cara hitung lingkar pinggang

Cara Hitung Lingkar Pinggang Dengan Benar

Swakarta.com – Ukuran dari lingkar pinggang yang aman untuk pria adalah kurang dari 90 cm, sedangkan pada wanita, kurang dari 80 cm. Jika melebih dari angka tersebut, artinya perut Anda mengalami kelebihan lemak.

Itu bisa jadi peringatan untuk kamu karena berisiko tinggi akan terkena penyakit diabetes tipe-2, dan bisa juga kolesterol tinggi yang tak terkontrol, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Berikut ini cara hitung lingkar pinggang dengan benar:

Cara Hitung Lingkar Pinggang Dengan Mudah Dan Praktis

1. Persiapan

Gunakan sebuah meteran yang biasa kamu gunakan saat membuat baju. Selanjutnya kamu lepaskan pakaian kamu dan bebaskan pinggang kamu dari rok ataupun celana panjang, sehingga pada bagian tengah perut kamu akan terekspos. Selanjutnya Berdiri di depan cermin sehingga kamu bisa mengukur ukuran lingkar pinggang kamu dengan benar.

2. Temukan spot yang tepat

Selanjutnya kamu tekan jemarimu dibagian batang tubuh kamu dekat pada bagian kanan pinggang. Selanjutnya Tekan jari-jari kamu di kulit agar bisa menemukan tulang dasar panggul kamu. Pindahkan jari yang di sepanjang tepi tulang pinggul sampai kamu menemukan lengkungan atas bagian tulang tersebut. Titik tertingginya terletak pada sisi batang tubuh, hanya sedikit pada bagian bawah tulang iga. Spot terletak pada bagian dekat atau pada level yang sama dengan pusar kamu.

✅ BACA JUGA:   Mudah! Begini Cara Bayar Belanja Pakai ShopeePay Di Shopee

3. Lingkarkan meteran

Kemudian kamu posisikan meteran secara horizontal pada bagian spot di atas tulang pinggul kamu. Selanjutnya lingkarkan ke seputar perut dan juga seluruh batang tubuh kamu. Pastikan meteran tersebut melintang dengan horizontal. Tempatkan pada ujung meteran di angka 0 pada spot sementara, Kemudian sisanya melingkari perut dan batang tubuh kamu.

4. Ukur

Jangan kamu lakukan mengecilkan perutmu. Berdiri dengan tegak dan buang napas kamu dengan lembut, saat mengukur perut. Pastikan pita meteran itu tidak menekan bagian kulit perut kamu. Selanjutnya kamu lihat di meteran di mana pada angka 0 bertemu dengan angka yang terakhir melingkari pinggang kamu. Angka tersebutlah menjadi ukuran pinggang kamu.

✅ BACA JUGA:   5 Cara Kredit Pulsa di Akulaku Bayar Bulan Depan

Cara membaca hasil pengukuran lingkar pinggang

Setelah kamu mengikuti cara di atas kemudian kamu belum paham bagaimana cara membaca hasil lingkar pinggang kamu, berikut ini cara menafsirkan dari hasil pengukuran lingkar pinggang yang kamu lakukan menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia:

Cara membaca hasil mengukur lingkar pinggang untuk perempuan :

  • Jika ukurannya kurang dari 80 cm: Maka lingkar pinggang ideal
  • Jika ukurannya Sekitar 80-88 cm: Maka lingkar pinggang sedikit kebesaran, saatnya kamu untuk  diet agar bisa menurunkan berat badan.
  • Jika ukurannya lebih dari 88 cm: Maka lingkar pinggang kamu terlalu besar, kamu bisa saja berisiko lebih tinggi untuk terkena penyakit tertentu.
✅ BACA JUGA:   Cara Membuat Gratis Ongkir Bukalapak!

Cara membaca hasil mengukur lingkar pinggang  laki – laki :

  • Jika ukurannya kurang dari 90 cm: Maka lingkar pinggang ideal
  • Jika ukurannya Sekitar 90-102 cm: Maka lingkar pinggang kamu sedikit kebesaran, saatnya kamu untuk diet supaya bisa menurunkan berat badan
  • Jika ukurannya lebih dari 102 cm: Maka lingkar pinggang kamu terlalu besar, kamu bisa saja berisiko lebih tinggi untuk terkena penyakit tertentu.