melamar kerja di alfamart

Cara Melamar Kerja Di Alfamart! Berikut Caranya

Swakarta.com – Bagaimana cara melamar kerja di alfamart atau Alfamidi supaya cepat diterima? Kedua pasar swalayan modren ini memang banyak menjadi pilihan oleh para fresh graduate, karena mereka sering membuka lamaran kerja secara berkala, untuk berbagai jenis posisi, baik itu di kantor ataupun di tokonya sendiri.

Banyak juga yang bertanya gimana sih caranya melamar kerja pada dua perusahaan tersebut?, Berikut ini kita akan membahas bagaimana caranya melamar kerja di alfamart secara online dan offline.

Panduan Melamar Kerja

Kamu bisa melamar pekerjaan pada ke 2 perusahaan ini melalui 2 metode, yaitu bisa secara offline ataupun online, Untuk selengkapnya bisa kamu simak berikut ini :

Melamar kerja online

Cara yang pertama adalah dengan melamar secara online, kamu bisa melakukannay dengan mengirimkan berkas lamaran kerja kamu secara online, bisa melalui portal ataupun email resmi HRD-nya. berikut ini Caranya :

  • Buka aplikasi browser pada Hp atau PC kamu.
  • Kemudian kamu kunjungi situs berikut ini : http://recruitment.alfamartku.com
  • Atau bisa juga ketik di googleLowongan kerja Alfamart Online”.
  • kemudian lakukan pendaftarkan, dengan masukkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan baik dan benar. Seperti data diri, riwayat pendidikan, keterampilan, pengalaman, data keluarga dan penyakit, form pernyataan, kelengkapan berkas dan social media dan juga data lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Selanjutnya kamu pilih posisi yang ingin kamu lamar dan juga kota tempat kamu ingin dipekerjakan.
  • Setelah itu cukup menunggu saja hingga kamu mendapatkan panggilan selanjutnya.
✅ BACA JUGA:   Link Download PDF Formasi CPNS Guru dan PPPK 2021 Provinsi Jawa Tengah

Melamar kerja offline

Selanjutnya kita akan membahas bagaimana caranya melamar kerja di alfamart secara offline, jika kamu ingin melamar kamu bisa mengirimkan berkas melalui pos atau langsung kamu antarkan ke kantor cabang alfamart yang di daerah kamu. Berikut ini persyaratannya :

  1. Daftar Riwayat Hidup (satu lembar)
  2. FC Ijazah terakhir dan transkip nilai (satu lembar)
  3. FC KTP atau SIM (satu lembar)
  4. FC SKCK terbaru (satu lembar)
  5. FC Surat Keterangan Sehat terbaru (satu lembar)
  6. Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 (satu lembar)

Langkah 2 :

Siapkan sebuah amplop, kemudian kamu cantumkan jabatan yang akan kamu lamar pada sudut kanan atas amplop. Untuk alamat tujuannya berada di kanan bawah. Lihat format surat nya dibawah ini :

✅ BACA JUGA:   Lowongan Sipir Hingga Dokter Umum, Ini Formasi Lengkap CPNS Kemenkumham 2021

melamar kerja di alfamart

Tes Administratif

Administratif adalah seleksi yang dilakukan terhadap seluruh dokumen yang kamu kirim apakah sesuai atau tidak, dan juga apakah memenuhi persyaratan yang diberikan oleh pihak Alfamart. Persyaratan saat kamu mengikuti tes tertulis dan tes wawancara berikut ini :

  • Sepatu hitam polos
  • Celana panjang hitam
  • Baju putih berkerah (bisa lengan panjang bisa pendek)
  • Rambut dan kumis jenggot dicukur rapih
  • Untuk perempuan muslimah, jilbab warna hitam

Tes Kesehatan dan Fisik

Tes yang dilakukan kepada Laki-laki dan perempuan untuk melihat apakah terdapat cacat pada tubuh kamu. Tinggi dan juga berat badan kamu, Selanjutnya akan dilihat apakah terdapat tato atau tidak, dan juga ditanyakan apakah ada penyakit turunan atau penyakit yang sering kambuh. Terakhir kamu akan di tes buta warna atau tidaknya.

✅ BACA JUGA:   Lowongan Kerja di Richeese Nabati, Buka 6 Lowongan Kerja dari Lulusan SMA dan SMK

Tes Tertulis

Setelah kalian melakukan tes administrasi, dan juga tes fisik, selanjutnya kamu akan mengikuti tes tertulis, yang didalamnya terdiri dari beberapa jenis soal seperti psikotes, persamaan kata ataupun sinonim, antonim, analogi atau padanan kata, matematika sederhana dan juga tes psikotes khusus yang dirancang untuk para calon karyawan Alfamart

Tes Wawancara

Ini adalah tahap terakhir dari tes yang akan kamu lakukan. kamu akan diwawancarai oleh HRD, atau bisa juga oleh kepala cabang mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar, termasuk juga pertanyaan khas interview yang lainnya.

Masa Training

Ketika masa training kamu akan diberikan pelatihan oleh tim alfamart, terkait apa saja yang harus kamu lakukan ketika di toko ataupun di kantor nantinya dan hal apa saja yang tidak boleh kamu lakukan. Waktu training bermacam-macam, tergantung dari jenis kelamin dan juga jenis pekerjaannya, biasanya antara 10-15 hari.