laptop gaming terlebih dahulu agar performanya dapat dirasakan saat digunakan untuk bermain game PC.