cara kerja admin gudang

Sudah Tau Cara Kerja Admin Gudang?, Simak Berikut Ini

Swakarta.com – Sebagian orang menganggap jika tugas menjadi seorang admin gudang adalah tugas yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang dengan mudah. Namun ternyata tidak sesederhana itu.

Seorang administrasi gudang harus mengemban posisi yang penting dalam ketepatan terhadap perhitungan di gudang, serta berbagai keputusan strategis perusahaan mengenai stok barang. Berikut ini tanggung jawab dan juga cara kerja admin gudang di dalam sebuah perusahaan.

Cara kerja admin gudang

Tugas Administrasi Gudang

Tugas utama dari seorang admin gudang yaitu melakukan penerimaan terhadap permintaan dan juga pesanan dari bagian gudang, kemudian mengurus data-data pengiriman, lalu menjaga kualitas dari layanan pengiriman barang kepada konsumen.

Baca Juga:  Tutorial Lengkap Cara Download Sertifikat Vaksin

Berikut sejumlah pekerjaan dasar seorang administrasi gudang:

1. Mencatat setiap keluar dan masuknya barang

Setiap barang atau produk yang keluar maupun masuk ke dalam gudang maka perlu dicatat supaya jumlah stoknya bisa diketahui. Tujuannya yaitu untuk mempermudah menejemen ketika melakukan analisa penjualan dan juga yang lain-lain.

2. Input data inventory

Tugas admin gudang yang selanjutnya yaitu melaksanakan penginputan data inventory ke dalam program. Mencatat terhadap keseluruhan aktivitas barang yang keluar maupun masuk gudang, setelah itu melakukan input data inventory.

3. Membuat laporan dan lakukan pemerikasaan stock barang

Hal yang tidak kalah penting dilakukan admin gudang adalah melakukan pengecekan terhadap stock barang. Admin gudang juga harus mengawasi dari semua kegiatan itu dengan baik dan juga memastikan ketersediaan barang.

Baca Juga:  Tips Memesan Hotel Secara Langsung, Mudah Dan Praktis

4. Mengupdate produk yang memasuki periode expired

Admin Gudang harus memeriksa sekaligus menulis beberapa produk yang bakal masuk periode expired. Itu adalah tanggung jawab dari seorang admin gudang.

5. Melakukan pengecekan Barang Retur dari Konsumen

Admin gudang juga bertanggung jawab untuk melakukan pengecekan terhadap barang yang cacat atau rusak dan akan dikembalikan/diretur ke perusahaan, pada umumnya Admin Gudang dan juga Admin Penjualan secara bersama-sama akan bertugas menerima sekaligus mendata barang tersebut lalu disisihkan ke dalam tempat khusus.

6. Membuat surat jalan

Surat jalan merupakan salah satu document yang harus dibawa oleh supir ketika melakukan pengiriman barang. Biasanya surat ini dibikin oleh Admin gudang, dan disertai dengan tanda-tangan pimpinan. Selain itu, surat jalan juga harus dibuat ketika mengirim barang berjumlah besar.

Baca Juga:  8 Jenis Makanan Terlarang Bagi Kucing, Salah Satunya Produk Susu

7. Melakukan stock opname

Stock opname merupakan kegiatan penghitungan stok secara fisik di gudang atau toko. Tujuannya adalah untuk memastikan jumlah stok barang yang masih ada di dalam sistem sama dengan stok yang ada di gudang. Kegiatan ini termasuk ke dalam bagian SPI (Mekanisme Pengaturan Internal).

Kisaran Gaji Admin Gudang

Pada saat ini, rata-rata gaji yang diterima oleh seorang admin gudang berkisaran pada Rp. 3.500.000. Angka tersebut merupakan angka diatas rata-rata upah nasional, dan tergolong juga dalam gaji yang cukup besar, karena perusahaan juga menilai pekerjaan yang dilakukan tidaklah sedikit dan juga cukup rumit.

Namun untuk tunjangan dan juga bonus lainnya yang didapatkan oleh seorang admin gudang, akan disesuaikan dengan aturan dan juga kesanggupan dari perusahaan pemberi kerja. Biasanya, pada setiap perusahaan akan menerapkan berbagai tunjangan dan juga bonus yang berbeda satu sama lain.

Baca Juga:  Tutorial Membuat Gambar Menjadi HD