membuat lamaran kerja

Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email! Simak Berikut Ini

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email Yang Benar

Swakarta.com – Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email – Email atau yang biasa kita disebut dengan istilah surat elektronik (surel) adalah sebuah media komunikasi yang sering kita gunakan sejak lama.

Kemunculan dari alat komunikasi email ini sejak zaman dahulu memiliki tujuan yaitu sebagai media komunikasi yang memberikan kamu sebuah kemudahan.

Tentunya ada regulasi terhadap penggunaan email ini untuk pelamar yang ingin mengirimkan surat lamarannya ke email sebuah perusahaan.

Karena ketika kamu melampirkan sebuah lamaran pekerjaan melalui surel atau email, tentunya kamu tidak ingin sembarangan atau dengan mudah melampirkan semua berkas dari persyaratan begitu saja.

Terdapat seorang HRD ataupun recruiter yang nantinya akan mengamati bagaimana tata aturan dari penulisan email ketika kamu melampirkan berkas persyaratan kerjamu.

Baca Juga:  Lowongan Kerja PAM Jaya

membuat lamaran kerja

Panduan Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email Yang Benar

1. Pastikan alamat email kamu sesuai dengan namamu

Sebenarnya boleh saja menggunakan alamat email yang memiliki namaa yang cenderung berlebihan ataupun terkesan nama yang tidak formal seperti alamat email yang sering dijumpai pada anak-anak muda di zaman dahulu.

Akan tetapi jika kamu ingin melamar sebuah pekerjaan dan perusahaan tersebut mewajibkan kamu untuk mengirimkan lamaran kamu melalui email, kamu harus menghindari penggunaan email dengan nama yang sukar untuk dibaca.

2. Pastikan berkas lamaran kerja kamu tidak lebih dari 1 MB

Jika file berkas lamaran pekerjaan yang kamu lampirkan memiliki ukuran yang lebih dari 1 MB, kamu wajib mengkompress ukurannya menjadi 1 MB.

Baca Juga:  Cara Bekerja Di Luar Negeri! Simak Berikut Ini

Mengapa demikian? Penggunaan dari file berkas lamaran dengan ukuran kurang dari 1 MB akan memudahkan HRD atau rekruter ketika mengunduh file berkas lamaran pekerjaan kamu dengan itu tentunya akan menghindari penyitaan waktu yang berlebihan oleh HRD ataupun seorang recruiter.

3. Hindari mengirim berkas lamaran kerja menggunakan format zip/rar

Pastikan file berkas lamaran perkerjaan kamu yang sudah disiapkan tidak dalam format zip atau rar, bentuk zip dan rar Merupakan kompresi file yang memungkinkan sejumlah file dikumpulkan dalam satu file saja dan dengan ukuran yang lebih kecil.

Hal tersebut tentunya akan bisa membuat HRD merasa sulit karena harus mengubah file berkas lamaran pekerjaan kamu.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Medan PT. Media Antar Nusa

4. Gunakan bahasa yang resmi

kamu wajib mengunakan bahasa yang resmi ataupun formal baik dalam menggunakan bahasa Indonesia maupun menggunakan bahasa Inggris.

Tentunya kamu harus menghindari dalam penggunaan bahasa yang kurang sopan atau bahasa yang tidak resmi seperti bahasa yang sering kamu pakai dalam keseharian kamu.

5. Tulis Subject Dengan Jelas

Subject adalah bagian dari sebuah email yang sangat mudah untuk kamu kenali karena letak subject dianggap sebagai kepala dari surel atau email.

Tentunya ketika seseorang membuka sebuah email, maka pada bagian yang pertama kali mereka baca adalah bagian kepala email yang salah satunya merupakan subject.

6. Gunakan salam, pembuka, isi, dan penutup

Selain menggunakan subject, bagian dari email yang sangat penting juga ada pada body email tersebut. Hal ini adalah salah satu yang tentunya wajib untuk kamu yang ingin melampirkan sebuah berkas lamaran pekerjaan kamu.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Bank BTN - Teller Service Staff

Kamu bisa menuliskannya seperti halnya dalam penulisan surat edaran yang resmi yang mana kamu juga mencantumkan bagian salam, pembuka, isi, dan penutup.

Poin-poin penting yang harus kamu tuliskan pada body email

Ada beberapa tata cara mengenai poin-poin penting yang harus kamu tuliskan di dalam body email. Berikut ini adalah poin-poin penting yang harus kamu tuliskan. Simak di bawah ini :

  • Tuliskan apa alasan kamu mengirimkan email tersebut.
  • Sebutkan pada bagian pekerjaan yang ingin kamu tuju.
  • Tuliskan kualifikasi yang kamu miliki untuk pekerjaan yang kamu lamar tersebut.
  • Tuliskan apa saja yang bisa kamu tawarkan untuk perusahaan tersebut.
  • Cantumkan kontak diri ataupun alamat kamu yang bisa dihubungi supaya perusahaan bisa dengan mudah melakukan follow up perihal lamaran perkerja kamu.