cek HP Xiaomi

Mau Membeli HP Xiaomi Baru / Second?, Simak Tips Berikut Agar Tidak Salah Beli

Swakarta.com – Ketika anda ingin membeli hp bekas atau baru, anda pasti ingin mendapatkan barang terbaik yang bisa anda gunakan dalam jangka waktu yang panjang, sehingga anda tidak perlu gonta ganti hp tiap saat, nah ada beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika anda membeli sebuah hp second, anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap hp tersebut, baik yang anda cek adalah softwarenya maupun itu hardwarenya.

Cara untuk mengecek hp bekas bisa anda dilakukan dengan berbagai cara. Yang penting adalah anda periksa kondisi fisiknya, apakah masih bagus atau tidak. Namun sering juga terjadi kerusakan smartphone tidak saja terjadi pada fisiknya saja. Anda tentunya harus jeli lagi memeriksa bagian dalam smartphone, entah itu software atau hardware. Banyak pertimbangan yang harus anda putuskan sebelum membeli hp bekas. Berikut ini tips ketika anda membeli sebuah hp second atau bekas :

Tips cara cek HP bekas

1. Cek IMEI HP

Tips ini harus anda lakukan ketika anda membeli sebuah hp bekas, karna bisa saja ketika anda membeli sebuah HP bekas HP yang anda beli tersebut bisa hasil curian atau bahkan HP black market yang pada akhirnya akan merugikan anda sendiri. Pada saat ini banyak yang dipasarkan di Indonesia HP yang  tidak resmi. Supaya anda tahu apakaj HP tersebut resmi atau tidak nya maka anda harus melakukan pengecekan nomor IMEI terhadap HP tersebut.

2. Mengecek apakah masih ada garansi

Cara Cek Garansi sebuah HP bisa anda lihat dari kelengkapan HP tersebut, atau bisa juga anda lihat dari nota belanja yang diberikan oleh pihak konter HP ketika membelinya saat baru. Pada saat ini anda juga dipermudah dengan cara anda bisa melakukan pengecekan terhadap garansi HP apakah masih ada atau tidak melalui situs resmi yang sudah dibuat oleh produsen HP tersebut.

✅ BACA JUGA:   Cara Mematikan Penerusan Panggilan Di Hp Xiaomi

3. Mengecek terhadap Software HP

Untuk tips ini anda perlu lebih jeli lagi, karna anda harus menggunakan HP tersebut agar anda tahu apakah software dari HP tersebut masih berfungsi dengan aman atau tidak, jangan sampai ketika anda membeli sebuah HP second akan tetapi Software dari HP tersebut tidak berfungsi dengan benar. Itu sangat merugikan anda sendiri, selain anda mengeluarkan biaya tambahan belum tentu juga HP tersebut akan memiliki unur yang panjang.

4. Cek Hardware & Kondisi Layar HP

Untuk menguji layar dari HP second yang akan anda beli, anda bisa mencobanya dengan menggunakan kode *#*#64663#*#*. setelah anda masuk kedalam menu yang terdapat dalam kode anda bisa melakukan sejumlah tes terhadap layar hp tersebut, mulai dari sesivitas layarnya hingga pengujian terhadap sinyal HP tersebut.

✅ BACA JUGA:   Cara Cek IMEI iPhone! Simak Berikut Ini

5. Cek Ketahanan baterai

Ketika anda memutuskan untuk membeli HP bekasa anda juga harus mengecek terhadap Konsumsi Baterai pada HP tersebut, karna jika pemakaian batrai tidak normal, maka bisa dikatakan kalau HP tersebut mengalami kerusakan baterai. Cara untuk mengecek masalah baterainya anda bisa melihatnya pada menu Setelan, kemudian pilih menu Baterai & Performa. dalam menu tersebut tersedia fitur untuk melihat Pemakaian Daya Baterai.

6. Cek kondisi fisik dari HP

Ini penting juga anda lakukan, karna kerika anda meutuskan membeli sebuah HP baru tentunya anda tidak ingin membeli HP bekas yang sudah banyak baret-baretnya, anda perlu melihat secara seksama terhadap bodi hp tersebut, disetiap sudutnya perlu anda cek, agar tidak ada yang dirugikan ketika transaksi sudah deal. Untuk mengetahui apakah HP tersebut sudah pernah dibongkar atau tidaknya bisa anda lihat dari sudut-sudut HP tersebut, karna HP yag sudah pernah di bongkar Biasanya ada bekas lem di bagian samping layar HP tersebut.

✅ BACA JUGA:   Mudah! Begini Cara Mengetahui Kualitas Layar HP Samsung Anda

7. Cek setiap tombol yang ada pada HP

Anda jangan sampai Lupa juga melakukan pengecekan terhadap setiap tombol yang ada pada HP tersebut, karna jika ada 1 tombol saja yang rusak tentu akan menghambat anda untuk menggunakannya. Anda harus memastikannya bahwa setiap tombol tersebut berfungsi dengan benar, seperti tombol power dan volumenya.

8. Cek terhadap kamera HP

Tidak kalah penting dari fitur lainnya anda pasti tidak menginginkan kamera dari HP yang anda beli tidak berfungsi dengan normal, jadi anda harus benar-benar melakukan pengecekan terhadap Kamera HP tersebut, sehingga ada bisa menggunakannya ketika anda sedang membutuhkan fitur tersebut.

9. Cek Speaker HP

Untuk melakukan pengecekan terhadap speaker anda bisa mencobanya dengan memutar lagu pada HP tersebut, jika suaranya normal, maka speaker pada HP tersebut berfungsi dengan baik, namun jika ada suara yaang mengganjal, seperti suaranya sedikit pecah, maka sebaiknya anda jangan membeli HP tersebut karna itu bisa merugikan anda sendiri.

10. Cek Lobang cas dan handfree

Anda mustinya juga melakukan pengecekan terhadap pengecasan Hp tersebut, supaya anda bisa menggunakannya dengan baik dan normal, dan juga anda jangan sampai lupa untuk mengecek terhadap port handfree nya, karna jika tidak di cek siapa tahu kalau portnya tidak berfungsi dengan benar.