mengunci titik gps

Mudah Banget!, Begini 4 Cara Mengunci Titik GPS

Swakarta.com – Mengunci titik GPS memungkinkan kamu untuk menandai suatu titik lokasi. GPS adalah salah satu aplikasi yang sangat penting pada pengguna smartphone, khususnya bagi kamu yang sering bepergian ke tempat yang baru. GPS bisa sangat membantu kamu dalam perjalanan agar lebih nyaman dan pastinya sampai tujuan tanpa tersesat.

Cara Mudah Mengunci Titik GPS

Meskipun sudah lama hadir pada ponsel, tetapi tidak semua orang mengerti bagaimana cara mengunci titiknya supaya bisa lebih akurat lagi. Bagi kamu yang  masih belum paham, bagaimana cara mengunci titik gps pada android tanpa root, simak berikut ini penjelasannya sampai akhir!

Menunci Titik GPS Android Tanpa Root Masuk Sistem Engineering

bagaimana caranya supaya kita bisa masuk ke dalam sistem engineering dengan mudah, dengan menggunakan aplikasi MTK Android, berikut ini caranya :

  • Kamu bisa menggunakan kode berikut ini *#*#3646633#*#*, dan ketikan di aplikasi Telepon pada Hp kamu.
  • Kemudian muncul sebuah notifikasi.
  • Selanjutnya kamu geser layar ke arah kanan dan tekan pada tombol ‘Location’.
  • Kemudian kamu lanjutkan dengan klik ‘Location Based Service’ lebih dulu.
  • Lalu kamu centang kotak ‘A-GPS’ dan selanjutya geser kanan supaya muncul kolom ‘Enable EPO’ dan ‘Auto Download’,
  • Lanjutkan dengan klik pada tombol ‘Download’.
  • Selanjutnya tutup aplikasinya dan masuk ke ‘Y-GPS’ dan kamu klik menu ‘Cold’
  • Dan proses lock pada aplikasi GPS selesai kamu lakukan.
✅ BACA JUGA:   5 Rekomendasi Aplikasi Pengubah Suara Terbaik

Langkah-langkah Mengunci Titik GPS di Android

Untuk kamu pengguna smartphone android, kamu juga bisa mengunci titik GPS dengan memngikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Memeriksa lokasi

Supaya kamu bisa lebih paham lagi mengenai akurasi dari hp android kamu, maka sebaiknya kamu coba untuk memeriksa pada lokasi terkininya lebih dulu. Kamu bisa membuka aplikasi GPS, dan kamu perhatikan seberapa akuratnya dari lokasi yang ditampilkan pada hp android kamu.

Jika informasi yang diberikan dirasa sudah benar, maka sudah bisa dikatakan bahwa tingkat akurasinya sudah sangat baik. Tetapi jika masih belum, maka kamu harus lanjutkan proses selanjutnya.

2. Mengaktifkan high accuracy

Berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk bisa meningkatkan akurasi GPS dengan cara mengaktifkan layanan High Accuracy pada Hp android kamu, dengan cara membuka pada menu pengaturan, lalu kamu klik sub menu pada lokasi untuk melakukan pengaturan akurasi.

✅ BACA JUGA:   5 Cara Live Bareng di Tiktok Bersama Teman atau Orang Lain

Jika High Accuracy sudah kamu aktifkan, maka kamu sudah bisa melakukan pemeriksaan, apakah GPS pada smartphone kamu sudah akurat atau masih belum. Cara untuk bisa memastikannya yaitu kamu cukup dengan membuka pada layanan Google Maps, dan coba untuk memeriksa pada lokasi terkini, apakah sudah sesuai atau masih belum.

3. Mengkalibrasi kompas ponsel

GPS juga berfungsi untuk sumber informasi yang memberi tahu kita mengenai lokasi terkini kita pada saat ini, tetapi juga tidak menutup kemungkinan bahwa aplikasi ini bisa saja memberikan informasi yang tidak akurat. Jika hal tersebut terjadi, maka kamu bisa melakukan kalibrasi terlebih dahulu di menu kompas pada android kamu.

Kompas adalah sebuah aplikasi dengan sistem yang memang sudah tersedia pada android, dan tidak perlu lagi kamu unduh di Google Play Store. Biasanya, kesalahan fatal sering terjadi ketika menggunakan aplikasi kompas adalah tidak dikalibrasi terlebih dahulu, sehingga data yang diberikan tidak valid.

✅ BACA JUGA:   Perbedaan Kinemaster Mod dan Pro : Penjelasan Lengkap

4. Memuat ulang GPS

Jika informasi hasil yang diberikan kurang memuaskan, maka kamu bisa mencoba untuk memuat ulang GPS pada android kamu. Caranya adalah dengan melakukan refresh data pada GPS dengan menggunakan aplikasi GPS Status.

Kamu bisa mendownloadnya pada Google Play Store, Jika kamu membuka apliksinya, maka akan menemukan menu ‘Diagnose Sensor’ dan juga ‘GPS Sensor’. Jika muncul jendela pop up, kamu bisa menekan pada tombol ‘Reset; yang tujuannya adalah membersihkan pada seluruh data cache GPS sejak awal.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengunci titik GPS tanpa perlu melakukan root pada smartphone. Cara tersebut juga cenderung mudah dan dapat untuk diikuti oleh siapapun. Semoga dengan begini kamu bisa mengunci titik GPS untuk mendapatkan titik yang lebih akurat dengan lokasi yang kamu inginkan.

Lihat Juga: